Ratusan Prajurit Jajaran Korem 032/WBR Stand By, Dapur Lapangan Akan Segera Digelar di Sungai Pua Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Rachmad Pimpin Sertijab Dandim 0415/Jambi Kedatangan Dandim Palembang Letkol Kav Ferdiansyah Disambut Dengan Tradisi Satuan Pelaku Pembunuh Alm Danramil Aradide Sering Mendapat Bantuan Sembako, Kapendam Cenderawasih : Air Susu Dibalas Air Tuba Prajurit Kodam II/Swj Rebut 2 Perak dan 1 Perunggu Kejurnas Taekwondo Piala Pangkostrad 2024

Home / Warta TNI

Kamis, 25 Mei 2023 - 07:56 WIB

Antisipasi Karhutla Korem 045/Gaya Adakan Sosialisasi

SRIWIJAYADAILY – Untuk menghindari dan mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) diakibatkan kerusakan hutan oleh manusia, perlu diberikan sosialisasi kepada masyarakat pentingnya fungsi hutan bagi keseimbangan lingkungan.

Hal tersebut disampaikan Kasiren Korem 045/Gaya Kolonel Czi Djoko Rahmanto, S.E., saat menjadi Narasumber kegiatan sosialisasi, Informasi dan Edukasi (KIE) rawan bencana, bertempat di Ball room Fox Haris Hotel Pangkalpinang, Rabu (24/5/2023).

Dalam keterangan yang disampaikan Kolonel Joko, peran serta masyarakat dalam pelestarian lingkungan menjadi sangat penting, oleh karena itu TNI juga berkewajiban mengedukasi masyarakat pentingnya hutan bagi keseimbangan lingkungan.

Baca :  Cerianya Anak-anak SD Di Daerah Perbatasan Nikmati Masakan Satgas Pamtas Yonarhanud 12/SBP

”Dalam kegiatan yang mengangkat tema Sosialisasi Pencegahan dan penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan, yang di selenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kep. Bangka Belitung dan bertujuan mengedukasi masyarakat pentingnya fungsi hutan,” ujar Kolonel Joko Rahmanto.

Pada kegiatan yang diikuti sekitar 100 orang, baik dari Unsur TNI, Polri, BPBD Kabupaten dan Kota serta perwakilan dari OPD di Bangka Belitung.

Dalam penyampaian materinya Narasumber mengatakan, Indonesia adalah negara yang terdiri dari gugusan kepulauan yang berpotensi bencana sangat tinggi dan juga sangat bervariasi dari aspek jenis bencana. Kondisi alam tersebut maupun adanya keanekaragaman penduduk dan budaya di Indonesia menyebabkan timbulnya resiko terjadinya bencana alam.

Baca :  Kaajendam II/Swj Pimpin Acara Tradisi Korps Raport Masuk & Pindah Satuan

”Kendala dalam Penanganan Karhutla antara lain terbatasnya sarana pemadam Kebakaran khususnya mesin yang fortable, medan berbukit, lokasi titik api di pedalaman sulit dijangkau dengan kendaraan roda empat dan roda dua, ” ujar nya.

Diakhir materi sosialisasi disampaikan Narasumber, peran TNI dan masyarakat dalam penanggulangan Karhutla antara lain penyelenggaraan dan pencegahan penanggulangan bencana, pencegahan bencana, kesiapsiagaan bencana, peringatan dini, mitigasi, resiko bencana, tanggap darurat bencana, rehabilitasi dan rekontruksi.

Baca :  Jalin Silaturahmi, Pendam II/Swj Bersama Dinas Perkim Sumsel Galakkan Gate Ball

”Korem 045/Garuda Jaya mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah dalam sosialisasi ini, ” ungkapnya.

Narasumber diakhir materi mengharapkan, agar pengelolaan lahan hutan yang sudah baik dapat terus dipertahankan dan dijaga terhadap kelestariannya, kepada seluruh peserta sosialisasi dapat mengikuti kegiatan ini dengan kesungguhan dan penuh perhatian untuk mendukung upaya bersama dalam meningkatkan kelestarian hutan. (Pendam II/Sriwijaya)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

HUT Ke 70 Yonif Raider 142/KJ, Prajurit Gelar Doa Bersama dan Ikrar Kesetiaan

Warta TNI

Pangdam XVII/Cenderawasih Didampingi Ny. Erni Teguh Muji Angkasa Melaksanakan Kunker Di Kab. Asmat

Warta TNI

Mayjen TNI Agus Subiyanto Resmi Jabat Wakasad

Warta TNI

Bhakti TNI AD Tangani Banjir Di Kabupaten Lahat

Warta TNI

Babinsa Imbau Masyarakat Manfaatkan Lahan Kosong Untuk Meningkatkan Perekonomian

Warta TNI

Kunjungi Kodim Belitung, Ini Pesan Danrem 045/Gaya

Warta TNI

Sambut Hari Raya Idul Adha, Satgas Pamtas RI-PNG Statis Yonif 511/DY Bagikan Sembako Di Perbatasan Papua

Warta TNI

Pangdam II/Sriwijaya Hadiri Musda DPD LVRI Sumsel Ke-XI Tahun 2021