38 Perwira Tinggi TNI Dimutasi, Wakasad sampai Danjen Kopassus Berganti TMMD Ke-119 Kodim 0432/Basel Resmi Dibuka Kodim 0416/Bute Aktif Bantu Korban Banjir di Kabupaten Bungo dan Kabupaten Tebo Perkuat Kapasitas Indonesia Hadapi Bencana, TNI AD Kolaborasi Dengan BNPB Terima Kunjungan Panglima Angkatan Bersenjata Australia, Ini Komitmen Panglima TNI

Home / Nasional / Warta TNI

Sabtu, 22 Januari 2022 - 09:46 WIB

Tim Medis KRI SHS-990 Selamatkan Nyawa Tiga Prajurit Peristiwa Maybrat

Sriwijayadaily

Tim Medis Tentara Nasional Indonesia (TNI AL) berhasil menyelamatkan nyawa tiga prajurit Yon Zipur 20/PPA TNI AD yang mengalami luka akibat tertembak oleh kelompok separatis Maybrat Papua Barat setelah dilakukan bantuan medis di atas KRI dr. Suharso (SHS)-990, Kamis (20/1/2022).
Dalam keterangan resmi Dispenal, Jumat(21/1/2022) menyebutkan KRI SHS-990 yang sandar di Dermaga Pelabuhan Umum Sorong ini merupakan Kapal Bantu Rumah Sakit TNI AL di bawah Jajaran Satban Koarmada II yang mendapat perintah Bawah Kendali Operasi (BKO) ke Koarmada III untuk mendukung pelaksanaan Operasi Cendrawasih Jaya-22.
Tim Medis KRI SHS-990 dengan sigap memberikan bantuan medis kepada tiga pasien rujukan yang merupakan personel TNI AD Anggota Yon Zipur 20/PPA. Mereka terluka akibat kontak tembak dengan kelompok separatis Maybrat di Distrik Aifat Timur, Kab. Maybrat, Papua Barat.
“Tindakan operasi pengangkatan proyektil dari tubuh korban tersebut dilaksanakan di Ruang OK KRI SHS-990 oleh tenaga medis gabungan dari Diskes Koarmada III, RSAL dr. R. Oetojo Lantamal XIV Sorong, RSUD Sorong, dan didampingi Tim Kesehatan KRI SHS-990,” kata Perwira Kesehatan KRI SHS-990, Letda Laut (K) Erwin.
“Setelah dilaksanakan operasi selama kurang lebih 6 jam seluruh proyektil yang bersarang di tubuh para korban berhasil diangkat dan saat ini kondisi korban sudah stabil dan akan dilaksanakan perawatan lanjutan di RSAL dr. Oetojo Lant XIV Sorong,” lanjut Letda Erwin.
Di tempat terpisah Panglima Koarmada II  Iwan Isnurwanto mengapresiasi kesigapan prajurit KRI SHS-990 dalam mendukung kegiatan tersebut.
Selain itu, seluruh unsur gelar Koarmada II yang sedang bertugas di daerah operasi harus selalu siap melaksanakan tugas pokok TNI sesuai fungsi azasi masing-masing.
Menurutnya, apa yang ditunjukkan oleh  Tim Medis KRI SHS-990 tersebut membuktikan soliditas TNI selalu dijalankan seluruh personel TNI AL sebagai bentuk implementasi dari perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono agar menjalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dan kesemestaan.
Baca :  Panglima TNI Cek Kesiapan Pasukan Elit TNI AL Di Cilandak

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Danramil Jambi Selatan Lakukan Pendampingan Pemberian Santunan Korban Kebakaran

Warta TNI

Satgas Pamtas Yonif 123/Rajawali Bangun Garasi Parkir Masjid Di Perbatasan RI-PNG

Warta TNI

Dandim 0408/BS Pimpin Upacara Bendera Bulanan Dan Pelepasan Purna Tugas Prajurit

Warta TNI

Wakasad Cek Kesiapan Operasi Yonif Raider 300/Brajawijaya

Kodim 0415 Jambi

Kodim 0415/Jambi Launching Program TNI AD Manunggal Air Tahun 2024

Warta TNI

Semangat Gotong-royong Anggota Satgas TMMD Kodim Bute Bersama Warga Renovasi RTLH

Warta TNI

Kasad Sematkan Tanda Kehormatan Bintang Kartika Eka Pakci Utama kepada Menhan RI

Warta TNI

Pastikan Tepat Sasaran, Dandim 0421/LS Meninjau Program Bedah Rumah Tidak Layak Huni