Progres Pembangunan Musholla Desa Fajar Indah Sudah Tahapan Pengecatan Usung Nuansa Dan Konsep Minimalis, Ini Penampakan RTLH TMMD Kodim 0404/Muara Enim Kades Fajar Indah Apreasiasi Pembangunan RTLH Satgas TMMD Kodim 0404/Muara Enim Barisan Keluarga Budi Setiawan Luncurkan Posko Kemenangan Pilwako Jambi 2024 Wakasad : Pembangunan Satuan Krusial Bagi Pengembangan Kekuatan Pertahanan

Home / Warta TNI

Rabu, 10 November 2021 - 17:14 WIB

Upacara Hari Pahlawan 10 November 2021 di Mabes TNI

SRIWIJAYADAILY

Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Mabes TNI melaksanakan upacara bendera dan mengheningkan cipta peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021, dengan Inspektur Upacara Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI Mayjen TNI Sapriadi, S.I.P., M.Si., bertempat di Lapangan Upacara GOR A. Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (10/11/2021).

Dalam amanat tertulis Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Tri Rismaharini yang dibacakan oleh Mayjen TNI Sapriadi, S.I.P., M.Si., menyampaikan bahwa negeri ini mengalami penjajahan yang panjang dan menyakitkan. Berkali-kali pemberontakan lokal dikobarkan terhadap penjajah dalam kurun waktu 350 tahun, namun selalu mengalami kegagalan. “Ratusan tahun kita terpecah-pecah karena politik devide et impera atau politik adu domba. Kita sadar bahwa kita berbeda-beda, tetapi jangan sampai terpecah-pecah oleh perbedaan SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan), karena akan membuat mundur jauh ke era sebelum Sumpah Pemuda 1928,” ungkapnya.

Baca :  Pangdam Cenderawasih : Kodam Selalu Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat

“Kita harus terus menggelorakan semangat gotong royong serta Persatuan dan Kesatuan Indonesia. Perbedaan justru semakin memperkaya dan memperkuat kita, Bangsa Indonesia. Seraya mengembangkan toleransi terhadap perbedaan yang ada, dengan berdasar seloka: Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda namun tetap satu jua,” tegas Mensos.

“Kita harus lebih maju dari tahun sebelumnya, kita akan buktikan pada dunia, kalau bersama kita bisa mewujudkan cita-cita para Pahlawan. Karena kita bukan bangsa lemah, yang menerima kemerdekaan sebagai hadiah penjajah, secara bersama kita mengalahkan dan mengusir balatentara terkuat dunia,” kata Mensos RI.

Mensos RI juga menegaskan bahwa semangat, tekad dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi bersejarah mengalahkan musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinann dan kebodohan dalam arti yang luas. Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021 “Pahlawanku Inspirasiku”.

Baca :  Peringati HUT Ke-78, Persit Korem 042 Gelar Donor Darah

Dijelaskan Mensos bahwa Indonesia mempunyai potensi besar dalam memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan, karena Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah dan letak geografis yang strategis. Tantangan terbesar yang dihadapi yakni dibutuhkannya kerja keras secara berkelanjutan dengan didukung inovasi dan daya kreativitas yang tinggi, serta semangat kewirausahaan yang pantang menyerah.

“Dalam 20 tahun mendatang (2020-2040) kita akan memasuki bonus demografi, yaitu periode dimana angka dependency ratio mencapai angka minimal. Dalam periode ini, akan terdapat lebih banyak tenaga kerja produktif yang bermanfaat untuk memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan,” ujarnya.

Baca :  Relaksasi Pasca Pemilu, Pangdam II/Swj Boyong 689 KBT Nobar Madame Web

Mensos mengingatkan bahwa melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 ini, marilah kita jadikan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi di setiap langkah yang penuh dengan inovasi dan daya kreasi. Menurutnya, setiap orang bisa menjadi pahlawan di bidang apapun, dan bahkan bisa pula memulai dengan menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarganya dan komunitasnya, memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.

“Kita dan para pahlawan, tentu ingin anak-anak menjadi pemenang, tidak ada yang tidak bisa, asal kita mau atau tidak. Kobarkan semangat, tekad dan keyakinan para pahlawan, jadikanlah pahlawan sebagai inspirasi di setiap langkah kehidupan kita,” pungkasnya.

(Puspen TNI)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Serda Fadlansyah Anggota Brigif 8/GC Raih Medali Perunggu Festival Akuatik Indonesia 2023

Warta TNI

Brigjen TNI Ateng Karsoma Resmi Jabat Sebagai Direktur Hukum TNI AD, Ini Profilnya

Warta TNI

Kodam II/Swj Proses Hukum Oknum Anggota Desersi dan Diduga Menipu

Warta TNI

Tekan Angka Stunting, Babinsa Bersama PKM Gencar Sosialisasikan Pencegahannya

Warta TNI

Pangdam XVII/Cenderawasih Dukung Tim Investigasi HAM Dari Kemenkopolhukam

Warta TNI

Ramadan Kasih Sayang, Prajurit Yonif 147/KGJ Buka Puasa di Rumah Warga

Warta TNI

Kasdam II/Sriwijaya Terima Audiensi Tim Monev dan Sosialisasi Diklat Bela Negara

Warta TNI

Kasi Intel Korem 045/Gaya Hadiri Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas BNNP Babel