Dandim 0415/Jambi Bersama Forkopimda Kota Jambi Cek Stok Ketersediaan Beras Jelang Ramadhan Baznas Kota Jambi Ikut Andil Dalam Bedah Rumah Tidak Layak Huni Kodim 0415/Jambi 9 Atlet Taekwondo Kodam II/Swj Siap Gondol Medali Kapolri Gandeng Beragam Stakeholder, TNI AD Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Klarifikasi TNI AD Terkait Cuitan Hoax Video Iring-Iringan Ranpur TNI di Jalan Raya

Home / Warta TNI

Kamis, 20 Januari 2022 - 18:02 WIB

Sikapi Aksi Begal Di Wilayah, Babinsa Koramil Telanaipura Gerakkan jaga Swakarsa

SRIWIJAYADAILY

Aksi begal kembali terjadi di wilayah kota Jambi, tepatnya didepan Masjid Thoriqotul Jannah di jalan KH Ismail Malik RT. 22, Mayang Mangurai, Alam Barajo, kota Jambi, Rabu (19/01/2022) pukul 22.30 WIB.

Tiga orang wanita saat berteduh karena hujan menjadi korban begal dari kawanan orang yang tidak dikenal dengan menggunakan senjata tajam (egrek).

Situasi kerawanan dan kejadian kriminalitas memang tidak dapat diprediksi sebelumnya. Aksi begal tidak mengenal waktu dan tempat, asal ada kesempatan dan korban yang lengah pasti tindak kejahatan tersebut dapat terjadi.

Baca :  Kodim 0432/Basel Kembali Lanjutkan Program Dapur Masuk Sekolah

Menyikapi kejadian yang sangat meresahkan warga tersebut, Babinsa Koramil 415-09/Telanaipura Kel. Mayang Mangurai, Serma Afriadi terpanggil untuk membantu menumbuhkan semangat kebersamaan warga dengan menggerakkan jaga swakarsa di lingkungan Rukun Tetangganya masing-masing.

Pembentukan jaga swakarsa diinisiasi bersama dengan para ketua RT dan tokoh masyarakat setempat.

Baca :  Prajurit Kodim 0419/Tanjab Bersama Warga Lakukan Pembersihan Lingkungan

Tugas yang harus dilakukan yakni mendata dan menginvetarisir pendatang serta membubarkan/membatasi warga yang nongkrong hingga larut dan dinilai tidak ada manfaatnya.

“Kami sepakat dengan para ketua RT untuk menggerakkan dan mendorong pembentukan jaga swakarsa, sehingga kemungkinan tindak kejahatan dapat diantisipasi sedini mungkin.” tutur Afriadi.

Senada dengan Afriadi, suport dan apresiasi untuk melakukan upaya-upaya pengamanan lingkungan juga diberikan oleh Danramil, Mayor Inf Widi Purwoko, SE. Ia mendorong pembentukan jaga swakarsa agar keamanan lingkungan benar-benar dapat diwujudkan.

Baca :  Pastikan Pemilu Lancar, Dandim 0416/Bute Bersama Instansi Terkait Gelar Rakor Distribusi Logistik di KPU Bungo

Masyarakat harus mempunyai tanggungjawab terhadap keamanan lingkungannya, sehingga pelibatan warga sangat diperlukan.

Kejadian begal tadi malam harus dapat dijadikan pelajaran bagi masyarakat, bahwa sikap kewaspadaan menjadi prioritas yang harus dimiliki ketika beraktivitas diluar rumah, tempat yang relatif sepi dan waktu yang sudah larut malam, imbuhnya.(**)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Ramadan Penuh Berkah, Koramil 07/Pelayangan Bagikan Takjil Untuk Pengguna Jalan

Warta TNI

Kasad Dikukuhkan Sebagai Duta Bapak Asuh Anak Stunting

Warta TNI

Di Depan Para Veteran, Pangdam V/Brawijaya Cerita Keberhasilan Hillary Gapai Puncak Mount Everest Berkat Seorang Sherpa

Warta TNI

Lepas Perwira Pindah Satuan, Ini Pesan Dandim 0415/Jambi

Warta TNI

Babinsa Cek Kondisi Anak Stunting Diwilayah Binaan

Warta TNI

Satgas Pamtas Yonif 711 Bantu Cerdaskan Anak Bangsa Di Tanah Papua

Daerah

Panglima TNI Tegaskan Jangan Ada Insiden Penembakan di Natuna

Pendam II Sriwijaya

Nobar Dan Panggung Prajurit Meriahkan HUT Ke-78 TNI Di Lapangan Makodam II/Sriwijaya