DPR Setuju KSAL Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI Jum’at Bersih, Babinsa Kelurahan Sungai Nibung Bersama Warga Gotong Royong Tempat Ibadah Dandim 0419 Tanjab Bekali Menwa Sultan Thaha Tentang Kepemimpinan Dandim 0416/Bute Serahkan Bantuan Semen dan Al-Quran Ke Ponpes Daarul Hafidz Al- Manshuriyah SATGAS YONIF 143/TWEJ AMANKAN WARGA KEMBALI KE KAMPUNG DISTRIK KIWIROK PEGUNUNGAN BINTANG, PAPUA

Home / Olahraga

Rabu, 22 Desember 2021 - 14:52 WIB

Semi Final Timnas Indonesia Vs Singapura di Piala AFF 2020 Merupakan Pertarungan Young Garuda dan Singa Tua

SRIWIJAYADAILY
Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Singapura pada semifinal Piala AFF 2020, Rabu malam (22/12/2021). Kedua tim memiliki perbedaan mencolok mengenai rataan usia di dalam skuadnya.

Piala AFF menjadi ajang paling dinanti pencinta sepak bola Tanah Air. Bukan apa-apa, sebab “Piala Dunia ASEAN” ini merupakan gelar prestisius yang paling mungkin didapat ketimbang Piala Asia atau Piala Dunia, demikian dilansir dari www.bola.com.

Pada Piala AFF 2020, Timnas Indonesia memboyong 30 pemain, sama seperti Thailand, Laos, dan Kamboja. Vietnam sebetulnya mendaftarkan 30 pemain, namun tampaknya ada satu penggawa yang urung berangkat karena masalah birokrasi.

Adapun Timor Leste dan Malaysia menjadi negara peserta dengan jumlah skuad paling tipis. Keduanya cuma membawa 24 pemain saja, dan nahas buat Harimau Malaya, dua pemain di antaranya terpapar COVID-19.

Baca :  Dukungan Psikososial Dari Dispsiad Bagi Korban Gempa Cianjur

Fakta menarik pada Piala AFF 2020 lainnya adalah soal rataan usia pemain. Tuan rumah Singapura ternyata menjadi tim peserta dengan rata-rata pemain tertua (28,2 tahun).

Sementara itu, Timnas Indonesia berada di posisi keempat sebagai skuad termuda, di bawah Laos dan Kamboja. Sementara label skuad termuda didapat Timor Leste (21,3 tahun).

Hassan Sunny, kiper Singapura, menjadi pemain tertua yang sudah tampil di Piala AFF 2020. Usianya saat bertanding melawan Myanmar adalah 37 tahun, delapan bulan, dan tiga hari.

Baca :  Sambut HUT TNI ke- 77, Kodim 0415/Jambi Gelar Baksos Donor Darah serta Pemberian Tali Asih kepada Veteran dan Warakawuri

Sementara di Timnas Indonesia, jika Victor Igbonefo dimainkan, maka ia akan jadi pemain kedua tertua di Piala AFF 2020, dengan usia 36 tahun.

Shin Tae-yong melakukan langkah berani di Piala AFF 2020. Timnas Indonesia mengarungi kerasnya persaingan dengan bekal mayoritas pemain muda. Skuat Tim Merah-Putih dirombak total perwajahannya. Sesuatu yang tak pernah terjadi sebelumnya.

Timnas Indonesia hanya membawa dua pemain yang berusia di atas 30 tahun. Selain Igbonefo, Fachrudin Aryanto (32 tahun) juga jadi yang paling senior di skuad asuhan Shin Tae-yong.

Fakta menujukkan rataan usia pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 paling rendah di antara tim-tim elite yang ada. Rataan pemain timnas kita ada di angka 23,8, jauh lebih belia dibanding dua pesaing berat di Grup B, Malaysia (26,8) dan juara bertahan Vietnam (24,79)

Baca :  Prajurit Korem 042/Gapu dan Persit Laksanakan Senam Bersama

Tiga tim unggulan lainnya di grup berbeda tampil dengan skuat matang. Rataan usia pemain Thailand menembus angka 27,10. Singapura di angka 27,63. Sementara Filipina 26,11.

Shin Tae-yong menyebut Piala AFF 2020 menjadi era baru Timnas Indonesia. Saat ini, Evan Dimas dkk. berstatus skuat termuda dalam sejarah keikut sertaan Tim Merah-Putih di Piala AFF sejak 1996.

Share :

Baca Juga

Nasional

Listyo Sigit Prabowo Dilantik sebagai Ketum PB ISSI 2021-2025

Olahraga

Naik Sembilan Kali Lipat, Kontingan Jambi Optimis Raih 9 Emas di Peparnas Papua

Gema TNI

Saksikan Final Liga Santri Piala KASAD Zona Sumsel Antara Tim Nurul Hasan vs Raudhatul Ulum

Gema TNI

Kodim 0415/Jambi Gelar Pertandingan Futsal Antar Klub

Olahraga

Kalahkan Vietnam, Timnas Indonesia U-16 Juara Piala AFF 2022

Olahraga

Kalah Dari Thailand, Timnas Enam Kali Status Runner-Up Piala AFF

Olahraga

HD Buka Kejurnas Boling Soetopo Jananto dan Junior 2021, 95 Atlet dari 9 Provinsi Berlaga

Nasional

Menpora Optimis Terhadap Masa Depan Timnas Indonesia