Dari Kampung Ivi Hamad, Merauke, TNI AD Dukung Ketahanan Pangan Antisipasi Darurat Pangan Nasional, Korem 081/DSJ Targetkan 1800 Hektar Tanaman Padi dan Jagung Rabinniscab Komlek TNI AD, Kapushubad : Lakukan Inovasi dan Kreatifitas Untuk Majukan Satuan dan Profesionalitas Prajurit Direktur Keuangan TNI AD Pimpin Rabinniscab Keuangan TNI AD Tahun 2024 Peringatan 61 Tahun Integrasi Papua, Satgas Yonif 122/TS Bersama Pemda Rekor Muri Pembentangan Bendera Merah Putih Terpanjang

Home / Warta TNI

Selasa, 14 Juni 2022 - 08:49 WIB

Sungai Hutan Rawa Yang Menantang, Satgas TNI 711/Rks Laksanakan Patroli Patok Batas NKRI

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Prajurit TNI Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Pos Kaliasin berpatroli di wilayah perbatasan untuk memastikan patok batas NKRI selalu terjaga dan aman, berlokasi di Kampung Kibay, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua. Senin (13/06/2022).

Terkait hal tersebut, Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Letkol Inf Mutakbir dalam keterangannya mengatakan kegiatan patroli ke tapal batas negara merupakan salah satu tugas Satgas Pamtas Yonif 711/Rks dengan melaksanakan patroli ke patok wilayah perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan Papua New Guinea (PNG).

”Kegiatan patroli patok batas wilayah digelar untuk memastikan situasi keamanan di wilayah perbatasan Indonesia dengan PNG,” jelas Dansatgas Letkol Inf Mutakbir.

Baca :  Tumbuhkan Disiplin Sejak Dini, Satgas TMMD-119 Kodim 0432/Basel Berikan Wasbang Kepada Siswa SD

“Kita memastikan patok batas RI-PNG MM 3A aman dan letaknya sesuai dengan titik koordinat yang telah disepakati antara kedua negara,” tambah Dansatgas Letkol Inf Mutakbir.

Pelaksanaan patroli patok perbatasan dilaksanakan Pos Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Pos Kaliasin yang memiliki tanggung jawab dalam pengawasan patok batas Negara RI.

Dengan semangat kuat, pasukan Pos Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks berhasil melaksanakan patroli patok dalam keadaan aman meskipun terdapat kendala dan hambatan.

”Saat berada di patok perbatasan RI-PNG, kemudian dilakukan pembersihan di sekitar patok serta pengecatan ulang tanda pengenal patok, agar mudah di temukan oleh Satgas pengganti pada saat nanti melakukan patroli patok,” pungkas Dansatgas.

Baca :  Kembangkan Sektor Pangan, Satgas Pamtas RI-MLY Yonarhanud 12/SBP Ciptakan Olahan Tempe 'PRIMA'

Bagi Prajurit TNI, mengemban tugas termasuk pengamanan perbatasan adalah suatu kehormatan.

“Prajurit Satgas Yonif 711/Rks berkomitmen penuh akan mengabdikan seluruh jiwa raganya demi Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” imbuh Dansatgas.

Patroli patok batas yang dipimpin langsung oleh Dankipur C Kapten Inf Arnold Paretta selaku Komandan Kompi Tempur C bersama 19 anggotanya menempuh jarak 20 Km.

Terkait pelaksanaan kegiatan patroli patok tersebut, Dankipur C Kapten Inf Arnold Paretta mengatakan patroli ditempuh dengan berjalan kaki selama kurang lebih 1 (satu) dari Pos menuju ke patok perbatasan di Kampung Kibay, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua.

Baca :  Klinik Makodam II/Swj Raih Akreditasi Paripurna dari Kemenkes RI

“Kondisi medan dalam melaksanakan patroli kali ini bervariasi mulai sungai, hutan dan rawa-rawa membutuhkan fisik yang siap guna memastikan bahwa patok batas dalam kondisi aman tidak bergeser serta berada dikordinat sesuai data yang ada GPS,” ucap Dankipur C Kapten Inf Arnold.

”Sepanjang perjalanan saat melintasi medan yang bervarisasi dilakukan dengan kewaspadaan dan penuh hati-hati sebab keadaan alam Papua yang masih jarang terjamah sehingga kita tidak tahu bahaya yang mengancam,” ujar Arnold. (Pendam XVII/Cenderawasih).

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Bantu Pengerjaan Pelebaran Bandara UN

Warta TNI

Bentuk Dukungan Ketahanan Pangan, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/RW Bantu Panen Padi

Warta TNI

Jum’at Berkah, Babinsa Kodim 0418/Plg Bersama Bhabinkamtibmas Bagikan Nasi Bungkus Ke Warga

Warta TNI

Wujud Kepedulian, Babinsa Bhakti Mulya Monitoring Khitanan Massal Desa Binaan

Warta TNI

Antisipasi Kerusuhan Meluas Di Sinakma Wamena, TNI Bantu Mediasi Dan Tenangkan Warga

Warta TNI

Membanggakan Indonesia, KRI Bima Suci dan Satlat KJK 2023 Raih Juara Terspektakuler Pada Ajang Tall Ship Race Den Helder Belanda

Warta TNI

Wujudkan Tertib Berkendara, Danramil Telanaipura Cek Kondisi dan Kelengkapan Randis Babinsa

Warta TNI

Penutupan TMMD Kodim 0406/Lubuk Linggau Dikemas Dengan Berbagai Kegiatan Sosial