Kodim Jambi Gelar Komsos Dengan Komponen Bangsa Pasca Ledakan Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar, Polda Jambi Tingkatkan Pengamanan Satukan Komitmen, TNI AD Gelar Bimtek Penilaian Sistek Info Kotama dan Balakpus Pangdam XVII/Cenderawasih Buka Turnamen Bola Voli Dalam Rangka Hari Juang Kartika TNI-AD Tahun 2022 Lewat Adu Penalti, Maroko Usir Spanyol dari Piala Dunia 2022

Home / Gema TNI

Selasa, 20 September 2022 - 05:51 WIB

Semarak HUT Ke-77 TNI, Dandim 1703/Deiyai Buka Lomba Tari Yospan

Semarak HUT Ke-77 TNI, Dandim 1703/Deiyai Buka Lomba Tari Yospan (FOTO : Istimewa)

Semarak HUT Ke-77 TNI, Dandim 1703/Deiyai Buka Lomba Tari Yospan (FOTO : Istimewa)

Paniai SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 TNI Koramil 1703-01/Enarotali menggelar lomba tarian Yosim Pancar (Yospan) Se-Kabupaten Paniai yang dibuka langsung oleh Komandan Kodim 1703/Deiyai Letkol Inf I Wayan Dedi Suryanto SE bertempat di Lapangan Karel Gobai, Jalan Poros Bandara Enarotali, Kampung Awabutu, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai Senin (19/09/2022).

Sebanyak 21 peserta atau tim dari aneka grup tari Yospan yang berasal dari Kabupaten Paniai ikut dalam kompetisi tersebut akan digelar di lapangan Apel Makoramil 1703-01/Enarotali.

Sebelum digelarnya perlombaan terlebih dahulu Dandim 1703/Deiyai memukul Tifa sebagai tanda dibukanya lomba tarian Yospan Se-Kabupaten Paniai.

Komandan Kodim 1703/Deiyai Letkol Inf I Wayan Dedi Suryanto SE dalam sambutannya saat membuka perlombaan tarian Yospan Se Kabupaten Paniai, semua tim akan menampilkan yang terbaik, marilah bermain, menari bersuka cita karena Yospan merupakan salah satu budaya dan tradisi kearifan lokal yang berada di tanah Papua di tanah yang punya berkah.

Baca :  Satgas TNI 600/Modang Terima Kunjungan Pangdam XVII/Cenderawasih

“Yospan ini sudah mulai populer di tahun 60an. Yospan merupakan perpaduan antara tari Yosi dan tari panca,” ungkapnya.

“Jadi kita sama-sama hari ini tampil untuk melestarikan budaya kita budaya tanah Papua Yosi pancar juga sudah mendunia dan sudah Go internasional bahkan di tahun 90an itu pernah di jadikan salah satu senam kesegaran di Instasi-instasi yang berada di seluruh Indonesia, kita harus bangga itu semua berasal dari tanah Papua, diharapkan kepada tim-tim yang hari ini akan lomba tunjukan tari yospan yang terbaik,” tambahnya.

Sementara itu, Danramil 1703-01/Enarotali Mayor Cba (k) Marina Rumawak menyampaikan bahwa lomba Yospan dilaksanakan dalam menyemarakkan HUT TNI yang Ke-77.

“Mari kita lestarikan budaya Yosim Pancar (Yospan) sebagai kekayaan budaya yang sangat berharga untuk generasi Papua kedepan,” ajak Danramil.

Baca :  Penuhi Adat Dan Permintaan Keluarga, Satgas Yonif R 600/Modang Berikan Uang Adat Di Atas Peti Disaksikan Warga

“Lomba Yospan yang akan ditampilkan oleh para peserta lomba Yospan Danramil Cup TA 2022 para juara lomba terdiri dari Juara I,II, III, IV, V, VI dan Juara Faforit. Adapun acara ini terselenggara agar seluruh kaum Muda mudi dan seluruh masyarakat di kabupaten paniai dapat mengambil peran sebagai bangsa yang menghargai adat dan budaya,” tambahnya.

Tari Yospan adalah bentuk Akronim dari kata yosim pancar jenis tarian kontemporer yang menggambarkan pergaulan atau persahabatan pada kaum muda mudi Papua.

Tarian Yosim adalah Tari gembira yang berasal dari luar daerah yaitu daerah Sarmi dan daerah Biak. Sementara Tarian Pancar berasal dari daerah Biak yang merupakan sebuah tari Ekspresi kegembiraan dengan melakukan tari secara bersama sama dengan menghentakkan kedua kaki serentak ke tanah

Baca :  Danrem 042/Gapu Pimpin Ziarah Nasional Peringatan HUT TNI ke - 77

Gerakan tari yospan terdiri dari
Pertama : Gerak seka dimana penari berjalan kedepan dengan posisi menunduk sambil menghentakkan kaki

Kedua : Gerak Pacul Tiga dimana penari melenggang maju tiga langkah dan berhenti delagi membuang kaki ke samping dan kedepan

Tiga : Gerak Gale-gale dimana penari melenggang maju empat langkah dengan berakhir gerak kaki di seret di atas tanah

Empat : Gerak Jef dimana penari mengangkat kaki kanan bergantian dengan kaki kiri dengan hitungan empat kali, kemudian kembali mulai dari awal lagi.

Lima : Gerak Pancar dengan maju kedepan tiga langkah, di langkah ketiga dilakukan dengan meloncat dengan mendarat kedua kaki

“Marilah bersama sama kita bangun kerja sama, sinergitas, TNI-Polri dan masyarakat menuju Kabupaten Paniai yang cerah, damai dan terutama kondusif, Motto “Kabupaten Paniai Awetako Enna Agapida “Hari Esok lebih baik dari hari ini,”tutup Danramil. (Pendam XVII/Cenderawasih)

Share :

Baca Juga

Gema TNI

“Ing Ngarso Sung Tulodo” Prinsip Babinsa Telanaipura Saat Goro Bersama Warga

Gema TNI

Pimpin Sertijab Aslat dan Dansecapaad, Kasad: Kembangkan Kreativitas Dalam Menghadapi Tantangan Kedepan

Gema TNI

Kodim Yawa Gelar Pembinaan Dan Pemberdayaan KBT

Gema TNI

Prajurit Satran Koarmada II Latihan Deteksi Bawah Air

Gema TNI

Anggota Satgas TMMD ke 115 Bersama Warga Bersihkan Puing-puing Kebakaran

Gema TNI

Babinsa Koramil 1707-11/Bade Masuk Dapur Warga, Ada Apa !

Gema TNI

Pimpin Upacara 17-an, Pangdam II/Sriwijaya Bacakan Penekanan Kasad

Gema TNI

Kodam II/Sriwijaya Kembali Gelar TMMD di 5 Kabupaten Wilayah Sumbagsel