Jenazah Danramil Oktavianus Sogalrey Korban Penembakan Gerombolan OPM Dimakamkan Secara Militer Danyon Armed 15/Cailendra Pimpin Upacara Tradisi Pelepasan Anggota Pindah Satuan Dan Sertijab Danrai Budi Setiawan, Anak Pensiunan TNI Menapaki Perjalanan Hidup Menuju Kota Jambi BerBUDI Keluarga Besar Yonif 142/KJ Rayakan Hari Raya Idul Fitri Dan Halal Bihalal Korem 081/DSJ Terjunkan Ratusan Personel Amankan Arus Balik Lebaran

Home / Olahraga

Rabu, 22 Desember 2021 - 14:52 WIB

Semi Final Timnas Indonesia Vs Singapura di Piala AFF 2020 Merupakan Pertarungan Young Garuda dan Singa Tua

SRIWIJAYADAILY
Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Singapura pada semifinal Piala AFF 2020, Rabu malam (22/12/2021). Kedua tim memiliki perbedaan mencolok mengenai rataan usia di dalam skuadnya.

Piala AFF menjadi ajang paling dinanti pencinta sepak bola Tanah Air. Bukan apa-apa, sebab “Piala Dunia ASEAN” ini merupakan gelar prestisius yang paling mungkin didapat ketimbang Piala Asia atau Piala Dunia, demikian dilansir dari www.bola.com.

Pada Piala AFF 2020, Timnas Indonesia memboyong 30 pemain, sama seperti Thailand, Laos, dan Kamboja. Vietnam sebetulnya mendaftarkan 30 pemain, namun tampaknya ada satu penggawa yang urung berangkat karena masalah birokrasi.

Adapun Timor Leste dan Malaysia menjadi negara peserta dengan jumlah skuad paling tipis. Keduanya cuma membawa 24 pemain saja, dan nahas buat Harimau Malaya, dua pemain di antaranya terpapar COVID-19.

Baca :  Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Mendapat Apresiasi Dari Tim Inspeksi COE Atas Kesiapan Peralatan Yang Dimiliki

Fakta menarik pada Piala AFF 2020 lainnya adalah soal rataan usia pemain. Tuan rumah Singapura ternyata menjadi tim peserta dengan rata-rata pemain tertua (28,2 tahun).

Sementara itu, Timnas Indonesia berada di posisi keempat sebagai skuad termuda, di bawah Laos dan Kamboja. Sementara label skuad termuda didapat Timor Leste (21,3 tahun).

Hassan Sunny, kiper Singapura, menjadi pemain tertua yang sudah tampil di Piala AFF 2020. Usianya saat bertanding melawan Myanmar adalah 37 tahun, delapan bulan, dan tiga hari.

Baca :  Babinsa Koramil Pasar Laksanakan Komsos Kreatif Bangun Keakraban

Sementara di Timnas Indonesia, jika Victor Igbonefo dimainkan, maka ia akan jadi pemain kedua tertua di Piala AFF 2020, dengan usia 36 tahun.

Shin Tae-yong melakukan langkah berani di Piala AFF 2020. Timnas Indonesia mengarungi kerasnya persaingan dengan bekal mayoritas pemain muda. Skuat Tim Merah-Putih dirombak total perwajahannya. Sesuatu yang tak pernah terjadi sebelumnya.

Timnas Indonesia hanya membawa dua pemain yang berusia di atas 30 tahun. Selain Igbonefo, Fachrudin Aryanto (32 tahun) juga jadi yang paling senior di skuad asuhan Shin Tae-yong.

Fakta menujukkan rataan usia pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 paling rendah di antara tim-tim elite yang ada. Rataan pemain timnas kita ada di angka 23,8, jauh lebih belia dibanding dua pesaing berat di Grup B, Malaysia (26,8) dan juara bertahan Vietnam (24,79)

Baca :  Koramil Pasar Gandeng Ibu- Ibu Persit, Bhayangkari dan TP PKK Kecamatan Pasar Berbagi Berkah Takjil di Bulan Ramadhan

Tiga tim unggulan lainnya di grup berbeda tampil dengan skuat matang. Rataan usia pemain Thailand menembus angka 27,10. Singapura di angka 27,63. Sementara Filipina 26,11.

Shin Tae-yong menyebut Piala AFF 2020 menjadi era baru Timnas Indonesia. Saat ini, Evan Dimas dkk. berstatus skuat termuda dalam sejarah keikut sertaan Tim Merah-Putih di Piala AFF sejak 1996.

Share :

Baca Juga

Olahraga

Personil Kodim 0415/Jambi Ikuti Gowes dan Jalan Santai HUT ke-78 Kemerdekaan RI Bersama Masyarakat

Olahraga

Drama! Favorit Juara Brasil Tumbang Lewat Adu Pinalti dari Kroasia di Perempat Final Piala Dunia 2022

Olahraga

Pangdam XVII/Cenderawasih Ikuti Rapat Pelaksanaan LSN Tahun 2022 Secara Vicon

Daerah

Budi Setiawan : Kontingen Jambi Optimis Juara

Daerah

Penuh Filosofi, Logo Porprov Jambi Ke-XXIII Resmi Dirilis

Olahraga

Atlet Fitness Center 88 Kodam XVII/Cenderawasih Raih Prestasi Juara Body Building Visera Gym Championship 2022

Daerah

Wujudkan Provinsi Jambi yang Berprestasi, Budi Setiawan Ajak Seluruh Pengurus KONI Selalu Jaga Kekompakan

Daerah

Kontingen Jambi Sementara Berada di Peringkat 5 besar Porwil XI Sumatra 2023