Danrem Gapu Brigjen TNI Rachmad Ikuti Apel Dansat Tersebar 2024 Di Lampung Shin Tae-yong Panggil 22 Pemain Untuk Laga Lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Program Pipanisasi Kasad, Wujudkan Mimpi Petani di Nganjuk Kunjungi Papua, Wakasad Tinjau Sarpras Satuan Jajaran TNI AD Berkontribusi Besar Turunkan Angka Stunting, 31 Babinsa Terima Penghargaan BKKBN

Home / Warta TNI

Senin, 25 September 2023 - 06:18 WIB

Peringati HUT Ke-78 TNI, Kodam II/Sriwijaya Bersama Lanal Dan Lanud SMH Palembang Gelar Baksos Kesehatan

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Peringatan HUT Ke-78 TNI Tahun 2023, memiliki makna untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa TNI berjiwa kesatria, militan, loyal, profesional dan modern serta mencerminkan Kemanunggalan dengan Rakyat.

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) Tahun 2023 yang diperingati setiap tanggal 5 Oktober, jajaran TNI yakni, Kodam II/Swj, Lanal Palembang dan Lanud SMH Palembang, menggelar kegiatan Bhakti Sosial (Baksos) Kesehatan.

Kegiatan Baksos Kesehatan yang dilangsungkan di Markas Kesehatan Kodam (Kesdam) ll/Sriwijaya, Kawasan Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, pada Minggu (24/09/2023) ini diisi dengan kegiatan Sunatan Massal, Operasi Katarak, Donor Darah dan Pelayanan Kesehatan Gratis ditambah dengan kegiatan Baksos Pembagian Sembako kepada masyarakat kurang mampu.

Kasdam II/Swj, Brigjen TNI Ruslan Effendy, S.I.P., mengatakan bahwa, ada dua kegiatan sekaligus yang diselenggarakan di Kesdam II/Swj pada pagi hari ini yakni, Bakti Sosial pemberian sembako dan Bakti Kesehatan.

Baca :  Yonif 143/TWEJ Bersama Warga Sigap Bersihkan Sampah Pasca Banjir

“Pertama Bakti Sosial dengan memberikan sembako kepada masyarakat umum, dan kedua Bakti Kesehatan. Untuk Bakti Kesehatan, kegiatannya seperti donor darah, operasi katarak, pengobatan gratis dan sunatan massal yang terbuka secara umum untuk masyarakat maupun prajurit”, ujar Brigjen TNI Ruslan Effendy, Minggu (24/09/2023), saat diwawancarai awak media di Aula Kesdam II/Swj.

“Untuk kegiatan Bakti Sosial, kita telah menggelar vicon dengan Bapak Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono. “Kita sampaikan bahwa, untuk penyaluran paket sembako kalau belum memenuhi target bisa melanjutkan keesokan harinya,” jelasnya.

Namun, sambung Brigjen TNI Ruslan, untuk Bakti Sosial dengan pembagian sembako sudah mencapai target. “Kita sudah mencapai target untuk Bakti Sosial, karena kita telah menyalurkan sebanyak 1.980 paket sembako,” terangnya.

Kasdam juga menuturkan bahwa, semua satuan jajaran di wilayah Kodam II/Swj menggelar kegiatan ini. “Jadi ada lima wilayah di bawah Kodam II/Swj yang menggelar kegiatan yang sama, seperti TNI AD, AL, AU hingga stakeholder ikut bersama-sama memeriahkan HUT ke-78 TNI melalui kegiatan kita ini,” ungkapnya.

Baca :  Pererat Kerja Sama Layanan Jasa Perbankan, Panglima TNI Tandatangani MOU Dengan Bank BRI, Mandiri dan BNI

Kolaborasi ini menggambarkan kesatuan dan keseragaman dalam semangat pengabdian kepada bangsa dan negara sekaligus mencerminkan komitmen TNI dalam melindungi dan memperkuat fondasi demokrasi di Indonesia.

“Sejalan dengan tema HUT Ke-78 TNI Tahun ini, yaitu, “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”, kata Kasdam.

“Tentunya apa yang kita lakukan sekarang ini baru sebentuk kecil dari apa yang seharusnya dapat di berikan kepada masyarakat. Untuk itu, Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan ini bukan tujuan, melainkan sebagai media untuk membangun semangat keberpihakan TNI terhadap masyarakat,” tuturnya.

Baca :  Nobar di MC Budi Setiawan Dipadati Penonton dan Dimeriahkan Doorprize

Dengan kegiatan ini akan terjalin hubungan harmonis antara TNI dan masyarakat, memberi manfaat kepada seluruh masyarakat dan prajurit TNI pada khususnya, dalam menumbuhkan semangat rasa solidaritas dan jiwa gotong royong, bahwa TNI adalah bagian dari masyarakat.

“Mari bersama-sama merayakan HUT Ke-78 TNI dengan semangat dan kebanggaan, seraya terus memegang teguh nilai-nilai demokrasi, persatuan dan keadilan yang menjadi landasan negara kita. Semoga Indonesia terus maju dan berkembang di bawah pengawalan yang kuat dari TNI Patriot NKRI,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara Bakti Sosial ini antara lain, Kapok Sahli Pangdam II/Swj, Danlanal, Danlanud SMH, Kasrem 044/Gapo, Asrendam II/Swj, para Asisten Kasdam II/Swj, LO TNI AU, para Dan/Kabalakdam II/Swj, Wakil Ketua dan Pengurus Dharma Pertiwi Daerah B, para Keluarga Besar TNI serta masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Share :

Baca Juga

Olahraga

Resmi Ditutup, Inilah Pemenang Kejuaraan Tenis Lapangan Dandim 0416 Bute Cup 2022

Warta TNI

Anggota Satgas TMMD Kodim 0416/Bute Ibadah Shalat Jumat Bersama Warga

Warta TNI

Brigjen TNI M Jangkung Widyanto Ajak Makan Bersama Prajurit Dan PNS Korem 045/Gaya

Warta TNI

Keceriaan Anak-Anak Papua Bersama Prajurit Satgas Yonif MR 412 Kostrad

Warta TNI

Pangdam II/Sriwijaya Apresiasi Walikota Jambi Berikan Bantuan Motor Operasional Babinsa

Warta TNI

Jum’at Berkah, Babinsa Kodim 0418/Plg Bersama Bhabinkamtibmas Bagikan Nasi Bungkus Ke Warga

Warta TNI

Panglima TNI: Selalu Berdoa Dalam Setiap Kegiatan dan Berbuat Baiklah Kepada Semua Orang

Warta TNI

Demi Sekolah, Satgas TNI 711/Rks Bantu Anak-Anak Seberangi Sungai Di Wilayah Perbatasan RI