Kodim Jambi Gelar Komsos Dengan Komponen Bangsa Pasca Ledakan Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar, Polda Jambi Tingkatkan Pengamanan Satukan Komitmen, TNI AD Gelar Bimtek Penilaian Sistek Info Kotama dan Balakpus Pangdam XVII/Cenderawasih Buka Turnamen Bola Voli Dalam Rangka Hari Juang Kartika TNI-AD Tahun 2022 Lewat Adu Penalti, Maroko Usir Spanyol dari Piala Dunia 2022

Home / Regional

Sabtu, 6 November 2021 - 15:47 WIB

Workshop Meningkatkan Kemampuan Guru Menulis Artikel Berbasis PTK

SRIWIJAYADAILY

Pengabdian Masyarakat Guna Tingkatkan Kemampuan Guru
Dr. Dra. M. Dwi Wiwik Emawati, M.Kes. sebagai ketua pengesahan pengabdian kepada masyarakat mengadakan workshop dengan judul “Meningkatkan Kemampuan Guru Melalui Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas” di sekolah SMAN 2 Kota Sungai Penuh, Kerinci. Workshop ini direncanakan 1 kali pertemuan tatap muka kemudian dilanjutkan via online zoom meeting pada Oktober 2021.

Persiapan yang dilakukan untuk kegiatan ini meliputi, yakni survei kebutuhan mitra, survei awal dilakukan terhadap mitra untuk mengetahui permasalahan mitra yang ada di dalam SMAN 2 Kota Sungai Penuh. Data dari survei awal menjadi dasar untuk melakukan analisis situasi. Survei dilakukan dalam bentuk wawancara dengan salah satu guru di SMAN 2 Kota Sungai Penuh. Kemudian Penentuan masalah prioritas dan topik kegiatan, beberapa permasalahan yang ditemukan dianalisis untuk menentukan permasalahan prioritas yang akan diselesaikan dengan solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Masalah prioritas yang dipilih bersama mitra adalah peningkatan kemampuan menulis artikel ilmiah untuk publikasi pada jurnal ilmiah.

Baca :  Pererat Silaturahmi, Pengurus PWI Provinsi Jambi Audiensi ke Pengadilan Agama

Berdasarkan permasalahan yang dihadapi mitra maka solusi yang dapat ditawarkan pengusul pengabdian adalah dengan dilaksanakannya program pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan guru lebih paham dan giat untuk membuat artikel ilmiah yang mana akan meningkatan kompetensi dan daya literasi guru. Workshop ini juga akan dapat menambah wawasan dan latihan menulis artikel ilmiah yang mungkin untuk sekarang masih sangat awam dilakukan. Inovasinya ini bertujuan agar artikel ilmiah berbasis PTK ini lebih banyak dilakukan sehingga guru akan lebih sering meningkatkan komptensinya melalui artikel ilmiah ini serta membantu para guru memahami konsep dan proses publikasi ilmiah pada jurnal ilmiah.

Baca :  Buka MTQ Tingkat SLTA, Gubernur Herman Deru Imbau Seluruh SMA dan SMK di Sumsel Cetak Generasi Berakhlakul Karimah

Dengan di adakannya kegiatan ini, bertujuan untuk peningkatan kreativitas guru-guru dalam membuat artikel ilmiah, meningkatkan daya literasi sehingga akan menambah pengetahuan, meningkatkan kemampuan menulis dalam artikel ilmiah, membuat artikel ilmiah hasil karya para guru-guru dapat tersebar banyak diseluruh website sehingga dapat menjadi contoh dan meningkatkan komptensi guru dalam berbagai bidang. Dengan berbasis PTK maka targetnya berupa melatih dan membuat pendidik menjadi peka dan cepat tanggap terhadap dinamika pembelajaran dikelasnya. Seorang pendidik dapat menjadi reflektif dan kritis terhadap proses pembelajaran didalam kelas, mampu memperbaiki dan meningkatkan kualitas dan kuantitas proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas, pelaksanaan PTK dapat meningkatkan kinerja pendidik.

Baca :  Bupati Tanjab Barat Lantik 11 Pejabat Struktural

Share :

Baca Juga

Regional

Sungai Meluap, 390 Rumah di Musi Banyuasin Terendam Banjir

Regional

HD Didaulat Ketua Majelis Pertimbangan Pemuda Pancasila Sumsel

Politik

Khalis Mustiko Terima SK Sebagai Ketua DPD II Golkar Tebo di Momen HUT RI ke 77

Kesehatan

Begini Cara Aman Konsumsi Daging Agar Terbebas Dari Virus PMK

Hukum dan Kriminal

Ini Arahan Kakanwil Kemenkumham Jambi Kepada Pegawai Lapuanja

Gema TNI

Panglima TNI Tegaskan Jangan Ada Insiden Penembakan di Natuna

Nasional

Pelonggaran Prokes, Inilah Aturan Baru Perjalanan Dalam dan Luar Negeri

Regional

Asri Media Group dan Organisasi Media Sambangi PPQ As-Syaatibi Kualatungkal