Alami Terlambat Tanam, Danrem 081/DSJ Sebut Petani di Desa Ini Butuh Alsintan dan Aliran Listrik Pangdam II/Swj : Swakelola 1.000 Rumah di Sumsel Merupakan Tindaklanjut Dari Program Kasad Budi Setiawan Berharap Bisa Berjuang Bersama PKB di Pilwako Jambi 2024 Cawako Jambi Budi Setiawan Punya Strategi Mengatasi Banjir Upacara Bulanan, Kasipers Kasrem Gapu Bacakan Amanat Kasad

Home / Warta TNI

Jumat, 21 April 2023 - 20:38 WIB

Jelang Idul Fitri, Babinsa Pantau Pasar Rakyat Sengeti

SRIWIJAYADAILY – Akhir Ramadhan atau satu hari menjelang Idul Fitri masyarakat kelurahan Sengeti dan sekitarnya setiap tahunnya melaksanakan tradisi bebante atau memotong hewan ternak untuk dijual dipasar (21/04/2023).

Selain menjual daging dan ayam, pedagang juga menjual kebutuhan pokok lainnya khususnya untuk lebaran seperti pakaian dan kue.

Menurut pantauan Babinsa Kel. Sengeti Sertu M. Safari saat ini untuk kenaikan harga sembako mengalami peningkatan harga dibandingkan pertengahan Ramadhan, harga daging kerbau pada pagi hari Rp. 160 ribu/kg, daging sapi Rp.150 ribu/kg, sedangkan untuk ayam potong Rp.50 ribu/ekor.

Baca :  TMMD Ke-119 Hasil Karya Untuk Masyarakat

Pada pukul 15.00 wib, harga daging kerbau dan sapi turun menjadi Rp.70 ribu/kg, sementara ayam potong juga turun menjadi Rp.30 ribu/ekor.

Masyarakat yang memotong kerbau sebanyak 85 ekor, sapi sebanyak 15 ekor dan ayam potong sebanyak 10 ribu ekor, turunnya harga daging akibat kurangnya pembeli dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Baca :  Budi Setiawan Berharap PPP Bersama Golkar Memenangkan Dirinya di Pilwako Jambi 2024

Selain melaksanakan pemantauan pasar, Babinsa juga melaksanakan Komsos dengan para pedagang dan pembeli, “Hari ini adalah puncaknya aktivitas pasar Sengeti, untuk itu perlu pengawasan dengan melaksanakan patroli rutin, untuk menghindari keributan, kejahatan dan menimbulkan rasa nyaman dan aman berbelanja, karena masyarakat sangat ramai dari biasanya” ungkap Babinsa.

Babinsa menghimbau kepada pengunjung pasar agar menjaga barang bawaannya, karena situasi seperti ini rawan pencurian, dan kepada pedagang daging agar menjaga benda tajam yang digunakan, untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan bersama.

Baca :  Panglima TNI Rotasi dan Mutasi 52 Perwira Tinggi TNI

Hal tersebut diungkapkan Mardi (50) pedagang daging, “biasanya menjelang Idul Fitri kita kekurangan daging tapi untuk tahun ini kita berlebih, saya dari tadi malam sudah memotong kerbau 5 ekor dan ini masih banyak sisanya”, kata Mardi. (Bbs/Sgt)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Pangdam II/Sriwijaya Ikuti Peresmian Rumdis TNI Biaya SBSN Secara Virtual

Warta TNI

“Terima Kasih Pak TNI”, Telah Merehab Rumah Kami

Warta TNI

Kolonel Marsal Denny Bernostalgia Ke Alumni SMA Negeri 6 Jambi, Beri Motivasi kepada Adik-Adik Siswa Baru

Warta TNI

Pertahankan Kemampuan Tempur, Prajurit KRI Sampari-628 Gelar Uji Glagaspur Tingkat 2

Warta TNI

Danrem 172/PWY Ajak Aparat Pemerintah Jadi Pendamping Generasi Muda Di Era Digital

Warta TNI

Dukung Ketahanan Pangan, Persit KCK Cab LVII Yonif 147 Panen Sayur Bersama di Kebun Kompi Markas

Warta TNI

Prajurit Yonif 147/KGJ Peduli Anak Sekolah

Warta TNI

Bangun Poskamling, Babinsa Koramil Pasar Ajak Warga Jaga Kamtibmas