Komsos Sebagai Sarana Babinsa Untuk Jalin Silaturahmi Hari Libur, Babinsa Koramil 09/TP Tetap Bina Kemanunggalan TNI-Rakyat Pabung Muaro Jambi Hadiri Pelantikan Anggota PPS Untuk Pilkada Serentak 2024 KRI Diponogoro-365 Laksanakan Gunnery Exercise DI Zona Barbara, Laut Mediterania Unik & Menarik, Tertib Antrian Angkong Saat Pengecoran Tetap Rapi

Home / Nasional / Portal Militer

Sabtu, 22 Januari 2022 - 09:46 WIB

Tim Medis KRI SHS-990 Selamatkan Nyawa Tiga Prajurit Peristiwa Maybrat

Sriwijayadaily

Tim Medis Tentara Nasional Indonesia (TNI AL) berhasil menyelamatkan nyawa tiga prajurit Yon Zipur 20/PPA TNI AD yang mengalami luka akibat tertembak oleh kelompok separatis Maybrat Papua Barat setelah dilakukan bantuan medis di atas KRI dr. Suharso (SHS)-990, Kamis (20/1/2022).
Dalam keterangan resmi Dispenal, Jumat(21/1/2022) menyebutkan KRI SHS-990 yang sandar di Dermaga Pelabuhan Umum Sorong ini merupakan Kapal Bantu Rumah Sakit TNI AL di bawah Jajaran Satban Koarmada II yang mendapat perintah Bawah Kendali Operasi (BKO) ke Koarmada III untuk mendukung pelaksanaan Operasi Cendrawasih Jaya-22.
Tim Medis KRI SHS-990 dengan sigap memberikan bantuan medis kepada tiga pasien rujukan yang merupakan personel TNI AD Anggota Yon Zipur 20/PPA. Mereka terluka akibat kontak tembak dengan kelompok separatis Maybrat di Distrik Aifat Timur, Kab. Maybrat, Papua Barat.
“Tindakan operasi pengangkatan proyektil dari tubuh korban tersebut dilaksanakan di Ruang OK KRI SHS-990 oleh tenaga medis gabungan dari Diskes Koarmada III, RSAL dr. R. Oetojo Lantamal XIV Sorong, RSUD Sorong, dan didampingi Tim Kesehatan KRI SHS-990,” kata Perwira Kesehatan KRI SHS-990, Letda Laut (K) Erwin.
“Setelah dilaksanakan operasi selama kurang lebih 6 jam seluruh proyektil yang bersarang di tubuh para korban berhasil diangkat dan saat ini kondisi korban sudah stabil dan akan dilaksanakan perawatan lanjutan di RSAL dr. Oetojo Lant XIV Sorong,” lanjut Letda Erwin.
Di tempat terpisah Panglima Koarmada II  Iwan Isnurwanto mengapresiasi kesigapan prajurit KRI SHS-990 dalam mendukung kegiatan tersebut.
Selain itu, seluruh unsur gelar Koarmada II yang sedang bertugas di daerah operasi harus selalu siap melaksanakan tugas pokok TNI sesuai fungsi azasi masing-masing.
Menurutnya, apa yang ditunjukkan oleh  Tim Medis KRI SHS-990 tersebut membuktikan soliditas TNI selalu dijalankan seluruh personel TNI AL sebagai bentuk implementasi dari perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono agar menjalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dan kesemestaan.
Baca :  9 Perwira Remaja Ikuti Tradisi Penerimaan Warga Yonif 147/ KGJ

Share :

Baca Juga

Nasional

The easiest method to Contact Oriental Women

Portal Militer

Tumbuhkan Rasa Kekompakan dan Disiplin, Babinsa Koramil 10/Jambi Selatan Latih PBB Siswa

Nasional

Bertemu Panglima TNI, Bamsoet Dukung Kebijakan Panglima TNI di Papua

Portal Militer

Dandim 0409/RL Gelar Halal Bihalal Secara Sederhana

Portal Militer

Dandim 0416/Bute Ingatkan Generasi Muda Pentingnya Pendidikan Karakter Serta Wawasan Kebangsaan

Daerah

MY Bersama Anggota Dewan Pengawas BPKH RI Bahas Kerja Sama Pengelolaan Dana Haji

Portal Militer

TNI Dan TDM Patroli Bersama Patok Batas Negara RI-Malaysia

Portal Militer

Danrem 174/ATW Pimpin Serah Terima Jabatan Dandim 1711/Boven Digoel