Danrem Gapu Brigjen TNI Rachmad Ikuti Apel Dansat Tersebar 2024 Di Lampung Shin Tae-yong Panggil 22 Pemain Untuk Laga Lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Program Pipanisasi Kasad, Wujudkan Mimpi Petani di Nganjuk Kunjungi Papua, Wakasad Tinjau Sarpras Satuan Jajaran TNI AD Berkontribusi Besar Turunkan Angka Stunting, 31 Babinsa Terima Penghargaan BKKBN

Home / Warta TNI

Selasa, 3 Oktober 2023 - 19:44 WIB

Koramil Muara Tembesi Sukseskan Pekan Pelayanan Hari Kontrasepsi Sedunia

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Kodim 0415/Jambi terus mendorong keberhasilan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana). Salah satunya melalui kegiatan Bakti Sosial TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK), kerjasama Fasyankes TNI AD.

Dan kali ini Kodim 0415/Jambi melalui Koramil 03/Muara Tembesi berpartisipasi pada pekan pelayanan KB pada peringatan hari kontrasepsi sedunia tahun 2023 bertempat di Kantor Camat Muara Tembesi Kab. Batanghari Provinsi Jambi, Selasa (03/10/2023).

Koramil Muara Tembesi menurunkan personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) dalam rangka mendorong keberhasilan Program KB di tengah masyarakat untuk menjaring kesertaan KB pada pelayanan KB Gratis

Baca :  Atasi Kesulitan Warga, Babinsa Kodim 0423/BU Bantu Perbaiki Jembatan Rusak

“TNI AD mendukung dan terus bersinergi membangun kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui peran dan fungsi program Keluarga Berencana (KB),” kata Danramil Kapten Inf Abdul Rauf saat dikonfirmasi awak media.

Dikatakan Rauf, melalui dukungan ini menunjukkan langkah akselerasi terwujudnya SDM yang berkualitas menyongsong Indonesia Emas 2045. Dukungan dan kerjasama lintas sektor merupakan aksi implementasi Peraturan Presiden (Perpres) Tentang Percepatan Penurunan Stunting dalam aksi konvergensi pencegahan potensi risiko stunting, ujarnya.

Dukungan TNI dalam pelaksanaan program KB sebagai wujud konvergensi dan komitmen bersama dalam rangka peningkatan kualitas SDM dan pencegahan stunting di Kabupaten Batanghari, khususnya di Kecamatan Muara Tembesi.

Baca :  Ratusan Prajurit Jajaran Korem 032/WBR Stand By, Dapur Lapangan Akan Segera Digelar di Sungai Pua

“Kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk bekerja sama dalam upaya pencegahan dan percepatan penurunan stunting, sehingga menciptakan generasi penerus yang sehat, produktif, dan berkualitas,” ucapnya.

Aksi kolaborasi tersebut agar dapat menyasar target pelayanan KB pada peringatan hari kontrasepsi Kecamatan Muara Termbesi ini sebanyak 370 akseptor dengan metode kontrasepsi Pil : 305 orang; Kondom : 53 orang; IUD : 5 orang serta Implant : 12 orang.

“Mari raih kesempatan untuk mendapat pelayanan KB secara gratis dengan jenis kontrasepsi yang efektif mencegah kehamilan yaitu KB metode Implan, medis operatif pria (MOP) medis operatif wanita (MOW) dan alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR) atau Intera Uterine Device (IUD), imbuh Rauf.

Baca :  Manfaatkan Sungai-Sungai Besar, TNI AD - Kementan Bersinergi Wujudkan Hanpangan

MKJP merupakan kontrasepsi yang dapat dipakai dalam jangka waktu lama lebih dari 2 tahun, efektif dan efisien untuk tujuan pemakaian untuk menjarangkan kelahiran lebih dari 3 tahun atau mengakhiri kehamilan atau sudah tidak ingin menambah anak lagi.

Bahkan tindakan kontap pada wanita yang disebut kontap wanita atau MOW (Metode/medis Operasi Wanita) atau Tubektomi, sedangkan pada pria MOP (Metode/medis Operasi Pria) atau vasektomi dapat dilayani pada pekan pelayanan peringatan hari kontrasepsi ini, sebut Rauf.

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Masyarakat Pedalaman Papua Gembira Saat Satgas Yonif 143 Benahi Sarana Hiburan

Warta TNI

Dandim 0415/Jambi Tinjau Lokasi Ketahanan Pangan

Warta TNI

Kasad Tutup Seminar Nasional ke-6 TNI Angkatan Darat

Warta TNI

Upacara Bendera Tingkatkan Nasionalisme Prajurit Korem 042/Gapu

Warta TNI

Brigjen TNI Tri Wahyu Muttaqien Resmi Jabat Sebagai Irdam II/Sriwijaya

Warta TNI

Ini Arahan Pangdam II/Swj Kepada Prajurit, PNS dan Persit Korem 042/Gapu

Warta TNI

Dansatgas Yonif Raider 200/BN Kunjungi Rumah Kepala Suku Walesi

Warta TNI

Tali Asih Ketua Persit Cenderawasih Sampai Ke Masyarakat Perbatasan