“Pariwisata Sumatera Utara dan Peranan Pers” Antara Promosi dan Kritik 26 Pejabat Administrator dan Pengawas Di Lingkup Pemkab Tanjab Barat Resmi Dilantik Lestarikan Budaya Lokal, Satgas Yonif 143/TWEJ Gelar Pertandingan Jubi Di Papua Demi Generasi Muda Papua, Satgas Yonif Raider 142/KJ Ajak Siswa Sekolah Minum Susu Gubernur Jambi Lepas Delegasi PWI Provinsi Jambi ke HPN 2023 di Medan

Home / Gema TNI

Jumat, 2 Desember 2022 - 17:22 WIB

SATGAS YONIF 143/TWEJ AMANKAN WARGA KEMBALI KE KAMPUNG DISTRIK KIWIROK PEGUNUNGAN BINTANG, PAPUA

Palembang, sriwijayadaily.co.id – Satgas Yonif 143/TWEJ bersama dengan Satgas Damai Cartenz dan Aparat setempat membantu amankan warga masyarakat kembali ke Kampung yang sempat ditinggalkan seiring bergejolaknya keamanan saat itu di Distrik Kiwirok, Kab. Pegunungan Bintang, Papua, Rabu (30/11/2022).
Dengan hanya berjalan kaki dari Oksibil sebanyak 18 orang warga Distrik Kiwirok yang dipimpin Bapak Yuspani Nawipa telah sampai dikampungnya dengan selamat dan disambut oleh Satgas Yonif 143/TWEJ, Satgas Damai Cartenz dan Aparat setempat.

Wadan Satgas Yonif 143/TWEJ, Mayor Inf Adi Ariyanto membenarkan hal itu, dia mengatakan bahwa hari ini Satgas Yonif 143/TWEJ turut mengamankan dan menyambut kedatangan 18 orang masyarakat Distrik Kiwirok yang sebelumnya telah mengamankan diri ke Distrik Oksibil.

Baca :  Danrem 042/Gapu Resmi Tutup TMMD Ke-115 Kodim 0415/Jambi

“Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pabung Kodim 1715/Yahukimo, Bupati Pegubin Bapak Yan Spei Bidana dan Jajaran Forkopimda, Kadistrik Kiwirok Bapak Abedeus Tepmul dan Toga Bapak Pendeta Leo Uopmabin,” kata Mayor Inf Adi.

“Distrik ini ditinggalkan masyarakatnya sejak setahun yang lalu akibat konflik yang ditimbulkan oleh Kelompok Separatis Teroris (KST) Ngalum Kupel pimpinan Lamek Alepki Taplo. Maka dari itu kami Satgas Yonif 143/TWEJ bersama dengan Satgas Damai Cartenz dan juga Aparat setempat akan selalu siap sedia untuk menjaga keamanan mereka,” tegasnya.

Baca :  Kasad Naikan Pangkat Luar Biasa Kepada Kopka Azmiadi

Kerinduan masyarakat Distrik Kiwirok untuk dapat menikmati hidup dengan aman dan damai telah lama mereka dambakan cukup lama, baru pada hari ini mereka dapat kembali untuk menata kehidupan baru.

Kepala Distrik Kiwirok Bapak Abedeus mengucapkan terima kasih kepada TNI/POLRI, Pemda dan seluruh pihak terkait yang telah ikut berupaya mengembalikan warganya kembali ke Kampung Distrik Kiwirok.

“Ucapan terimakasih kami kepada semua pihak baik dari TNI/POLRI, Pemda dan aparat terkait lainya yang telah membantu proses kembalinya warga Kami dan kami memiliki harapan aktivitas seluruh masyarakat dapat segera berjalan normal kembali, hal ini mustahil terwujud apabila keamanan tidak kondusif. Oleh karena itu, saya mohon aparat keamanan untuk bantu kami wujudkan hal itu,” ungkapnya.

Baca :  Satgas Yonif 143/TWEJ Wujudkan Asa Warga Kiwirok

Sementara itu, Bupati Yan Spei Bidana beserta Forkopimda Kabupaten Pegunungan Bintang tiba di Distrik Kiwirok menggunakan transportasi udara hal ini menjadi momentum bahwa aktivitas di Distrik Kiwirok sudah kembali seperti sedia kala.

“Hari ini kita secara resmi sudah mendaratkan pesawat kembali dan hal ini menandakan bahwa aktivitas di Distrik Kiwirok sudah kembali seperti biasa, terima kasih kepada TNI/POLRI yang yang sudah menjaga stabilitas keamanan Distrik Kiwirok selama ini,” ujar Bupati.

Share :

Baca Juga

Gema TNI

Dandim 0415/Jambi Lepas Pabung Batanghari yang Masuki Purna Tugas

Gema TNI

Sebanyak 104 Pemuda Terbaik Jambi Ikuti Pendidikan Tamtama TNI AD

Gema TNI

Pangdam II/Sriwijaya Tutup Pendidikan Pertama Bintara TNI AD TA 2021 (Over Load)

Gema TNI

Pangdam II/Sriwijaya Rakor Bersama Forkopimda Sumsel Bahas Percepatan Penanganan Copid-19 Dan Pemulihan Ekonomi

Gema TNI

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711 Bersama Warga Gelar Tradisi Tahunan

Gema TNI

Pangdam XVII/Cenderawasih Bagikan Ratusan Paket Sembako Kepada Masyarakat Merauke

Gema TNI

Vietnam Hancurkan Ambisi Timnas Menuju Final Piala AFF !!

Gema TNI

Dandim 0415/Jambi Cek Tanggul Kanal Jebol Di Kumpeh Ilir