Markas Kodim 0418/Palembang Kini Punya Kantor Baru Yonif 143/TWEJ Gelar Turnamen Bola Voli ‘Danyon Cup’ Se-Provinsi Lampung Jelang Pertandingan Gateball HUT Provinsi, Pendam II/Swj Gelar Laga Persahabatan Lawan Dinas Perkim Sumsel Satuan Intelijen TNI Cermat Memastikan Pelaku Penembak Danramil Aradide Paniai Membaca Pilkada Tanjabtim

Home / Warta TNI

Rabu, 6 September 2023 - 09:41 WIB

Meminimalisir Kabut Asap, Kodim 0420/Sarko Padamkan Api Di Tengah Hutan

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Pencemaran udara dari dampak kabut asap kebakaran hutan dan lahan akhir– akhir ini meresahkan masyarakat, aktivitas terganggu begitu juga terhadap kesehatan serta jarak pandang yang berkurang.

Untuk meminimalisir pencemaran atau meluasnnya polusi udara dari kabut asap kebakaran hutan dan lahan, anggota Kodim 0420/Sarko bersama dengan Manggala Agni Sumatera XIII, BPBD Sarolangun, Damkar Sarolangun dan warga berjibaku padamkan titik api yang ada di kawasan perkebunan warga Desa Bathin VIII Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi dan hutan sekitarnya.

Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Amaraldo Cornelius menjelaskan sekaligus menegaskan bahwasanya Kodim 0420/Sarko konsisten bersama instansi terkait lainnya bahu membahu secara gotong royong memadamkan api yang terdeteksi. Di Desa Tanjung Bathin VIII, dimana kali ini Mayor Inf Abdul Azis Efendi Danramil 04/Sarolangun yang memimpin operasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan serta berhasil memadamkan titik-titik api yang baru bermunculan.

Baca :  Jelang Ramadhan, Yonarmed 15/Cailendra Salurkan Alquran Dan Iqra' Ke Masjid Dan Mushola

Dilaporkan Mayor Inf Azis, kemunculan api dari area lahan perkebunan rumput liar sekitarnya dan tumbuhan lain yang kering. Sumber api kita belum tau. Akan tetapi ketika kami mendapat informasi adanya kemunculan titik api, dengan segera kami bergegas ke lokasi.

Baca :  Kodim 0416/Bute Launching Fasilitas Air Bersih Program TNI AD Manunggal Tahun 2024

Hal ini bisa cepat dilakukan dikarenakan personil yang sudah tergabung dalam satuan tugas (Satgas) bersama siaga penanggulangan kebakaran hutan dan lahan Kabupaten Sarolangun. Setiap perkembangan situasi terbaru kami laporkan ke Dandim 0420/Sarko, begitu juga setelah operasi pemadaman api berlangsung.

Di tegaskan kembali oleh Dandim 0420/Sarko, anggota satgas ini tidak sekedar mengecek hotspot titik api semata melainkan aksi nyata memadamkan api yang bermunculan.

Di wilayah Sarolangun tersebar beberapa lokasi posko satgas bersama, hal ini bertujuan guna memudahkan menjangkau wilayah yang dinyatakan rawan kebakaran hutan dan lahan.

Baca :  Berbagi Berkah Idul Fitri, Yonif 144 Salurkan Zakat Fitrah

Dengan adanya posko yang tersebar diharapkan penananganan langkah pencegahan cepat di atasi. Terbukti hasil dari operasi satgas gabungan bergerak cepat memadamkan kemunculan titik api sehingga meminimalisir meluasnya pencemaran kabut asap di Sarolangun dan sekitarnya.

Peran anggota satgas tersebut tidak hanya aksi nyata memadamkan api saja, melainkan juga aktif memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak membakar hutan dan lahan dengan dalih apapun, tutupnya.

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Babinsa Ajak Warga Cegah Karhutla

Warta TNI

Penyiapan Posko TMMD ke 117 Kodim 0416 Bute Jelang Kunjungan Wasev

Warta TNI

Berbagi Berkah Ramadhan, Satgas Yonif 143/TWEJ Beri Bantuan Di Perbatasan RI-PNG

Warta TNI

Pangdam XVII/Cenderawasih Pimpin Acara Penandatanganan Kontrak Dan Perjanjian Kerjasama Secara Kolektif Pengadaan Barang Dan Jasa TA 2023

Warta TNI

Tingkatkan Keimanan Anggota, Dandim 0415/Jambi Resmikan Mushola Al-Ikhlas Di Koramil Telanaipura

Warta TNI

Syukuri Berkah Ramadhan, Pendam II/Swj Berbagi Ke Masyarakat Pinggiran Kota Palembang

Warta TNI

Dandim 1710/Mimika Tinjau Lokasi Sasaran TMMD Ke-114 Di Distrik Mimika Barat

Warta TNI

Prajurit Marinir Korban Penyerangan KST Papua Telah Dievakuasi Dari Nduga