DPR Setuju KSAL Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI Jum’at Bersih, Babinsa Kelurahan Sungai Nibung Bersama Warga Gotong Royong Tempat Ibadah Dandim 0419 Tanjab Bekali Menwa Sultan Thaha Tentang Kepemimpinan Dandim 0416/Bute Serahkan Bantuan Semen dan Al-Quran Ke Ponpes Daarul Hafidz Al- Manshuriyah SATGAS YONIF 143/TWEJ AMANKAN WARGA KEMBALI KE KAMPUNG DISTRIK KIWIROK PEGUNUNGAN BINTANG, PAPUA

Home / Gema TNI / Nasional

Sabtu, 22 Januari 2022 - 09:46 WIB

Tim Medis KRI SHS-990 Selamatkan Nyawa Tiga Prajurit Peristiwa Maybrat

Sriwijayadaily

Tim Medis Tentara Nasional Indonesia (TNI AL) berhasil menyelamatkan nyawa tiga prajurit Yon Zipur 20/PPA TNI AD yang mengalami luka akibat tertembak oleh kelompok separatis Maybrat Papua Barat setelah dilakukan bantuan medis di atas KRI dr. Suharso (SHS)-990, Kamis (20/1/2022).
Dalam keterangan resmi Dispenal, Jumat(21/1/2022) menyebutkan KRI SHS-990 yang sandar di Dermaga Pelabuhan Umum Sorong ini merupakan Kapal Bantu Rumah Sakit TNI AL di bawah Jajaran Satban Koarmada II yang mendapat perintah Bawah Kendali Operasi (BKO) ke Koarmada III untuk mendukung pelaksanaan Operasi Cendrawasih Jaya-22.
Tim Medis KRI SHS-990 dengan sigap memberikan bantuan medis kepada tiga pasien rujukan yang merupakan personel TNI AD Anggota Yon Zipur 20/PPA. Mereka terluka akibat kontak tembak dengan kelompok separatis Maybrat di Distrik Aifat Timur, Kab. Maybrat, Papua Barat.
“Tindakan operasi pengangkatan proyektil dari tubuh korban tersebut dilaksanakan di Ruang OK KRI SHS-990 oleh tenaga medis gabungan dari Diskes Koarmada III, RSAL dr. R. Oetojo Lantamal XIV Sorong, RSUD Sorong, dan didampingi Tim Kesehatan KRI SHS-990,” kata Perwira Kesehatan KRI SHS-990, Letda Laut (K) Erwin.
“Setelah dilaksanakan operasi selama kurang lebih 6 jam seluruh proyektil yang bersarang di tubuh para korban berhasil diangkat dan saat ini kondisi korban sudah stabil dan akan dilaksanakan perawatan lanjutan di RSAL dr. Oetojo Lant XIV Sorong,” lanjut Letda Erwin.
Di tempat terpisah Panglima Koarmada II  Iwan Isnurwanto mengapresiasi kesigapan prajurit KRI SHS-990 dalam mendukung kegiatan tersebut.
Selain itu, seluruh unsur gelar Koarmada II yang sedang bertugas di daerah operasi harus selalu siap melaksanakan tugas pokok TNI sesuai fungsi azasi masing-masing.
Menurutnya, apa yang ditunjukkan oleh  Tim Medis KRI SHS-990 tersebut membuktikan soliditas TNI selalu dijalankan seluruh personel TNI AL sebagai bentuk implementasi dari perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono agar menjalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dan kesemestaan.
Baca :  Pangdam XVII/Cenderawasih Dan Bupati Borong Dagangan Mama Papua di Kenyam

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Kemenkes Siapkan 340 Pos Kesehatan di Jalur Mudik

Gema TNI

Jalin Kemitraan, Dandim 0415/Jambi Terima Kunjungan Silaturahmi Dari PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk Jambi

Gema TNI

Danrem 041/Gamas Tinjau Baksos Penanganan Stunting Dan TNI Manunggal KB Kes Kodim 0408/BS

Gema TNI

Semarak HUT Ke-77 TNI, Dandim 1703/Deiyai Buka Lomba Tari Yospan

Gema TNI

Indonesia-Australia Sepakat Tingkatkan Kerjasama Kedua Angkatan Darat

Gema TNI

Danrem 042/Gapu Pimpin Laporan Korps Kenaikan Pangkat

Gema TNI

Perkuat Sinergitas, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono Berkunjung Ke Gubernur Jambi

Gema TNI

Indonesia Maju, Dandim OKU Tinjau Gebyar Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun