Sambut Idul Adha, Babinsa Desa Baru Amankan Pawai Obor dan Takbir Keliling Komitmen Alumni AKABRI ’94 dalam Mengatasi Stunting di Kalimantan Barat Prajurit Satgas Yonif 125/SMB Terangi Jembatan dan Dermaga di Kampung Yagatsu, Papua Prajurit TNI Rebut Distrik Bibida dari OPM dengan Tindakan Profesional dan Kemanusiaan TNI AL Gagalkan Upaya Penyelundupan Ribuan Baby Lobster di Cilacap

Home / Portal Militer

Jumat, 28 Januari 2022 - 10:41 WIB

Terima Kunjungan BPIP, Pangdam Cenderawasih Akan Maksimalkan Pembentukan Karakter Bangsa Bagi Generasi Muda Papua

FOTO. Panglima Kodam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A., bersama Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D

FOTO. Panglima Kodam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A., bersama Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D

Jayapura, Sriwijayadaily.co.id – Panglima Kodam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A., menerima kunjungan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D bersama rombongan di Ruang Cyclops, Makodam XVII/Cenderawasih, Jayapura, Rabu (26/01).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga, S.H., M.H. dalam keterangan tertulisnya.

Dalam kegiatan kunjungannya, Kepala BPIP Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang diberikan oleh Bapak Pangdam beserta pejabat Kodam XVII/Cenderawasih.

“Kami BPIP berkunjung menemui Bapak Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A., bertujuan bersilaturahmi serta meminta bantuan untuk mengajarkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda di Papua,” kata Kepala BPIP.

Baca :  Bangun 5 Sumur Bor di Selat Beting, Kadispenad : Bagus Sekali Membantu Kelangsungan Hidup Manusia

“Sebab nilai nilai Pancasila sangat berperan penting dalam proses pembangunan karakter bangsa dan mengajarkan kita untuk memiliki serta mempraktikkan tanggung jawab sosial dalam menciptakan masyarakat yang adil, sejahtera, dan berkepribadian,” tambah Kepala BPIP.

Disamping itu diterangkan oleh Kepala BPIP bahwa nilai-nilai Pancasila tersebut juga selaras dengan Gerakan Nasional Revolusi Mental yang menjadi agenda utama Presiden Joko Widodo dengan membawa muatan nilai integritas, etos kerja, dan gotong royong dalam proses pembangunan karakter.

Baca :  Pisah Sambut Dandim 0415/Jambi, Pj Walikota Jambi Apresiasi Kolaborasi Kolonel Eko Pristiono

“Pembangunan karakter bertujuan untuk menempa perkembangan mental positif yang di dalamnya termuat sikap-sikap jujur, disiplin, adil, berwawasan kebangsaan, dan memiliki kepekaan sosial dan lingkungan,” terangnya.

“Untuk menumbuhkan hal tersebut dibutuhkan konsistensi dan keteguhan yang tidak tergoyahkan dalam menjunjung nilai-nilai luhur dan keyakinan,” tambahnya.

Lebih lanjut dijelaskan Kepala BPIP bahwa Pancasila yang digali dari bumi Indonesia memiliki nilai-nilai yang berkembang dalam kehidupan rakyat Indonesia yang beraneka ragam tercipta agar dapat mengayomi dan mengakomodir keberagaman yang ada di seluruh Indonesia termasuk Provinsi Papua.

Baca :  Darma Bakti TMMD Kodim Kerinci Wujudkan Percepatan Pembangunan Di Wilayah

“Maka kami ingin mengajak agar Pancasila dijadikan sebagai suri tauladan dalam menghormati perbedaan dan mengedepankan persatuan bangsa dan membangun ketangguhan masyarakat Papua,” ujarnya

Menanggapi hal tersebut, Pangdam XVII Cenderawasih menyampaikan bahwa Kodam XVII/Cenderawasih akan membantu semaksimal mungkin terkait dengan tujuan BPIP di Provinsi Papua.

“Kodam XVII Cenderawasih akan membantu semaksimal mungkin terkait dengan tugas-tugas BPIP di Provinsi Papua dalam membentuk karakter dan kepribadian masyarakat serta generasi muda Papua sekaligus mensejahterakan masyarakat Papua,” kata Pangdam XVII/Cenderawasih.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasdam XVII/Cenderawasih, Kapoksahli Pangdam XVII/Cenderawasih, Asisten dan Aster Kasdam XVII/Cenderawasih. (**)

Share :

Baca Juga

Portal Militer

Kasad Beri Motivasi Satgas Pengamanan Presidensi G20 di Tahura Mangrove dan GWK

Portal Militer

Pasi Inteldim 0415/Jambi Cek Kelengkapan Administrasi Randis Jajaran

Portal Militer

Kembali Dari Cuti, Yonif 147/KGJ Test Urine Prajurit

Portal Militer

Danrem 041/Gamas Lepas Personel Apter Koramil Persiapan Wilayah Kodam XVII/Cendrawasih

Portal Militer

Babinsa Koramil 08/Danau Teluk Dampingi Lurah Buka Liga Super Pasir Panjang

Portal Militer

Kunjungi Muara Enim, Wakasad Tutup Resmi TMMD ke-120

Portal Militer

Jalin Kebersamaan, Satgas TMMD Kodim 0417/Kerinci Ajak Warga Bermain Voli

Portal Militer

Pendidikan Kecabangan Perwira Taruna Akmil Tingkat IV Ditutup Oleh Dankodiklat TNI AD