Jumlah Masyarakat Kembali ke Yigi Semakin Bertambah, Ini Pesan Danrem 172/PWY Pengesahan RKUHP Meresahkan Kalangan Pers, SMSI akan Menggugat Melalui MK Kodam Cenderawasih Raih Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik TNI AD Selalu Ada untuk Rakyat : Bantuan Kasad Sampai ke Tenda Pengungsi Korban Gempa Bumi Cianjur Panglima TNI Terima Kunjungan Kehormatan Panglima Angkatan Bersenjata Diraja Brunei

Home / Nasional

Sabtu, 10 September 2022 - 16:42 WIB

Teater Tonggak Tampilkan Pergelaran Fragmen Peradaban Melayu Jambi Di Museum Siginjei

Teater Tonggak pergelarkan fragmen Peradaban Melayu Jambi di Museum Siginjei, Kota Jambi/FOTO : Ist**

Teater Tonggak pergelarkan fragmen Peradaban Melayu Jambi di Museum Siginjei, Kota Jambi/FOTO : Ist**

SRIWIJAYADAILY.CO.ID, JAMBI – Teater Tonggak pergelarkan fragmen Peradaban Melayu Jambi di Museum Siginjei, Kota Jambi (Sabtu, 10/09/2022).

Cerita dalam pergelaran yang disajian berkonsep teater gerak tersebut, berupa fragmen yaitu cuplikan atau petikan sebuah cerita.

“Ini menceritakan peradaban melayu di Jambi, mulai dari Zaman batu, zaman klasik, ada juga masa hindu budha dan islam dalam bentuk cuplikan atau petikan sebuah cerita,” Terang Didin Siroz, pencipta karya dan sutradara.

Baca :  Dongkrak Sektor Pariwisata, Investasi dan Bisnis di Kepri, Imigrasi Luncurkan Multiple Entry Visa

Walaupun tanpa dialog atau kata-kata dari pelaku ada narasi pengantar yang diharapkan dapat dipahami. Selain itu, perubahan zaman atau transisi dari pergelaran dikuatkan dengan nuansa musik yang berbeda di setiap zaman.

Pada kesempatan ini, Teater tonggak turut berkolaborasi dengan penari-penari dari beberapa komunitas dan Mahasiswa/i Sendratasik Universitas Jambi “Iya kami acap kali melakukan kolaborasi, baik dengan sesama teater maupun lainnya. Seperti karya ini, kami berkolaborasi dengan penari-penari dari beberapa komunitas dan Mahasiswa/i Sendratasik Universitas Jambi,” Tutur Hendry Nursal, Sekretaris Teater Tonggak.

Baca :  Pangdam XVII/Cenderawasih Pimpin Sidang Pantukhir Tamtama PK TA 2022

Pergelaran itu, merupakan bagian dari seremonial dibukanya secara resmi Pameran Peradaban Melayu Jambi Dalam Rangka Kenduri Swarnabhumi “Mengangkat Batang Terendam, Lestarikan Budaya, Lestarikan Sungai Batanghari” yang akan berlangsung pada 10 s.d 28 September 2022, di Museum Siginjei.

Pameran dibuka oleh Gubernur Jambi Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H, yang ditandai dengan penandatanganan plakat dan pengguntingan pita masuk ruang pameran.

Baca :  Haedar Nashir Terpilih Sebagai Ketum PP Muhammadiyah Masa Bakti 2022-2027

Gubernur Jambi pada momen pembukaan pameran hadir bersama Drs. Siswanto, M.A selaku Pamong Budaya Ahli Utama, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, didampingi Staf Ahli, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata provinsi Jambi, Kepala UPTD dan kepala berbagai dinas terkait serta para tamu undangan lainnnya. (**)

Share :

Baca Juga

Gema TNI

Kasad Pimpin Apel Danrem Dandim Terpusat TA 2021

Nasional

Situ Bagendit, Riwayatmu Kini

Ekonomi

Awal Tahun, BNI Sudah Salurkan KUR Rp5,3 Triliun

Nasional

Internet dating a Girl From UK

Gema TNI

Pasca Penangkapan Kapal Bermuatan Nikel, TNI AL Lanjutkan Pemeriksaan

Hukum dan Kriminal

Kejagung Tetapkan Tersangka Baru Korupsi Impor Besi atau Baja

Ekonomi

Ikuti Perkembangan Industri, Pertamina Sesuaikan Harga BBM Non Subsidi

Nasional

Forum Pecinta Perahu Tradisional Jambi Resmi Terbentuk