Jumlah Masyarakat Kembali ke Yigi Semakin Bertambah, Ini Pesan Danrem 172/PWY Pengesahan RKUHP Meresahkan Kalangan Pers, SMSI akan Menggugat Melalui MK Kodam Cenderawasih Raih Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik TNI AD Selalu Ada untuk Rakyat : Bantuan Kasad Sampai ke Tenda Pengungsi Korban Gempa Bumi Cianjur Panglima TNI Terima Kunjungan Kehormatan Panglima Angkatan Bersenjata Diraja Brunei

Home / Gema TNI

Kamis, 20 Januari 2022 - 17:05 WIB

TNI Berbagi Ide, Agar Masyarakat Papua Lebih Produktif

SRIWIJAYADAILY

Dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah Lanny Jaya, Satgas Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad Pos Tiom melaksanakan pelatihan Bapak-bapak warga Kampung Konikme Distrik Tiom Lanny Jaya Kabupaten Lanny Jaya Papua untuk memanfaatkan potensi alam berupa kayu menjadi kerajinan rumah tangga yang bernilai ekonomis.

Hal tersebut disampaikan oleh Danpos Tiom Satgas Yonif MR 412 Kostrad Kapten Inf Firnando Sanjaya, S.T., Han dalam keterangannya melalui rilis tertulis Pendam XVII/Cenderawasih, Kamis (20/1/2022).

Kapten Inf Firnando Sanjaya, S.T., Han mengatakan selain menjaga stabilitas keamanan yang menjadi tugas TNI, juga membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Papua khususnya yang berada di wilayah Lanny Jaya dengan memanfaatkan potensi atau sumber alam yang ada.

Baca :  Kunjungi Yonif Raider 142/KJ, Ini Pesan Pangdam II/Swj

“Kali ini Pos Tiom yang dipimpin oleh Letda Inf Abdul Rahim Harahap, S.Tr., Han telah memberikan bukti bahwa kayu yang merupakan potensi yang sangat tinggi di Papua dapat diolah menjadi kerajinan rumah tangga yang memiliki nilai ekonomi yang cukup baik,” ungkap Danpos Tiom.

Baca :  Dongkrak Sektor Pariwisata, Investasi dan Bisnis di Kepri, Imigrasi Luncurkan Multiple Entry Visa

“Kami memberikan beberapa ide bagaimana bahan pokok kayu ini dapat diolah menjadi bingkai dudukan pot bunga yang indah. Tak kalah unik, beberapa ide kami latihkan bagaimana cara membuat rak sepatu dan lemari pakaian yang terlihat sederhana namun minimalis terlihat mewah, sehingga pakaian bisa disusun rapi dilemari,” tambah Kapten Inf Firnando.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa masih banyak lagi kerajinan rumah tangga lainnya yang diberikan kepada warga.

“Karena kita ketahui bersama bahwa potensi di Papua ini sangat baik dan bervariasi, sehingga peluang usaha ini baik untuk dijadikan mata pencaharian baru bagi masyarakat Papua,” jelasnya

Baca :  Dandim 0415/Jambi : Program TMMD Harus Dapat Dirasakan Manfaatnya Oleh Masyarakat

Sementara itu Yakub Jawiluk Kogoya salah satu tokoh masyarakat yang turut dalam kegiatan tersebut mengaku senang dan mendapatkan ide yg baik dalam mengolah kayu.

“Saya sangat senang karena kayu-kayu ini dapat dijadikan barang kerajinan rumah tangga yang sangat bermanfaat bagi masyarakat bahkan bisa dijual,” pungkas Yakub Jawiluk. (**)

Share :

Baca Juga

Gema TNI

Program TMMD Dapat Memperkuat Nilai-nilai Pancasila lewat Gotong Royong di Tengah Masyarakat 

Gema TNI

Tim Sterad Bersama Kodim 0415/Jambi Gelar Survey Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Babinsa

Gema TNI

Binsiap Apwil dan Puanter Kodim 1709/Yawa Ditinjau Tim Asnis Dari Pusterad

Gema TNI

Membangun Kampung, Babinsa Imbau Pemuda Jauhi Miras Dan Pergaulan Bebas

Gema TNI

Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142 Sambut Kedatangan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Yalimo

Gema TNI

Danrem 042/Gapu Ikuti Upacara Hari Kemerdekaan RI Tahun 2022

Gema TNI

Lepas Anggota Pindah Satuan, Ini Pesan Dandim 0416/Bute

Gema TNI

Kasad Terima Laporan Kenaikan Pangkat 22 Pati TNI AD