Sambut Idul Adha, Babinsa Desa Baru Amankan Pawai Obor dan Takbir Keliling Komitmen Alumni AKABRI ’94 dalam Mengatasi Stunting di Kalimantan Barat Prajurit Satgas Yonif 125/SMB Terangi Jembatan dan Dermaga di Kampung Yagatsu, Papua Prajurit TNI Rebut Distrik Bibida dari OPM dengan Tindakan Profesional dan Kemanusiaan TNI AL Gagalkan Upaya Penyelundupan Ribuan Baby Lobster di Cilacap

Home / Portal Militer

Kamis, 20 Januari 2022 - 17:05 WIB

TNI Berbagi Ide, Agar Masyarakat Papua Lebih Produktif

SRIWIJAYADAILY

Dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah Lanny Jaya, Satgas Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad Pos Tiom melaksanakan pelatihan Bapak-bapak warga Kampung Konikme Distrik Tiom Lanny Jaya Kabupaten Lanny Jaya Papua untuk memanfaatkan potensi alam berupa kayu menjadi kerajinan rumah tangga yang bernilai ekonomis.

Hal tersebut disampaikan oleh Danpos Tiom Satgas Yonif MR 412 Kostrad Kapten Inf Firnando Sanjaya, S.T., Han dalam keterangannya melalui rilis tertulis Pendam XVII/Cenderawasih, Kamis (20/1/2022).

Kapten Inf Firnando Sanjaya, S.T., Han mengatakan selain menjaga stabilitas keamanan yang menjadi tugas TNI, juga membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Papua khususnya yang berada di wilayah Lanny Jaya dengan memanfaatkan potensi atau sumber alam yang ada.

Baca :  Pangdivif 2 Kostrad Ingatkan Prajurit Putra Yudha Jangan Disia-siakan Waktu Untuk Ibadah

“Kali ini Pos Tiom yang dipimpin oleh Letda Inf Abdul Rahim Harahap, S.Tr., Han telah memberikan bukti bahwa kayu yang merupakan potensi yang sangat tinggi di Papua dapat diolah menjadi kerajinan rumah tangga yang memiliki nilai ekonomi yang cukup baik,” ungkap Danpos Tiom.

Baca :  Dandim 0404/Muara Enim Imbau Warga Waspada Banjir

“Kami memberikan beberapa ide bagaimana bahan pokok kayu ini dapat diolah menjadi bingkai dudukan pot bunga yang indah. Tak kalah unik, beberapa ide kami latihkan bagaimana cara membuat rak sepatu dan lemari pakaian yang terlihat sederhana namun minimalis terlihat mewah, sehingga pakaian bisa disusun rapi dilemari,” tambah Kapten Inf Firnando.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa masih banyak lagi kerajinan rumah tangga lainnya yang diberikan kepada warga.

“Karena kita ketahui bersama bahwa potensi di Papua ini sangat baik dan bervariasi, sehingga peluang usaha ini baik untuk dijadikan mata pencaharian baru bagi masyarakat Papua,” jelasnya

Baca :  172 Pasukan Penjaga Perdamaian Dunia KIZI TNI Kontingen Garuda XX-T Monusco Tiba Di Indonesia

Sementara itu Yakub Jawiluk Kogoya salah satu tokoh masyarakat yang turut dalam kegiatan tersebut mengaku senang dan mendapatkan ide yg baik dalam mengolah kayu.

“Saya sangat senang karena kayu-kayu ini dapat dijadikan barang kerajinan rumah tangga yang sangat bermanfaat bagi masyarakat bahkan bisa dijual,” pungkas Yakub Jawiluk. (**)

Share :

Baca Juga

Portal Militer

Ratusan Prajurit dan PNS Jajaran Korem 042/Gapu Ikuti Pembekalan dan Persiapan Pensiunan Oleh PT. Asabri

Portal Militer

Danramil Labuhan Ratu Apresiasi Kegiatan Home Care dan Pengobatan Gratis

Portal Militer

Danrem 023/KS Pimpin Apel Pengecekan Pasukan Pengamanan Pam VVIP Kunker Presiden RI

Portal Militer

Panglima TNI Gelar Kegiatan Silaturahmi Bersama Alumni Lemhannas

Portal Militer

Manfaatkan Potensi Wilayah, Babinsa Bantu Nelayan Kep. Numfor

Portal Militer

Kodim 0415/Jambi Gelar Pembinaan Ketahanan Pangan

Portal Militer

Kunker Ke Nabire, Pangdam XVll/Cendrawasih Tinjau Sarpras Dan Beri Pengarahan Kepada Prajurit Serta Persit

Portal Militer

Melalui Komsos, Babinsa Sosialisasikan Prokes Di Kampung Kemon Jaya