Terkait Penggerebekan Narkoba, Dandim 0201/Medan : Penangkapan Bukan Di Asmil TNI AD Berikan Senyum Keceriaan Anak-Anak Lebanon, Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R / UNIFIL Selenggarakan Education Program Bela Diri Taktis, Tajamkan Kemampuan Tempur Prajurit Dari Kampung Ivi Hamad, Merauke, TNI AD Dukung Ketahanan Pangan Antisipasi Darurat Pangan Nasional, Korem 081/DSJ Targetkan 1800 Hektar Tanaman Padi dan Jagung

Home / Warta TNI

Selasa, 2 Mei 2023 - 17:36 WIB

Tingkatkan Hasil Dan Mutu, Satgas Yonif 143/TWEJ Ajarkan Ini Ke Petani Kakao Perbatasan

SRIWIJAYADAILY – Kali ini Satgas Yonif 143/TWEJ menggunakan teknik grafting (sambung pucuk) untuk meremajakan tanaman guna meningkatkan kembali mutu dan hasil panen kakao di Kampung Yuwainda, Distrik Waris, Kab. Keerom, Papua, Senin (1/05/2023)

Kegiatan ini dilaksanakan Dalam rangka membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang perkebunan Satgas Yonif 143/TWEJ selalu berinovasi menggunakan berbagai cara.

Dalam keterangannya Danpos Kalipao Letda Inf Abdul Halim menjelaskan kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian TNI untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang sebagian besar berkebun Kakao namun hasilnya sudah tidak maksimal dikarenakan pohon tersebut sudah tidak produktif.

Baca :  Pangdam II/Swj : Persit Harus Dampingi Suami..!

“Kami mengajak masyarakat untuk merawat kembali dengan meremajakan tanaman Kakao, agar hasilnya kembali normal guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Dipimpin Sertu Izmi Wira Mahardika, anggota Satgas mendatangi kebun kakao bapak Yan Psebo (54) untuk mengajari teknik grafting atau sambung pucuk untuk meremajakan kembali tanamannya, tampak para petani antusias menyimak dan mengikuti dengan seksama setiap tahapan peragaan yang mereka nilai tidak terlalu sulit.

Baca :  Hebat! Prajurit Yonarhanud 12/SBP Sabet Medali Perak di Ajang Kapolri Cup 2024

Tampak Prajurit TNI Satgas Yonif 143/TWEJ mengajak masyarakat untuk meremajakan kembali tanamanya menggunakan teknik grafting/sambung pucuk dengan memanfaatkan tunas dipangkal batang sebagai Sadling dengan varietas terbaik yang ada di kebun sebagai Entres, sehingga tidak perlu membongkar dan mengganti tanaman baru.

“Hal ini sebagai langkah penghematan biaya dan tenaga dengan membiarkan batang utama tetap berbuah walaupun kurang maksimal,” jelas Danpos Kalipao.

Mendapat perhatian dan bantuan TNI, bapak Yan Psebo (54) mewakili para pekebun Kampung Yuwainda mengucapkan terimakasih dan rasa bangganya kepada Satgas Yonif 143/TWEJ yang telah memberikan pelajaran berharga untuk dapat membuat benih unggul sendiri.

Baca :  Komunikasi Sosial Dilakukan Babinsa Dimanapun Dan Siapapun

“Sa mewakili para pekebun mengucapkan terimakasih kepada Pos Kalipao Satgas Yonif 143/TWEJ yang telah ajarkan kami buat benih unggul sendiri, sa senang sekali ternyata sederhana dan mudah,” ujarnya.

“Kedepan kami minta kesediaan bapak Pos untuk dapat membantu kami menciptkan benih sendiri guna mengembalikan kejayaan bertanam kakao,” imbuhnya.

(Pendam II/Sriwijaya)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Kekompakan dan Sinergitas Dalam Program Bedah Rumah Disambut Positif Warga Lokasi TMMD

Warta TNI

Tanamkan Karakter Disiplin Cinta Tanah Air, Babinsa Koramil Timika Bekali Wasbang Kapada Ratusan Pelajar

Warta TNI

Di Bulan Ramadhan, Satgas Yonif Mekanis 203/AK Bersama Artha Graha Baju Layak Pakai Untuk Masyarakat Tima

Warta TNI

Jelang Lebaran, Pabung Muaro Jambi Bersama Rombongan Pj Bupati Sidak ke Pasar Sengeti

Warta TNI

Lestarikan Budaya Lokal, Satgas Yonif 143/TWEJ Selenggarakan Lomba Panahan Tradisional Untuk Anak-Anak Perbatasan RI-PNG

Warta TNI

Prajurit Badak Hitam 511 Manfaatkan Lahan Tidur Dan Subur Untuk Kesejahteraan Masyarakat Di Perbatasan Papua

Warta TNI

Danrem 045/Gaya Ikuti Rakor Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2022

Olahraga

Saksikan Final Liga Santri Piala KASAD Zona Sumsel Antara Tim Nurul Hasan vs Raudhatul Ulum