Babinsa Kodim 0415/Jambi Jalin Silaturahmi dengan Warga Binaan Melalui Komsos Dandim 0416/Bute Ingatkan Bahaya Judi Online dan Lakukan Pemeriksaan Handphone Upacara Peringatan 17an Kodim 0416/Bute, Dandim Sampaikan Amanat Pangdam II/Swj Cegah Polio, Satgas Yonif 753/AVT Berikan Imunisasi Gratis di Puncak Jaya Prajurit Satgas Mobile Yonif 323 Buaya Putih Dukung Peningkatan Ekonomi Lokal di Puncak Papua

Home / Portal Militer

Senin, 20 Mei 2024 - 19:31 WIB

Satgas TMMD Kodim Muara Enim Gelar Penyuluhan Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Minat Baca Dan Perpustakaan

Muara Enim, sriwijayadaily.co.id – Sebagai motivator dan peran teritorial sebagai sasaran capaian non fisik, Satgas TMMD 120 Kodim 0404/Muara Enim gelar penyuluhan dibalai desa Sumaja Makmur Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan Senin (20/5/2024)

Penyuluhan tersebut disertai pula dialog humanisme dari para narasumber dengan masyarakat, dibahas juga seperti apa motivasi dan keinginan kuat masyarakat.

“Meskipun niat baca yang disertai keterbatasan anggaran mungkin jadi koleksi bukunya tadi kurang beragam, kalau minat baca namanya anak itu Alhamdulillah masih ada. Namun agar lebih mudah mengarahkannya, meskipun keterbatasan anggaran namun bagaimana caranya biar kami bisa mendapat bantuan mendapatkan tambahan koleksi buku untuk perpustakaan kami,” Sebut Darmadi ketika menyampaikan keinginan kepada narasumber.

Baca :  Dikmata TNI AD 2024, Tempa Ribuan Putra Bangsa Jadi Prajurit Sejati

Dari informasi yang di dapat pada saat gelar penyuluhan berlangsung diketahui bantuan buku untuk SD dari Diknas Kabupaten Muara Enim yang digunakan untuk menambah koleksi buku anak-anak kelas 6 maupun yang bersumber dari bantuan sukarela pihak lainnya termasuk usulan penambahan koleksi buku undang-undang yang bersumber dari 5% paling sedikit bisa dianggarkan dari dana BOS Sekolah dan mekanisme pengembangan tata kelola perpustakaan sekolah.

Baca :  Satgas Yonif 509 Kostrad Patroli & Berbagi Pada Masyarakat Papua

Kegiatan ini juga diisi oleh narasumber dari Dinas Perpustakaan Kabupaten Muara Enim, Rusdian (pustakawan ahli madya) bersama Joni riswanto (pustakawan ahli muda) dan Yeni Apriani (pustakawan ahli Pratama).

Terpisah, Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Muara Enim, Panca Surya Menyampaikan informasi atas Muara Enim Digital Library atau yang lebih dikenal sebagai MEDALI.

“Muara enim juga memiliki buku Elektronik ” Muara Enim Digital Library ” atau yang dikenal sebagai MEDALI dan Titik Baca yang akan memudahkan masyarakat untuk mengakses niat bacaan, agar minat, kehematan dan budaya masyarakat Kabupaten Muara Enim meningkat serta menjadi pusat informasi Buku di sumatera Selatan ,” Sebut Panca.

Baca :  Amankan Sisa Bahan Peledak, Tim EOD Satgas Kizi TNI Konga Laksanakan Disposal UXO/AXO

Sebagai ilustrasi diakhir kegiatan bahwa perpustakaan yang diselenggarakan oleh pemerintah Pemerintah Provinsi/Kabupaten/ Kota/Kecamatan dan bahkan oleh Pemerintah Desa adalah sebagai integrasi satu kesatuan dan peran aktif semua pihak dalam mengembangkan minat baca pada pedesaan dan lingkungan sekolah.

“Integrasi dan dukungan semua pihak agar semua dapat terwujud,” pungkasnya.

Sumber : Pendim 0404/Muara Enim

Share :

Baca Juga

Portal Militer

Babinsa Hadiri Penilaian Kampung Bantar di Kelurahan Beliung Kota Jambi

Portal Militer

Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan, Babinsa Beliung Hadiri Peringatan Isra’ Mi’raj

Portal Militer

Terima Piagam Penghargaan Dari Menkumham RI, Ini yang Dilakukan Brigjen TNI J.O Sembiring Kepada Kelompok UMKM Papua

Portal Militer

Komunikasi Sosial Dilakukan Babinsa Dimanapun Dan Siapapun

Portal Militer

Bangkitkan Minat Pemuda Berolahraga, Satgas TMMD Kodim 0417/Kerinci Beri Bantuan Alat Olahraga

Portal Militer

Peringati HUT Ke-78 Republik Indonesia, Korem 042/Gapu Gelar Doa Bersama

Portal Militer

Kasad Wujudkan Mimpi Henz Songjanan Jadi Prajurit TNI AD

Portal Militer

Kodam XVIII/Kasuari Bersama Lion Club Berbagi Sesama Cegah Stunting