DPR Setuju KSAL Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI Jum’at Bersih, Babinsa Kelurahan Sungai Nibung Bersama Warga Gotong Royong Tempat Ibadah Dandim 0419 Tanjab Bekali Menwa Sultan Thaha Tentang Kepemimpinan Dandim 0416/Bute Serahkan Bantuan Semen dan Al-Quran Ke Ponpes Daarul Hafidz Al- Manshuriyah SATGAS YONIF 143/TWEJ AMANKAN WARGA KEMBALI KE KAMPUNG DISTRIK KIWIROK PEGUNUNGAN BINTANG, PAPUA

Home / Gema TNI

Selasa, 4 Januari 2022 - 18:04 WIB

Satgas Yonif 123/RW Bantu Masyarakat Dalam Proses Pengolahan Sagu

Personel Satgas Yonif 123/RW Bantu Masyarakat Dalam Proses Pengolahan Sagu (Pendam XVII/Cenderawasih)

Personel Satgas Yonif 123/RW Bantu Masyarakat Dalam Proses Pengolahan Sagu (Pendam XVII/Cenderawasih)

SRIWIJAYADAILY
Bertempat di Kampung Rawa Biru Distrik Sota Kabupaten Merauke Papua, Satgas Yonif 123/RW Pos Rawa Biru yang dipimpin Danpos Serka Alfansuri beserta anggota melaksanakan kegiatan membantu masyarakat dalam proses pengolahan sagu yang merupakan salah satu makanan pokok bagi masyarakat Papua, Selasa (4/1/2022).

Pemilihan batang pohon sagu yang berisi tepung sagu ditandai dengan batang pohon sagu yang sudah tua dan mengeluarkan bunga. Batang tumbuhan sagu terdiri dari lapisan kulit bagian luar yang keras berupa lapisan epidermal dan bagian dalam berupa empulur yang mengandung serat-serat dan pati. Sagu merupakan bahan makanan pokok yang memang memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Baca :  Jalin Kerjasama, Baznas Papua Bersilaturahmi Temui Pangdam XVII/Cenderawasih

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Satgas Pamtas Yonif 123/RW Letda Inf Faduhusi Zega mengatakan bantuan kepada masyarakat oleh personel Pos Rawa Biru tersebut sebagai upaya pendampingan dalam memberikan bantuan tenaga dan bimbingan pengolahan sagu yang baik serta sebagai upaya Kemanunggalan TNI-Rakyat.

Baca :  Kasad Resmikan Instalasi Tahanan Super Maximum Security (SMS) Milik Pomdam III/Siliwangi

“Kami Satgas membantu keluarga ibu Martha dan bapak Bonofasius dalam mengolah sagu dari mulai proses pemilihan batang pohon sagu berkualitas yang akan ditebang, proses pemotongan batang sagu, hingga memukul/mencacah batang pohon sagu dengan alat khusus yang masih tradisional dan selanjutnya menyaring batang sagu yang sudah dihaluskan sampai akhirnya menjadi tepung sagu,” terang Pasiter Letda Inf Faduhusi Zega melalui keterangan tertulis Pendam XVII/Cenderawasih.

Baca :  Ingin Kedamaian, Masyarakat Papua Serahkan Senjata dan Amunisi Kepada Danrem 173/PBV Di Biak Numfor

Ibu Martha (32) warga Kampung Rawabiru menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan tersebut dapat membantu meringankan pekerjaannya dalam pengolahan bahan makanan pokok dari batang sagu ini.

“Terimakasih kepada bapak TNI yang sudah memberikan bantuan kepada kami yang biasanya lebih lama dikerjakan dan sekarang sudah lebih cepat dari sebelumnya,” pungkas ibu Martha. (**)

Share :

Baca Juga

Gema TNI

Panglima TNI : Dengan Persatuan dan Kesatuan Semuanya Dapat Diselesaikan Dengan Baik

Gema TNI

Pangdam Brawijaya Sambut Kedatangan Presiden di Trenggalek

Gema TNI

Danrem 045/Gaya Ikuti Rapim TNI Polri Tahun 2022

Gema TNI

TNI-Polri Gelar Rapat Rencana Evakuasi 8 Jenazah Karyawan PT PTT Korban Kekejaman Gerombolan KST di Papua

Gema TNI

Cek Kesiapsiagaan Prajurit, Kasad Gelar Pasukan di Monas

Gema TNI

Dandim 0415/Jambi Pimpin Sertijab Pasi Inteldim dan Danramil Jajaran

Gema TNI

Tim Puldata Pusterad Kunjungi Kodim 1711/Boven Digoel

Gema TNI

Danrem 044/Gapo Tinjau Sasaran Bedah Rumah di Desa Tanjung Pering