TMMD Ke-120 Kodim 0417/Kerinci Resmi Dibuka Oleh Pj Bupati Kerinci Asraf Danrem 042/Gapu Ingatkan Peran Persit Sebagai Istri Prajurit, Pendamping Suami dan Ibu Dalam Rumah Tangga Gubernur Al Haris Memimpin Jambi Menuju Keberlanjutan Gambut Nasional Pangdam II/Swj : Tidak ada Dusta Diantara Kita, Guyub dan Sejahtera Menjawab Aspirasi Masyarakat,TMMD 120 Tahun 2024 Kodim 0209/LB Resmi Dibuka Plt Bupati Labuhanbatu

Home / Warta TNI

Senin, 1 Mei 2023 - 05:38 WIB

Prajurit Kodim 0303 Bengkalis Berjibaku Padamkan Karhutla

SRIWIJAYADAILY – Segenap kekuatan satuan tugas kebakaran hutan dan lahan (Satgas Karhutla) kabupaten Bengkalis masih berjibaku tanggulangi kebakaran yang terjadi di Kecamatan Rupat, hingga perbatasan antara Kabupaten Bengkalis dan Kota Dumai, Minggu (30/4/2023).

Kekuatan yang dimaksud termasuk berisikan personel Komando Distrik Militer (Kodim) 0303 Bengkalis dan disokong pasukan dari berbagai Komando Rayon Militer (Koramil) diantaranya Koramil 03 Mandau, Koramil 04 Rupat, Koramil 05 Bukit Batu, Koramil 01 Bengkalis dan segenap pasukan lainnya.

“Seluruhnya berjumlah puluhan orang dan disebar ke berbagai titik api guna lakukan pemadaman, pendinginan bahkan pembuatan kanal sekat untuk minimalisir sebaran Karhutla.

Dandim 0303 Bengkalis, Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto menegaskan, pihaknya tak kendorkan semangat serta konsentrasi untuk berjibaku atasi Karhutla.

Baca :  Danrem 042/Gapu Melaksanakan Sholat Idul Fitri Bersama Anggota dan Warga Jambi

“Tidak ada waktu untuk berdiam diri, segenap kekuatan Kodim 0303 Bengkalis dan Koramil jajaran terlibat di bawah kendali operasi dalam pemadaman, pendinginan serta pembuatan kanal dalam rangka menanggulangi kebakaran hutan dan lahan,” kata Letkol Endik.

Baca juga: Tim Penataan Dan Pengawasan Personel LF Dari Mabesad Kunjungi Korem 032/Wbr
Ia menyebut, keseriusan dalam memitigasi dan penanggulangan kebakaran dituntut ekstra, karena hal itu telah diserukan Komandan Korem 031 Wira Bima, Brigjend. TNI. Dany Rakca Andalasawan saat berkunjung sekaligus turut serta memadamkan Karhutla di Kecamatan Rupat beberapa waktu lalu.

“Hal ini sesuai dengan arahan Bapak Danrem. Oleh karena itu, pasukan kami kerahkan. Seperti anggota dari Koramil 03 Mandau kita drop ke Rupat bersama anggota Kodim 0303 untuk membantu prajurit Koramil 04 Rupat lakukan pemadaman disana. Sedangkan dari Koramil 05 Bukit Batu dibantu dari Kodim pusatkan konsentrasi padamkan kebakaran di sekitar Bandar Laksamana, Kabupaten Bengkalis hingga ke perbatasan sekitar Kota Dumai,” ungkapnya.

Baca :  Jelang Siaga Pam Pemilu 2024, Ini Yang Dilakukan Yonif 147/KGJ

Bukan tanpa alasan, pengerahan pasukan dilakukan untuk membantu satuan tugas kebakaran hutan dan lahan Kabupaten Bengkalis dalam mempercepat pemadaman api mengingat kondisi cuaca kian kering.

Bila tidak segera, kobaran api bisa kian parah dan membuat Negeri Junjungan dikelilingi api berujung bencana kabut asap. Untuk diketahui, bila kebakaran tak mampu ditanggulangi, potensi kerusakan lingkungan bahkan ancaman kesehatan pada masyarakat seperti infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan Asma, penyakit kulit, bahkan kematian menjadi ancaman utama.

Baca :  Papua Sehat, Pangdam XVII/Cenderawasih Pimpin Olahraga Bersama Prajurit Dan Persit

“Untuk mencegah hal itu terjadi, makanya kami kerahkan pasukan ke semua titik api untuk memadamkan. Kalau sudah padam, lanjut pendinginan. Ada juga yang fokus dengan alat berat untuk membuat kanal sekat, semua dikerjakan dengan cepat dan sigap agar api tak meluas,” ujar Dandim.

Sampai saat ini, puluhan hektar lahan di Kabupaten Bengkalis telah ludes terbakar. Hingga kini pula, pihaknya masih berjibaku lakukan upaya maksimal untuk hindarkan Negeri Junjungan dari bencana asap.

“Kami semua masih dan akan terus berupaya maksimal, doakan kami. Seraya itu, kami imbau kepada seluruh masyarakat, jangan buka lahan pertanian dan perkebunan dengan cara dibakar. Dampaknya sangat bahaya, mohon kerja samanya demi Bengkalis yang sejuk, hijau, sehat dan lestari,” tukasnya. (Dispenad)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Pasiter Kodim 0415/Jambi Dampingi Gubernur Jambi Tinjau Vaksinasi PMK untuk Hewan Ternak Di Kumpeh

Warta TNI

Melalui Komsos Kreatif, Korem 045/Gaya Gelar Pertandingan Futsal

Warta TNI

Pantau Vaksinasi, Dandim Jambi Imbau Warga Tetap Patuhi Prokes

Warta TNI

Bantu Ekonomi Warga Ditengah Pandemi, Kodim 0415/Jambi Semai Ribuan Benih Ikan Lele

Warta TNI

Danrem 042/Gapu Hadiri Acara Penganugerahan Gelar Adat Melayu Jambi

Warta TNI

Satgas Pamtas Yonarhanud 12/SBP Nobar Sepakbola Dengan Warga Perbatasan

Warta TNI

Beralaskan Terpal Tak Menyurutkan Anggota Satgas Kodim 1709/Yawa Tunaikan Sholat Jum’at Di Lokasi TMMD

Warta TNI

Manfaatkan Potensi Alam, Satgas Yonif 143/TWEJ Bantu Tingkatkan Ekonomi Warga