172 Pasukan Penjaga Perdamaian Dunia KIZI TNI Kontingen Garuda XX-T Monusco Tiba Di Indonesia Wakasad : Tugas Prajurit Adalah Menciptakan Kedamaian dan Rasa Aman KRI Diponegoro-365 Laksanakan Latihan Bersama Dengan LAF-Air Force Panglima TNI Kunjungi Special Air Service Regiment (SASR) Langkah Budi Setiawan Kian Mantap Menatap Pilwako Jambi 2024

Home / Warta TNI

Rabu, 14 Juni 2023 - 13:08 WIB

Dandim 0415/Jambi Hadiri Apel Pelepasan Satgas Penanganan Karhutla Provinsi Jambi

Jambi, sriwijayadaily.co.id – Komandan Kodim 0415/Jambi Letkol Arm Eko Pristiono, SH., M.l.POL menghadiri kegiatan apel pelepasan Satgas penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Jambi, yang diselenggarakan dilapangan kantor BPBD Provinsi Jambi Kel. Pematang Sulur Kec. Telanaipura Kota Jambi, Rabu (14/06/2023).

Penyiapan dan pemberangkatan Satgas ini nantinya akan mengisi pos-pos yang telah dipersiapkan dan melakukan tugas-tugas ke daerah rawan Karhutla dengan melakukan sejumlah kegiatan pencegahan antara lain patroli, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan perkebunan dengan cara membakar.

Baca :  Atlet Karate Yonif 143/TWEJ Ukir Prestasi Di Kejurda Shokaido

Apel pelepasan dipimpin oleh Kepala BPBD Provinsi Jambi yang juga Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah, SH.,MH., selaku Wakil Komandan Satgas Karhutla Provinsi Jambi.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kasi Ops Kasrem 042/Gapu Kolonel Inf Ibnu Suharmanto, Kabag Ops Polda Jambi AKBP Herman Tamba, Ka Manggala Agni Prov. Jambi, PT. WKS, Danramil 415-09/Telanaipura, Pasi Ops Korem 042/Gapu dan Pasi Ops Kodim 0415/Jambi.

Baca :  Perbarui Data Masyarakat, Babinsa Koramil Pasar Lakukan Puldatater di Kelurahan

Dalam sambutannya, Bachyuni menegaskan pola kerja antar institusi yang tergabung dalam pos terpadu harus terus bersinergi dan berkolaborasi dalam melakukan upaya preventif, pencegahan, kesiapsiagaan dengan kegiatan sosialisasi, edukasi dan komunikasi ke masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan.

“Kebakaran hutan dan lahan akan menimbulkan dampak kerugian yang tidak sedikit, mulai dari kerusakan ekologi, menurunnya keanekaragaman hayati, perubahan iklim serta menimbulkan asap yang dapat mengganggu kesehatan.” ucapnya.

Baca :  Satgas Yonif 200/BN Gelar Acara Adat Bakar Batu Dihari Idul Fitri

Agar kejadian serupa tidak terulang kembali, diharapkan kewaspadaan dalam upaya mengantisipasi berbagai kemungkinan sedini mungkin, sehingga kebakaran hutan dan lahan dapat diminimalisir.

Masih menurut Bachyuni, keberadaan posko terpadu diharapkan dapat bekerja maksimal, efektif dan efisien serta fokus pada upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Tentang edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat, lakukan dengan persuasif dan santun dengan melibatkan semua pihak sebagai salah satu langkah nyata dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan, pintanya. (Pendim0415)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Sinergitas Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Bantu Puskesmas Sukseskan Vaksinasi Di Wilayah Deiyai

Warta TNI

Pihak Rektorat Unbari Apresiasi Pelaksanaan Vaksinasi Koramil Telanaipura

Warta TNI

Dukung Perilaku Hidup Sehat, Danramil 10/JS Ikuti Rakor Lintas Sektor

Warta TNI

Dandim Tanjab Pimpin Upacara Ziarah Nasional Hari Pahlawan

Warta TNI

Babinsa Koramil 415-06/Pijoan Laksanakan Pengamanan Pawai Obor Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Warta TNI

Danramil Sengeti Hadiri Pembukaan Pekan Olahraga Tingkat Kecamatan

Warta TNI

Pangdam XVII/Cenderawasih Tinjau Langsung TMMD Reg Ke-114 Kodim 1701/Jayapura Di Arso Timur Kab. Keerom

Warta TNI

Pastikan Perayaan Ibadah Natal Berjalan Aman Dan Jalankan Prokes, Personel Koramil Telanaipura Lakukan Pengamanan Gereja