Kodim 0729/ Bantul Raih Juara 1 Lomba Karya Jurnalistik TMMD Kategori Media Elektronik Dansatgas Babinsa Koramil 418-08/Sako Gercep Bantu Pencarian Bocah Tenggelam Di Sungai Borang Perkenalan Dengan Masyarakat Intan Jaya, Satgas Yonif 509 Kostrad Laksanakan Bakar Batu Komunikasi Sosial Dilakukan Babinsa Dimanapun Dan Siapapun Kodim Muara Enim Terima Hibah Terbesar Di Jajaran Kodam II/Swj Pada Program TMMD Ke 120 Tahun 2024

Home / Warta TNI

Rabu, 20 Juli 2022 - 20:34 WIB

Antisipasi Konflik Pemilu, Mayor Widi Purwoko Sampaikan Materi Cegah dan Deteksi Dini

Pasi Inteldim Mayor Inf Widi Purwoko, SE menjadi narasumber pada Seminar tentang kegiatan pelaksanaan kebijakan dibidang kewaspadaan dini/ FOTO : Pendim0415jambi

Pasi Inteldim Mayor Inf Widi Purwoko, SE menjadi narasumber pada Seminar tentang kegiatan pelaksanaan kebijakan dibidang kewaspadaan dini/ FOTO : Pendim0415jambi

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Dandim 0415/Jambi melalui Pasi Inteldim Mayor Inf Widi Purwoko, SE menyoroti tentang upaya antisipasi dini yang harus diambil terhadap potensi konflik, menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) 2024 mendatang.

Peran deteksi dini dan cegah dini sangatlah penting untuk memetakan kerawanan pemilu, sehingga rencana indeks kerawanan Pemilu akan mudah disusun dan diluncurkan sebagai pedoman dalam bertindak nantinya.

Baca :  Uji Kemampuan Fisik dan Mental Siswa Diktukba, Dodik Secaba Gelar Latihan Lintas Medan

Hal tersebut dikatakannya saat menjadi narasumber pada Seminar tentang kegiatan pelaksanaan kebijakan dibidang kewaspadaan dini, kerjasama antar lembaga (intelijen) dan fasilitasi kelembagaan bidang kewaspadaan serta penanganan konflik di daerah yang digelar Pemkab Batanghari di ruang pola kecil kantor Bupati Batanghari, Rabu (20/7/2022).

Kegiatan yang mengambil tema “Peningkatan deteksi dini dan cegah dini, guna menjaga kondusifitas menjelang Pemilu/Pemilukada serentak 2024 dalam wilayah Kabupaten Batanghari.

Baca :  Semangat Satgas Yonif 200/BN Kunjungi Kampung Lani Timur

Pada kesempatan tersebut, Widi juga mengatakan bahwa indeks kerawanan Pemilu tentu akan bermanfaat bagi mitra lembaga yang berkaitan dengan pemilu yaitu KPU, Pemda, Kepolisian dan pihak-pihak terkait lainnya.

“Oleh sebab kerjasama antar lembaga menjadi penting agar Pemilu 2024 berjalan dengan lancar,” tambahnya.

Aparatur penyelenggara Pemilu harus senantiasa melakukan langkah-langkah penguatan Deteksi dini guna mengantisipasi setiap kejadian yang berpotensi mengganggu ketertiban masyarakat.

Baca :  Kapuspen TNI Pimpin Sertijab dan Pisah Sambut Wakapuspen TNI

“Ancaman, Gangguan, Hambatan dan Tindakan (AGHT) sebaiknya dihadapi dengan Political Will dan kebijakan yang proporsional agar tidak kontraproduktif.” tutur Mayor Widi.

Terakhir, Widi berharap agar selalu terbentuk sinergitas yang solid antar lembaga, sehingga segala bentuk ancaman jelang pemilu/pemilukada dapat diantisipasi dengan baik dan pemilu serta pentahapannya dapat berjalan dengan tertib dan lancar. (wd)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Peduli Kesehatan, Satgas Yonif 143/TWEJ Kunjungi Pemukiman Warga Di Perbatasan RI-PNG

Warta TNI

Sinergitas Kantor Imigrasi Kelas II TPI Dan Aparat TNI Di Biak Sukseskan Donor Darah

Warta TNI

Mayor Edi Arman Bekali Pengetahuan Caraka Kepada Peserta Bintalfisdis

Warta TNI

Kodim Biak Gelar Kampanye Kreatif Penerimaan Prajurit TNI AD Di SMA Negeri 1

Warta TNI

Tingkatkan Interoperabilitas, TNI AL dan TNI AU Gelar Counter Sea Tactic 2023

Warta TNI

Kodim 0415/Jambi Gelar Program Bakti Pemberdayaan Masyarakat Untuk Kembangkan Potensi Wilayah

Warta TNI

Baksos Kodam Cenderawasih Di Asrama Mahasiswa Kiwirok Jayapura

Warta TNI

Program Dapur Masuk Sekolah, Kodim Jambi Bagikan Makanan kepada Siswa SD