Kasad : Semoga 89 Sumber Air Bersih Ini Dapat Menyokong Sustainabilitas Kehidupan Rakyat Kaltim 38 Perwira Tinggi TNI Dimutasi, Wakasad sampai Danjen Kopassus Berganti TMMD Ke-119 Kodim 0432/Basel Resmi Dibuka Kodim 0416/Bute Aktif Bantu Korban Banjir di Kabupaten Bungo dan Kabupaten Tebo Perkuat Kapasitas Indonesia Hadapi Bencana, TNI AD Kolaborasi Dengan BNPB

Home / Daerah

Senin, 22 November 2021 - 12:53 WIB

Tuan Rumah ICCF 2021, Ini 5 Rekomendasi Pusat Oleh-oleh Khas Riau di Pekanbaru

SRIWIJAYADAILY

Provinsi Riau dipercaya menjadi tuan rumah Indonesia Crative Cities Festival (ICCF) yang akan digelar pada 25-29 November mendatang.

Lokasi acaranya bakal dipusatkan di Taman Wisata Alam Mayang, Kota Pekanbaru. Tentunya akan banyak kegiatan yang akan digelar pada iven bergengsi tersebut.

Selain masyarakat Riau yang akan mengikutinya, beberapa Menteri Indonesia Kabinet Maju dan sejumlah Kepala Daerah Gubernur, Bupati, dan Wali Kota akan berkunjung ke Bumi Lancang Kuning pada iven ini.

Biasanya, saat berkunjung ke suatu daerah, tak sedikit orang akan mencari sesuatu yang akan dibawa pulang sebagai buah tangan untuk dibagikan kepada orang terkasih.

Di Provinsi Riau khususnya Kota Pekanbaru, selain menjadi tujuan tamu ICCF 2021, kota ini juga merupakan tujuan bisnis. Beragam destinasi wisata, pusat kuliner, hingga berburu souvenir khas Riau pun ada di Kota Madani ini.

Disini, kami akan merekomendasikan lima pusat oleh-oleh khas Riau yang ada di Kota Pekanbaru yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Pertama, Pasar Wisata Pasar Bawah

Destinasi ini merupakan pasar tradisional yang telah disulap menjadi pasar wisata. Lokasinya di Jalan Ahmad Yani, merupakan pusat oleh-oleh khas Pekanbaru terlengkap. Terlebih lagi pasar bawah juga terkenal dengan barang-barang impor nya yang murah.

Baca :  Lepas Atlet Dayung Ikuti BK PON XXI, Budi Setiawan Berharap Dayung Bisa Mendulang Emas

Tidak hanya itu, di Pasar Wisata Pasar Bawah Pekanbaru juga terdapat berbagai macam buah tangan yang dapat dibawa ke luar kota sebagai oleh-oleh. Ada banyak jenis makanan seperti bolu kemojo, kacang pukul, berbagai souvenir unik, batik khas Riau, hingga perlengkapan rumah tersedia di sana.

Sehingga tak salah jika ada yang menyebut Pasar Bawah merupakan surga belanja, karena para pengunjungnya tidak hanya berasal dari Kota Pekanbaru saja tapi juga hingga ke negeri jiran seperti Malaysia dan Singapura.

Salah seorang warga Kuantan Singingi (Kuansing) yang berprofesi guru di Sekolah Dasar di Kecamatan Benai, Armi Sedra mengaku sering mengunjungi Pasar Wisata Pasar Bawah Pekanbaru.

Ia mengatakan, jika mempunyai waktu luang, dirinya dan keluarganya pergi ke Kota Pekanbaru dan tidak lupa berkunjung ke Pasar Wisata Pasar Bawah Pekanbaru.

“Dipasar bawah kami membeli oleh-oleh, makanan dan pakaian,” kata Armi Sedra saat di jumpai di Pekanbaru, Ahad (21/11/21).

“Selain harganya yang terjangkau, oleh-oleh khas Riau yang ada di Pasar Wisata Pasar Bawah Pekanbaru pun juga lengkap, harganya bervariasi mulai dari belasan ribu hingga harga ratusan rupiahpun ada disana,” tambahnya.

