Sambut Idul Adha, Babinsa Desa Baru Amankan Pawai Obor dan Takbir Keliling Komitmen Alumni AKABRI ’94 dalam Mengatasi Stunting di Kalimantan Barat Prajurit Satgas Yonif 125/SMB Terangi Jembatan dan Dermaga di Kampung Yagatsu, Papua Prajurit TNI Rebut Distrik Bibida dari OPM dengan Tindakan Profesional dan Kemanusiaan TNI AL Gagalkan Upaya Penyelundupan Ribuan Baby Lobster di Cilacap

Home / Daerah

Sabtu, 6 November 2021 - 15:47 WIB

Workshop Meningkatkan Kemampuan Guru Menulis Artikel Berbasis PTK

SRIWIJAYADAILY

Pengabdian Masyarakat Guna Tingkatkan Kemampuan Guru
Dr. Dra. M. Dwi Wiwik Emawati, M.Kes. sebagai ketua pengesahan pengabdian kepada masyarakat mengadakan workshop dengan judul “Meningkatkan Kemampuan Guru Melalui Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas” di sekolah SMAN 2 Kota Sungai Penuh, Kerinci. Workshop ini direncanakan 1 kali pertemuan tatap muka kemudian dilanjutkan via online zoom meeting pada Oktober 2021.

Persiapan yang dilakukan untuk kegiatan ini meliputi, yakni survei kebutuhan mitra, survei awal dilakukan terhadap mitra untuk mengetahui permasalahan mitra yang ada di dalam SMAN 2 Kota Sungai Penuh. Data dari survei awal menjadi dasar untuk melakukan analisis situasi. Survei dilakukan dalam bentuk wawancara dengan salah satu guru di SMAN 2 Kota Sungai Penuh. Kemudian Penentuan masalah prioritas dan topik kegiatan, beberapa permasalahan yang ditemukan dianalisis untuk menentukan permasalahan prioritas yang akan diselesaikan dengan solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Masalah prioritas yang dipilih bersama mitra adalah peningkatan kemampuan menulis artikel ilmiah untuk publikasi pada jurnal ilmiah.

Baca :  Mayor Purn Zulkarnaini Resmi Dikukuhkan Sebagai Ketua DPC Pepabri Tebo Periode 2024-2029

Berdasarkan permasalahan yang dihadapi mitra maka solusi yang dapat ditawarkan pengusul pengabdian adalah dengan dilaksanakannya program pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan guru lebih paham dan giat untuk membuat artikel ilmiah yang mana akan meningkatan kompetensi dan daya literasi guru. Workshop ini juga akan dapat menambah wawasan dan latihan menulis artikel ilmiah yang mungkin untuk sekarang masih sangat awam dilakukan. Inovasinya ini bertujuan agar artikel ilmiah berbasis PTK ini lebih banyak dilakukan sehingga guru akan lebih sering meningkatkan komptensinya melalui artikel ilmiah ini serta membantu para guru memahami konsep dan proses publikasi ilmiah pada jurnal ilmiah.

Baca :  Profil Budi Setiawan, Anak Kolong, Meniti Karir Merangkak dari Bawah

Dengan di adakannya kegiatan ini, bertujuan untuk peningkatan kreativitas guru-guru dalam membuat artikel ilmiah, meningkatkan daya literasi sehingga akan menambah pengetahuan, meningkatkan kemampuan menulis dalam artikel ilmiah, membuat artikel ilmiah hasil karya para guru-guru dapat tersebar banyak diseluruh website sehingga dapat menjadi contoh dan meningkatkan komptensi guru dalam berbagai bidang. Dengan berbasis PTK maka targetnya berupa melatih dan membuat pendidik menjadi peka dan cepat tanggap terhadap dinamika pembelajaran dikelasnya. Seorang pendidik dapat menjadi reflektif dan kritis terhadap proses pembelajaran didalam kelas, mampu memperbaiki dan meningkatkan kualitas dan kuantitas proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas, pelaksanaan PTK dapat meningkatkan kinerja pendidik.

Baca :  Budi Setiawan Figur Inspiratif yang Menjadi Saksi Nikah Echa & Dinar

Share :

Baca Juga

Daerah

Apresiasi Atas Berbagai Pemberitaan Lapuanja, Redaksi jambidaily.com Terima Piagam Penghargaan

Daerah

Meriahnya Tradisi Arakan Sahur di Kuala Tungkal

Daerah

Ramadhan Peduli, Keluarga Besar Senkom Mitra Polri Kota Jambi Berbagi Takjil Berbuka Puasa

Daerah

Kejar Target, Babinsa Koramil Telanaipura Mobilisasi Warga yang Belum Vaksin

Daerah

Harga Pinang Kering di Riau Naik Jadi Rp14.200 per Kg

Daerah

Pengurus PWI Tanjabtim Dilantik, H. R Ridwan Agus Pertegas Tugas Wartawan

Daerah

Sinergitas Pemprov Dan PWI Siapkan HPN Tahun 2022

Daerah

Sebanyak 1.228 Mahasiswa Universitas Jambi Di Wisuda