Pembangunan Batalyon Penyangga, Wujud Komitmen TNI AD dalam Percepatan Pembangunan di Papua Wujudkan Situasi Keamanan Wilayah yang Kondusif, Aparat Gabungan Berhasil Amankan Homeyo Kodam I/BB Segera Bangun 5 Jembatan Bailey di Kabupaten Agam Progres Pembangunan Musholla Desa Fajar Indah Sudah Tahapan Pengecatan Usung Nuansa Dan Konsep Minimalis, Ini Penampakan RTLH TMMD Kodim 0404/Muara Enim

Home / Warta TNI

Selasa, 13 Juni 2023 - 20:28 WIB

Bersihkan Aliran Sungai, Warga dan Babinsa Mudung Darat Gotong Royong

Jambi, sriwijayadaily.co.id – Babinsa Koramil 05/Sengeti Kodim 0415/Jambi Serda Andi Rahman bersama warga setempat melaksanakan kerja bakti pembersihan bendungan buatan aliran sungai yang menyumbat arus lajunya air.

Dengan tersumbatnya arus laju air oleh rumput dan semak belukar, membuat persawahan dipemukiman Desa Mudung Darat Kec Marosebo Kab Muarojambi tidak dapat ditanami atau diolah oleh masyarakat setempat dikarnakan hujan yang begitu tinggi sehingga air menggenangi area persawahan .

Baca :  Aslog Kasdam II/Swj Cek Swakelola Rumah Prajurit Program Kasad

Penyumbatan air sungai tersebut antara lain berupa bendungan untuk menangkap ikan/empang yang terbuat dari jalinan bambu sebanyak 3 titik dan rumput rumput semak belukar yang menjalar di atas aliran  sungai sehingga apabila terjadi musim hujan  maka air akan membanjiri persawahan masyarakat.

Babinsa Koramil 415-05/ Sengeti Serda Andi Rahman menuturkan bahwa hari ini, Selasa (13/6) bersama warga bergotong royong membersihkan aliran sungai di desa tersebut.

Baca :  Tiga Unsur Laut Dikerahkan Dalam Pengamanan Arus Mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 H Di Perairan Selat Bali

Menurutnya, akibat dari tersumbatnya aliran sungai tersebut sehingga masyarakat yang mayoritasnya menanam padi disawah dengan sistim tadah hujan tidak dapat melaksanakan penanaman padi dikarnakan air menggenangi lahan sawah milik petani setempat.

“Kami bersama masyarakat dengan menggunakan peralatan seadanya membersihkan bendungan buatan dan rumput rumput yang menjalar kesungai agar arus air sungai kembali normal,” ucap Serda Andi Rahman.

Meskipun dengan alat seadanya dan kurang maksimal hasilnya, yang terpenting arus sungai sudah bisa mengalir dan sebagian rumput rumput sudah dibersihkan.

Baca :  PT Arwana Citra Mulia Hibahkan 10.000 M2 Keramik Untuk Kodam II/Swj

Babinsa Serda Andi Rahman juga mengajak warga setempat untuk bersama-sama membersihkan aliran sungai.

Tak lupa Babinsa juga menghimbau kepada warga agar selalu menjaga sistim perairan disekitaran sungai terutama jangan buang sampah sembarangan di aliran sungai terutama dahan-dahan pohon dan pelepah sawit, tandasnya. (Ramil 05/Sengeti)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Gelapnya Malam Bukan Halangan Bagi Satgas TMMD Jemput Material Bangunan

Warta TNI

Jenderal Dudung Abdurachman : Pemimpin Yang Baik Selalu Diidamkan Kehadirannya Oleh Anak Buah

Warta TNI

Pangdam XVII/Cenderawasih Gelar Konferensi Pers Terkait Perkembangan Kasus Pembunuhan dan Mutilasi yang Dilakukan Oknum TNI

Warta TNI

Semarak Hari Kemerdekaan RI, Dandim 0415/Jambi Bersama Wali Kota Jambi Bagikan Bendera Kepada Warga

Warta TNI

Dandim 0415/Jambi Ingatkan Prajurit Pedomani Tujuh Pelanggaran Berat

Warta TNI

Pangdam XVII/Cenderawasih Terima Kunjungan Pimpinan Bank Mayapada Jayapura

Warta TNI

Dandim Jambi Serahkan Bingkisan Lebaran ke Awak Media

Warta TNI

Babinsa Koramil 09/Telanaipura Ikuti Rapat Koordinasi Terkait Strategi Pelaksanaan Tracing