Kolonel Eko Pristiono Membuka Secara Resmi Kejuaraan Dandim Cup Sumatra Drag Wars 2024 Pisah Sambut Dandim 0415/Jambi, Pj Walikota Jambi Apresiasi Kolaborasi Kolonel Eko Pristiono Dukung Program Ketahanan Pangan, Yonarmed 12 Kostrad Budidaya Ikan Lele TOB Berberati Kembali Mendapat Apresiasi Dari Tim COE Sinyal PAN Bersama Gerindra di Pilgub Jambi 2024, Zulhas Titip Al Haris ke Prabowo

Home / Warta TNI

Selasa, 20 Juni 2023 - 12:58 WIB

Dandim 0415/Jambi Ziarah ke Makam Ulama Karismatik Habib Idrus bin Hasan Al Jufri

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Mayoritas umat muslim di Indonesia memiliki kebiasaan untuk melakukan ziarah kubur baik kepada makam orang tua yang sudah meninggal atau makam para ulama (waliyullah).

Hal ini sudah menjadi tradisi, oleh sebab itu, di tempat-tempat makam tersebut sangat ramai dikunjungi oleh peziarah setiap harinya.

Ziarah kubur bukan hal yang dilarang. Hukumnya mustahab (dianjurkan). Di awal perjalanan Islam, perbuatan ini memang dilarang untuk menutup akses syirik. Ketika tauhid telah tertanam dihati para sahabat, ziarah kubur ini diizinkan dengan tata cara yang diisyaratkan.

Baca :  Kodim 0416/Bute Gelar Latihan Simulasi Penanggulangan Bencana Banjir

Siapa saja boleh berziarah sesuai dengan syariatnya. Tujuannya hanya untuk mendo’akan, bukan untuk pengagungan manusia dan perbuatan syirik dimana hal tersebut bertentangan dengan islam yang berlandaskan tauhid.

Mengharap keberkahan (Tabarukkan) dari Allah SWT dan mendo’akan ulama karismatik yang sudah meninggal, Komandan Kodim 0415/Jambi Letkol Arm Eko Pristiono, SH., M.I.P.O.L melakukan ziarah kubur ke makam Habib Idrus bin Hasan Al Jufri saat kunjungan kerja ke wilayah Danau Teluk Seberang kota Jambi, Selasa (20/6/23).

Baca :  Pimpin Upacara Bendera 17-an, Danrem 042/Gapu Bacakan Amanat Panglima TNI

Habib Idrus bin Hasan Al Jufri mendapat gelar Pangeran Wiro Kusumo karena menikahi sepupu dari Raja Jambi Sultan Thaha. Beliau merupakan salah satu ulama karismatik penyebar agama Islam di Kesultanan Jambi pada saat itu. Hingga kini makam beliau dijadikan Cagar Budaya dan tempat wisata religi oleh Pemerintah kota Jambi.

Menurut Dandim, mengingatkan kepada kematian, melembutkan hati dan mengingatkan akan akhirat adalah manfaat dari ziarah kubur.

Baca :  Pangdam II/Swj Pimpin Sertijab Kasdam dan Beberapa Pejabat Kodam

“Kita dapat mengambil pelajaran dari ziarah kubur untuk mengingat akhirat dan motivasi dalam mengarungi kehidupan dunia yang fana ini. Sehingga akan timbul rasa takut kepada Allah SWT, mendorong diri untuk selalu memikirkan akhirat dan memperbanyak amalan atau ibadah.” jelas Dandim.

Pelestarian cagar budaya dengan melakukan ziarah kubur tentunya akan berdampak positif, multiplier effect dalam memajukan taraf ekonomi warga setempat. UMKM akan tumbuh berkembang dengan baik dan masyarakatpun akan menikmati manfaatnya, imbuhnya. (Pendim 0415)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Cek Kesiapan Fisik, Siswa Diktuk Bintara TNI-AD TA.2024 Laksanakan Samapta Awal

Warta TNI

Kapolri Apresiasi ke Prajurit TNI Yang Kawal Tandu Sampai Berputar Saat Evakuasi Kapolda Jambi

Warta TNI

Cetak Generasi Muda Pancasilais, TNI AD Jangkau Gen Z Lewat Bootcamp

Warta TNI

Satgas TNI Kejar dan Tembak KST Yang Lakukan Pembunuhan Pekerja Pembangunan Puskesmas Omukia Puncak Papua

Warta TNI

Dandim 0416/Bute Bersama Kapolres Hadiri Peringatan Hari Disabilitas Internasional di SLB Muarabungo

Warta TNI

Kumdam IISriwijaya Gelar Syukuran Peringati HUT Ke-71 Korps Hukum Angkatan Darat

Warta TNI

Pangdam II/Sriwijaya Ikuti Tanam Perdana Cabe Di Jambi

Warta TNI

Babinsa Peltu Marjoko Dampingi Tim BPN Pemasangan Patok Batas Tanah Candi Muaro Jambi