TOB Berberati Kembali Mendapat Apresiasi Dari Tim COE Sinyal PAN Bersama Gerindra di Pilgub Jambi 2024, Zulhas Titip Al Haris ke Prabowo 172 Pasukan Penjaga Perdamaian Dunia KIZI TNI Kontingen Garuda XX-T Monusco Tiba Di Indonesia Wakasad : Tugas Prajurit Adalah Menciptakan Kedamaian dan Rasa Aman KRI Diponegoro-365 Laksanakan Latihan Bersama Dengan LAF-Air Force

Home / Warta TNI

Jumat, 12 Mei 2023 - 19:42 WIB

Sertu Agus Sukma Jaya Bekali Materi Saka dan Bela Negara Pada Raicab Pramuka

SRIWIJAYADAILY – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang kota Jambi kembali menggelar Raimuna Cabang (Raicab) di lapangan Kwarcab kota Jambi Jl. Pramuka RT. 05 Kel. Pematang Sulur Kec. Telanaipura selama lima hari kedepan, mulai tanggal 10 Mei 2023 dan diikuti oleh sekitar 350 orang Pramuka Penegak dan Pandega.

Pramuka adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler pada jenjang pendidikan SD hingga universitas yang bertujuan membentuk karakter anggota agar terampil dan cakap.

Baca :  Jelang Pengamanan Perbatasan, Yonif 144/JY Terima Pembekalan Pertanian

Sementara Raimuna adalah kegiatan pertemuan besar bagi Pramuka Penegak dan Pandega dengan berbagai aktivitas yang bersifat kreatif, produktif, edukatif, inovatif dan rekreatif dalam bentuk perkemahan.

Dalam kegiatan gelaran Raicab tersebut, Sertu Agus Sukma Jaya yang merupakan pengurus Saka Wira Kartika ranting 09/Telanaipura mengisi materi tentang ke-Saka-an Wira Kartika sekaligus pembekalan tentang Bela Negara.

Seperti diketahui bahwa Saka Wira Kartika dibentuk melalui kerjasama antara Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka dengan TNI Angkatan Darat untuk secara khusus mengembangkan pendidikan Bela Negara.

Baca :  Kodim 0415/Jambi Terima Manfaat dari Program BRI Peduli

Saka Wira Kartika merupakan wadah kegiatan bagi anggota Pramuka Penegak dan Pandega dalam rangka meningkatkan kesadaran Bela Negara melalui pengetahuan dan keterampilan dibidang matra darat.

Matra darat diartikan sebagai segala aktivitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan maupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat seperti hutan, rawa, gunung dan sungai.

Baca :  Klarifikasi Video Kekerasan Terhadap Anggota KKB dan Komitmen TNI Terhadap Oknum Prajurit Pelanggar Hukum

Agus berharap dengan kegiatan Raimuna Cabang ini dapat dijadikan sebagai ajang untuk mempererat tali persaudaraan sesama anggota Pramuka dalam berbagai aktivitas yang inovatif, kreatif, edukatif, rekreatif dan produktif dalam bentuk perkemahan.

Ia juga berpesan agar selama mengikuti kegiatan ini, para peserta dapat memberikan kesan/citra positif dengan bersikap ramah, sopan, berbudi pekerti luhur dan siap menolong siapapun yang memerlukan bantuan, terangnya. (**)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Kodim 0420/Sarko Gelar Tatap Muka Dengan Insan Pers

Warta TNI

Kodam II/Sriwijaya Kembali Gelar Serbuan Vaksinasi Covid-19 Bagi Prajurit Dan KBT Di Wilayah Palembang

Warta TNI

Panglima TNI Cek Kesiapan Paspampres

Warta TNI

Sambut Kemerdekaan RI, Pasiter Kodim 0415/Jambi Ikut Bagikan Bendera Merah Putih Kepada Masyarakat

Warta TNI

Sambut HUT Ke-53 Kab. Yawa, Dandim Yawa Bersama Forkopimda “Jumpa Berlian”

Warta TNI

Kedekatan Satgas TMMD dengan Anak-anak Kampung Talang Silungko

Warta TNI

Peran Babinsa Koramil 10/JS dalam Pengamanan Ibadah Kenaikan Isa Almasih

Warta TNI

Program Dapur Masuk Sekolah, Kodim Jambi Bagikan Makanan kepada Siswa SD