Dandim 0415/Jambi Bersama Forkopimda Kota Jambi Gaungkan Gerakan Ayo Menanam Koramil Telanaipura Bertekad Gaungkan Program Gerakan Ayo Menanam Pabung Muaro Jambi Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah Stabilkan Harga Sembako Jelang Ramadhan, Dandim 0416/Bute Bersama Forkopimda Buka Pasar Murah TNI Akan Bangun 22 Kodam Baru

Home / Warta TNI

Kamis, 20 Januari 2022 - 17:05 WIB

TNI Berbagi Ide, Agar Masyarakat Papua Lebih Produktif

SRIWIJAYADAILY

Dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah Lanny Jaya, Satgas Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad Pos Tiom melaksanakan pelatihan Bapak-bapak warga Kampung Konikme Distrik Tiom Lanny Jaya Kabupaten Lanny Jaya Papua untuk memanfaatkan potensi alam berupa kayu menjadi kerajinan rumah tangga yang bernilai ekonomis.

Hal tersebut disampaikan oleh Danpos Tiom Satgas Yonif MR 412 Kostrad Kapten Inf Firnando Sanjaya, S.T., Han dalam keterangannya melalui rilis tertulis Pendam XVII/Cenderawasih, Kamis (20/1/2022).

Kapten Inf Firnando Sanjaya, S.T., Han mengatakan selain menjaga stabilitas keamanan yang menjadi tugas TNI, juga membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Papua khususnya yang berada di wilayah Lanny Jaya dengan memanfaatkan potensi atau sumber alam yang ada.

Baca :  Peduli Petugas PAM Nataru, Dandim 0416/Bute Bersama Forkopimda Tebo Berikan Bingkisan

“Kali ini Pos Tiom yang dipimpin oleh Letda Inf Abdul Rahim Harahap, S.Tr., Han telah memberikan bukti bahwa kayu yang merupakan potensi yang sangat tinggi di Papua dapat diolah menjadi kerajinan rumah tangga yang memiliki nilai ekonomi yang cukup baik,” ungkap Danpos Tiom.

Baca :  Kodim Jambi Gelar Doa Bersama Jelang Pergantian Tahun Baru 2024

“Kami memberikan beberapa ide bagaimana bahan pokok kayu ini dapat diolah menjadi bingkai dudukan pot bunga yang indah. Tak kalah unik, beberapa ide kami latihkan bagaimana cara membuat rak sepatu dan lemari pakaian yang terlihat sederhana namun minimalis terlihat mewah, sehingga pakaian bisa disusun rapi dilemari,” tambah Kapten Inf Firnando.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa masih banyak lagi kerajinan rumah tangga lainnya yang diberikan kepada warga.

“Karena kita ketahui bersama bahwa potensi di Papua ini sangat baik dan bervariasi, sehingga peluang usaha ini baik untuk dijadikan mata pencaharian baru bagi masyarakat Papua,” jelasnya

Baca :  Tumbuhkan Cinta Tanah Air, Dandim 0417/Kerinci Berikan Wawasan Kebangsaan

Sementara itu Yakub Jawiluk Kogoya salah satu tokoh masyarakat yang turut dalam kegiatan tersebut mengaku senang dan mendapatkan ide yg baik dalam mengolah kayu.

“Saya sangat senang karena kayu-kayu ini dapat dijadikan barang kerajinan rumah tangga yang sangat bermanfaat bagi masyarakat bahkan bisa dijual,” pungkas Yakub Jawiluk. (**)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Pangdam XVII/Cenderawasih Terima Kunker Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura

Warta TNI

Satbravo 90 Kopasgat TNI AU Force Integration Training Malindo 11AB/2023

Warta TNI

Danramil Jambi Selatan Hadiri Pelepasan Pawai Ta’aruf Kafilah MTQ Tingkat Kecamatan

Warta TNI

Danrem 045/Gaya Pimpin Rakor Penghijauan dan Pemanfaatan Lahan Tidur di Wilayah Babel

Warta TNI

Akhirnya Warga Kembang Seri Baru Bisa Merasakan Kesegaran Air Bersih Program TMMD

Warta TNI

Prajurit Kodim 0403/OKU Ajak Warga Bersihkan Mushola

Warta TNI

Satgas TNI 405/SK Hadir Sebagai Saudara Dalam Suka Dan Duka

Warta TNI

Jelang Purna Tugas Kapten Sartono, Koramil Jambi Timur Gelar Silaturahmi dan Makan Malam Bersama