Pembangunan Batalyon Penyangga, Wujud Komitmen TNI AD dalam Percepatan Pembangunan di Papua Wujudkan Situasi Keamanan Wilayah yang Kondusif, Aparat Gabungan Berhasil Amankan Homeyo Kodam I/BB Segera Bangun 5 Jembatan Bailey di Kabupaten Agam Progres Pembangunan Musholla Desa Fajar Indah Sudah Tahapan Pengecatan Usung Nuansa Dan Konsep Minimalis, Ini Penampakan RTLH TMMD Kodim 0404/Muara Enim

Home / Warta TNI

Sabtu, 7 Oktober 2023 - 22:07 WIB

Prajurit Kodim 0415/Jambi Lakukan Patroli Pencegahan Karhutla di Kumpeh Ulu

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Prediksi puncak musim kemarau pada 2023 terjadi pada bulan Agustus- September, akan tetapi memasuki bulan Oktober ini cuaca masih sangat panas. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab munculnya karhutla.

Diprediksi musim kemarau masih akan berlangsung hingga akhir bulan. Musim kemarau akan memperparah potensi kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) disejumlah wilayah di Prop. Jambi.

Satgas Karhutla Prop. Jambi telah melakukan mitigasi kebakaran hutan dengan sebaik mungkin. Beberapa upaya yang telah dilaksanakan antara lain memetakan wilayah rawan kebakaran untuk ditangani, pengelolaan kawasan hutan dengan membuat aliran, sekat bakar dan sekat kanal, pembuatan embung air, pengembangan hutan kemasyarakatan, pelatihan penanggulangan bencana dan pengembangan inovasi pengendalian Karhutla serta patroli rutin karhutla.

Baca :  Berkontribusi Besar Turunkan Angka Stunting, 31 Babinsa Terima Penghargaan BKKBN

Guna meminimalisir dan melakukan upaya pencegahan karhutla, Kodim 0415/Jambi melakukan patroli Pengamanan dan Pencegahan Bencana Karhutla di Kec. Kumpeh Ulu Kab. Muaro Jambi, Sabtu (07/10/2023).

Kegiatan patroli ini rutin dilakukan oleh Satgas Karhutla, edukasi dan pendekatan secara persuasif terus dilakukan agar masyarakat dikawasan rawan Karhutla mau ikut berperan aktif dalam menjaga kawasan hutan dan lahan dari bencana kebakaran.

Baca :  Kasad Terima Penyerahan Jabatan Ka RSPAD dan Pimpin Sertijab 7 Jabatan Strategis TNI AD

Dikutip dari pesan Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, S.I.P., M.M., selaku Plh Dansatgas Karhutla Prop. Jambi saat rapat koordinasi penanganan Karhutla di Kab. Tebo beberapa hari yang lalu, bahwa kerjasama lintas instansi menjadi kunci keberhasilan dalam menghadapi situasi karhutla.

Dipastikan dengan adanya kerjasama dari semua pihak, akan dapat mengelola penanganan karhutla secara tuntas.

Baca :  Kaajendam II/Swj Pimpin Acara Tradisi Korps Raport Masuk & Pindah Satuan

Selaras dengan penanganan karhutla oleh Satgas, Dandim 0415/Jambi Letkol Arm Eko Pristiono, SH., M.I.Pol menegaskan akan mendukung sepenuhnya upaya-upaya yang dilakukan.

Kekuatan personel Kodim 0415/Jambi beserta perangkatnya dapat digunakan dalam penanganan karhutla secara masif.

Dandim juga mengingatkan dampak negatif karhutla terhadap lingkungan dan makhluk hidup.

Kewaspadaan terhadap potensi karhutla harus diupayakan oleh semua orang. Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk penanganan karhutla agar lebih efektif, ujar Dandim.

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Panglima TNI Pantau Situasi Kamtibmas Malam Pergantian Tahun 2023

Warta TNI

Kunjungi Lahan Jagung Di Kabupaten Keerom, Pangdam XVII/Cenderawasih : Sukseskan Program Food Estate

Warta TNI

Kapendam Cenderawasih : Gerombolan KST Sebar Berita Hoax Tentang Adanya Warga Sipil Disiksa Prajurit TNI Di Intan Jaya

Warta TNI

Pangdam II/Sriwijaya Terima Audiensi HIPMI Sumsel

Warta TNI

Ratusan Pelajar SMA Negeri 1 Metro Terima Sosialisasi Penerimaan Prajurit TNI AD

Warta TNI

Pangdam II/Swj Jenguk Prajurit dan Keluarga Anggota Yang Sakit

Warta TNI

Bersama Masyarakat Satgas TMMD Kodim Tanjab Kebut Pemasangan Box Culvert

Warta TNI

Babinsa Koramil Sengeti Hadiri Rapat Kesiapan Seleksi Calon Paskibra Tingkat Kecamatan