Peringatan 61 Tahun Integrasi Papua, Satgas Yonif 122/TS Bersama Pemda Rekor Muri Pembentangan Bendera Merah Putih Terpanjang Budi dan Fadhil Bertemu… Hari Buruh, Dr Budi Setiawan Ajak Masyarakat Beri Penghargaan Kepada Pekerja Hadiri Upacara Hardiknas, Dandim 0416 Bute : TNI Berkomitmen Mendukung Pembangunan Pendidikan yang Berkualitas Warnai Hardikal Ke-78, Gowes Navy Fun Bike 15 Km Keliling Markas TNI AL

Home / Warta TNI

Selasa, 29 November 2022 - 17:47 WIB

Mayor Widi : Bahaya Radikalisme Harus Dipahami Generasi Muda

Mayor Widi : Bahaya Radikalisme Harus Dipahami Generasi Muda (Dimjambi)

Mayor Widi : Bahaya Radikalisme Harus Dipahami Generasi Muda (Dimjambi)

JAMBI, sriwijayadaily.co.id – Dalam rangka memperkuat sikap patriotisme dan bela negara bagi para generasi muda, Komandan Kodim 0415/Jambi Kolonel inf Marsal Denny melalui Pasi intel Mayor Inf Widi Purwoko, SE memberikan paparan tentang bahaya radikalisme kepada puluhan mahasiswa/i fakultas Geologi Unja, di Aula fakultas, selasa (29/11/2022).

Radikalisme merupakan suatu paham yang dibuat oleh sekelompok orang yang menginginkan perubahan atau pembaharuan tatanan sosial dan politik secara drastis dengan menggunakan cara-cara kekerasan.

Baca :  Widya Wisata Megalitikum, Siswa Secaba Terpesona Peninggalan Sejarah Lahat

Widi meminta peran mahasiswa sebagai kaum intelektual harus dapat memposisikan radikalisme yang berkembang di Indonesia sebagai persoalan serius yang perlu dengan segera untuk ditangani, karena paham radikalisme dengan sangat jelas bertentangan dengan prinsip-prinsip Demokrasi dan juga dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Baca :  Keren, Serdadu Wira Borong Juara Lomba Lari Maraton

“Radikalisme dapat membuat keutuhan dan persatuan NKRI serta stabilitas dan kedamaian suatu negara dapat terancam. Sehingga diperlukan upaya-upaya secara komprehensif dan masif untuk mencegahnya.” jelas Widi.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa penyebaran paham radikalisme harus sesegera mungkin untuk dicegah. Upaya yang perlu dilakukan yakni menanamkan jiwa nasionalisme dimulai dari keluarga, lingkungan tempat tinggal, sekolah dan dilingkungan kerja, berpikiran terbuka dan toleran, waspada terhadap provokasi dan hasutan serta dapat bergabung berjejaring dalam komunitas perdamaian.

Baca :  Tiga Unsur Laut Dikerahkan Dalam Pengamanan Arus Mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 H Di Perairan Selat Bali

Terkait penyebaran paham radikalisme, diperlukan peran besar dari kaum intelektual dan peran aktif masyarakat secara kolektif dan luas untuk mencegahnya, tutup Widi. (Dimjambi)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Satgas Yonif 143/TWEJ Bantu Tingkatkan Kesehatan Masyarakat Di Perbatasan Papua

Warta TNI

Sambut HUT Ke-77 dan Tahun Baru 2023, Kodam II/Sriwijaya Gelar Do’a Bersama

Warta TNI

Cegah Banjir, Koramil Makrayu Dan Pemkot Palembang Gotong Royong Bersihkan Aliran Sungai

Warta TNI

Tarian Adat Tabur Beras Kunyit Bakal Sambut Tim Wasev TMMD Di Desa Kembang Seri Baru

Warta TNI

Tim Dalproggar TNI AD Kunjungi Kodam XVII/Cenderawasih

Warta TNI

Beri Dorongan Semangat Kerja, Ini Arahan Pangdam II/Swj Kepada Anggota Kesdam, Bekang Dan Pomdam

Warta TNI

Ingin Kedamaian, Masyarakat Papua Serahkan Senjata dan Amunisi Kepada Danrem 173/PBV Di Biak Numfor

Warta TNI

Cegah Malaria, Satgas Yonif 143/TWEJ Bersama Masyarakat Bersihkan Semak Belukar