Pembangunan Batalyon Penyangga, Wujud Komitmen TNI AD dalam Percepatan Pembangunan di Papua Wujudkan Situasi Keamanan Wilayah yang Kondusif, Aparat Gabungan Berhasil Amankan Homeyo Kodam I/BB Segera Bangun 5 Jembatan Bailey di Kabupaten Agam Progres Pembangunan Musholla Desa Fajar Indah Sudah Tahapan Pengecatan Usung Nuansa Dan Konsep Minimalis, Ini Penampakan RTLH TMMD Kodim 0404/Muara Enim

Home / Warta TNI

Selasa, 4 Januari 2022 - 18:04 WIB

Satgas Yonif 123/RW Bantu Masyarakat Dalam Proses Pengolahan Sagu

Personel Satgas Yonif 123/RW Bantu Masyarakat Dalam Proses Pengolahan Sagu (Pendam XVII/Cenderawasih)

Personel Satgas Yonif 123/RW Bantu Masyarakat Dalam Proses Pengolahan Sagu (Pendam XVII/Cenderawasih)

SRIWIJAYADAILY
Bertempat di Kampung Rawa Biru Distrik Sota Kabupaten Merauke Papua, Satgas Yonif 123/RW Pos Rawa Biru yang dipimpin Danpos Serka Alfansuri beserta anggota melaksanakan kegiatan membantu masyarakat dalam proses pengolahan sagu yang merupakan salah satu makanan pokok bagi masyarakat Papua, Selasa (4/1/2022).

Pemilihan batang pohon sagu yang berisi tepung sagu ditandai dengan batang pohon sagu yang sudah tua dan mengeluarkan bunga. Batang tumbuhan sagu terdiri dari lapisan kulit bagian luar yang keras berupa lapisan epidermal dan bagian dalam berupa empulur yang mengandung serat-serat dan pati. Sagu merupakan bahan makanan pokok yang memang memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Baca :  Darma Bakti TMMD ke-120 Bengkulu Utara Wujudkan Percepatan Pembangunan Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Satgas Pamtas Yonif 123/RW Letda Inf Faduhusi Zega mengatakan bantuan kepada masyarakat oleh personel Pos Rawa Biru tersebut sebagai upaya pendampingan dalam memberikan bantuan tenaga dan bimbingan pengolahan sagu yang baik serta sebagai upaya Kemanunggalan TNI-Rakyat.

Baca :  Gerak Cepat Kodim 0415/Jambi Bantu Warga Korban Banjir

“Kami Satgas membantu keluarga ibu Martha dan bapak Bonofasius dalam mengolah sagu dari mulai proses pemilihan batang pohon sagu berkualitas yang akan ditebang, proses pemotongan batang sagu, hingga memukul/mencacah batang pohon sagu dengan alat khusus yang masih tradisional dan selanjutnya menyaring batang sagu yang sudah dihaluskan sampai akhirnya menjadi tepung sagu,” terang Pasiter Letda Inf Faduhusi Zega melalui keterangan tertulis Pendam XVII/Cenderawasih.

Baca :  Pererat Sinergi, TNI-Polri Olga Bersama

Ibu Martha (32) warga Kampung Rawabiru menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan tersebut dapat membantu meringankan pekerjaannya dalam pengolahan bahan makanan pokok dari batang sagu ini.

“Terimakasih kepada bapak TNI yang sudah memberikan bantuan kepada kami yang biasanya lebih lama dikerjakan dan sekarang sudah lebih cepat dari sebelumnya,” pungkas ibu Martha. (**)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Danramil Telanaipura Anggap IPKB Sebagai Mitra Kerja yang Potensial Ditengah Pandemi Covid-19

Warta TNI

Kodim Jayapura Gelar Liga Top Skor Papua U-14

Warta TNI

Siswa Pendidikan Pertama Tamtama Ikuti Ujian Ketangkasan Halang Rintang

Warta TNI

Peduli Kesehatan Masyarakat, Kodam II/Swj Gelar Pengobatan dan Sunatan Gratis

Warta TNI

Atmosfer Kebahagiaan Menyelimuti Warga Kenyam Nduga Bersama Satgas TNI 431/SSP

Warta TNI

Pangdam XVII/Cenderawasih Beri Pengarahan Kepada Prajurit Beserta Persit Kodim 1710/MMK Dan Denkav-3/SC

Warta TNI

Panglima Mutasi 100 Pati TNI, 27 Jenderal TNI Pensiun 

Warta TNI

Satgas TNI 142/KJ Bantu Perbaikan Rumah Warga