Tangkal Praktik Judi Online: Kodim 0420/Sarko Intensifkan Pemeriksaan HP Anggota Nyanyian Tank Yonkav 5/DPC Getarkan Bumi Baturaja Upacara Pengibaran Bendera Bulanan di Korem 041/Gamas: Memupuk Patriotisme dan Kesiapsiagaan Nasional Danrem 043/Gatam Dukung dan Sukseskan Program PAT Provinsi Lampung Kapten Inf Sobirin Tinjau Progres Pra TMMD di Desa Suka Maju

Home / Portal Militer

Minggu, 16 Juni 2024 - 20:00 WIB

TNI AL Gagalkan Upaya Penyelundupan Ribuan Baby Lobster di Cilacap

CILACAP – Tim Second Fleet Quick Response (SFQR) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cilacap, bekerja sama dengan tim PSDKP Cilacap, berhasil menggagalkan upaya penyelundupan ribuan baby lobster di wilayah Kecamatan Jeruklegi, Cilacap, Jawa Tengah pada hari Rabu, 12 Juni 2024 lalu.

Operasi ini dimulai setelah tim SFQR Lanal Cilacap dan PSDKP Cilacap melakukan penyelidikan intensif di sepanjang pantai Menganti Rawajarit Karangkandri Cilacap. Mereka berhasil melacak dan mengidentifikasi sebuah mobil yang diduga digunakan untuk mengangkut baby lobster ilegal keluar dari Cilacap.

Baca :  Tak Mengenal Waktu Dan Tempat, Babinsa Selalu Hadir Ditengah Masyarakat

Saat mobil Mitsubishi Strada Dobel cabin dengan nomor polisi Z 8933 UO berhenti di Lampu Merah Proliman Jeruklegi, tim SFQR segera melancarkan penyergapan. Hasil dari penggerebekan ini adalah penangkapan satu tersangka berinisial F.A.S (31 tahun) asal Tasikmalaya, beserta barang bukti berupa 16.000 ekor baby lobster yang terdiri dari 2.400 ekor jenis mutiara dan 13.600 ekor jenis pasir, yang dikemas dalam 16 kotak.

Baca :  Pangdam Mayjen TNI M. Naudi Nurdikan Tinjau Hasil Karya Kreatif Prajurit Paldam II/Sriwijaya

Dalam pengembangan lebih lanjut, tersangka mengaku bahwa dirinya bertindak sebagai kurir atas perintah seseorang berinisial O di Pangandaran, dengan imbalan antara Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000 per pengiriman. Seluruh barang bukti dan tersangka telah diserahkan dari Lanal Cilacap kepada PSDKP Kabupaten Cilacap untuk proses penyidikan lebih lanjut.

Dalam keterangannya, Danlanal Cilacap Kolonel Laut (P) Robby Edevaldo menyatakan bahwa tugas SFQR Lanal Cilacap adalah mengawasi dan menindak segala bentuk penyelundupan benih lobster di wilayah kerjanya, sesuai dengan regulasi yang berlaku guna menjaga keberlanjutan sumber daya laut.

Baca :  Upacara Pengibaran Bendera Bulanan di Korem 041/Gamas: Memupuk Patriotisme dan Kesiapsiagaan Nasional

Operasi ini merupakan bagian dari upaya TNI AL dalam memperketat pengawasan terhadap eksploitasi ilegal sumber daya laut, sejalan dengan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 7 tahun 2024 tentang pengelolaan lobster, kepiting, dan rajungan. Langkah ini menegaskan komitmen TNI AL untuk melindungi kekayaan alam Indonesia dan mencegah praktik ilegal yang merugikan lingkungan laut.**

Sumber : Puspen TNI

Share :

Baca Juga

Portal Militer

Prajurit Rusa Hitam 721 Hadir Perbaiki Rumah Warga

Portal Militer

Apresiasi Pengerjaan RTLH, Kades Sumaja Makmur Ajak Masyarakat Agar Berperan Aktif

Portal Militer

Kodim 0419/Tanjab Gelar Pembinaan Netralitas TNI Dalam Pemilu dan Pilkada 2024

Portal Militer

Sambut Bulan Ramadhan, Persit Yonif 147/KGJ Laksanakan Jum’at Berkah Pemberian Sembako Kepada Purnawirawan TNI

Binter

Pembangunan Sumur Bor TMMD Kodim 0415/Jambi di Desa Suka Maju Membawa Harapan Baru bagi Masyarakat

Portal Militer

Turnamen Tenis Lapangan Dandim 0416/Bute Cup Resmi Dibuka

Portal Militer

Langkah Cepat Kodim 0416/Bute Dirikan Dapur Umum Bantu Korban Banjir

Portal Militer

Panglima TNI Pantau Situasi Kamtibmas Malam Pergantian Tahun 2023