Baca :  Wujudkan Provinsi Jambi yang Berprestasi, Budi Setiawan Ajak Seluruh Pengurus KONI Selalu Jaga Kekompakan

Kedua, Nadhira Napoleon 

Buat yang mencari oleh-oleh, Nadhira Napolen juga bisa menjadi pilihan yang sering disambangi pelancong. Toko ini merupakan tempat mencari oleh-oleh khas Riau terbesar dan terlengkap di Kota Bertuah.

Beberapa oleh-oleh khas Pekanbaru bisa ditemukan di toko ini yang menyediakan kue talam durian, bolu kemojo, kacang pukul, dan makanan khas lainnya. Tidak hanya itu, disini juga tersedia makanan khas daerah lain.

Ketiga, De Klepper Pie

Toko pie satu ini tak jarang diburu wisatawan ataupun masyarakat pribumi. Selain memiliki rasa yang enak untuk hidangan pertemuan, Klepper Pie Pekanbaru ini juga cocok dijadikan buah tangan saat berkunjung di Negeri Melayu. Lokasi berada di Jalan Sumatera, Pekanbaru.

Pie disini disajikan dengan topping cokelat original dan ada juga coklat dicampur, pisang, strawberry, keju, buah, almond, dan topping tiramisu.

Keempat, Rumah Kue Viera

Sama halnya dengan kedai oleh-oleh lainnya. Rumah Kue Viera berada di Jalan Melati Panam persisnya didepan Jalan Naga Sakti atau Stadion Utama. Menyediakan berbagai makanan khas yang ada di Provinsi Riau.

Bahkan, Brownies, Kue Tiramisu, Soes Kering, Cake Pudding Rasa Ice Cream Brulle Pekanbaru, D’Mimon, Adinan Mondek, JPI Puding, Brownies Puding Dapur Bunda, Keripik Keroyokan, hingga Basreng Uni Oni juga dapat dijumpai disana.

Baca :  Bencana Banjir Awal Tahun di Kerinci dan Sungai Penuh, Ribuan Rumah di 9 Kecamatan Terendam

Kelima, Kembang Sari

Berada di tengah pusat kota, Jalan Sudirman Pekanbaru, Kembang Sari Toko Oleh-Oleh bisa menjadi tujuan untuk berbelanja buah tangan. Merupakan salah satu pusat oleh-oleh Pekanbaru, dimana wisatawan yang datang ke Riau akan menemukan berbagai oleh-oleh khas mulai dari lempuk durian, dodol kedondong, bolu kemojo, aneka keripik buah dan berbagai pilihan oleh-oleh lainnya dengan cita rasa nikmat.

Sementara itu, warga asal Provinsi Jambi, Andi merasa senang berada di Kota Pekanbaru. Selain berwisata di Bumi Lancang Kuning, Andi mengaku kuliner yang ada di Riau juga enak dengan cita rasa khas Melayu.

“Di Pekanbaru banyak makanan yang enak-enak,” ujarnya.

Ia menceritakan saat berkunjung ke salah satu kedai oleh-oleh khas Pekanbaru. Disana, Andi melihat orang Melayu yang menjadi karyawan toko ramah-tamah.

“Orang Melayu Riau ini terkenal dengan ramahnya ya,” Andi menuturkan.

Ia berharap, dilain waktu bisa kembali berkunjung ke Riau dan menikmati wisata alam dan kuliner yang ada di Bumi Lancang Kuning.

Share :

Baca Juga

Daerah

Pemilik Kebun di Minas Tewas Diinjak Gajah

Daerah

Capai Target 10 Besar PON XX Papua, Gubernur Apresiasi Kontingen Riau

Daerah

Ini Kisah Bripka Ripal Bopong Remaja Lumpuh Berobat ke Rumah Sakit

Daerah

Banjir Sekadau, Kalimantan Barat, Satu Warga Meninggal Dunia

Daerah

Prihatin Dampak Batubara, SAH Usulkan Pengurangan Kuota Produksi dan Pembatasan Jumlah Angkutan

Daerah

Kontingen Jambi Sementara Berada di Peringkat 5 besar Porwil XI Sumatra 2023

Daerah

Update: Sebanyak 257 Rumah Rusak Terdampak Gempa Bumi M 6.6 di Banten

Daerah

Budi Setiawan Ajak KB Aritonang Ompusunggu Kota Jambi Menjaga Hubungan Kekeluargaan yang Harmonis