Wakasad : Tugas Prajurit Adalah Menciptakan Kedamaian dan Rasa Aman KRI Diponegoro-365 Laksanakan Latihan Bersama Dengan LAF-Air Force Panglima TNI Kunjungi Special Air Service Regiment (SASR) Langkah Budi Setiawan Kian Mantap Menatap Pilwako Jambi 2024 Ini Alasan Danrem 081/DSJ Tanam Padi Dini Hari

Home / Warta TNI

Rabu, 21 Februari 2024 - 11:38 WIB

Kodim 0416/Bute Aktif Bantu Korban Banjir di Kabupaten Bungo dan Kabupaten Tebo

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Prajurit jajaran Kodim 0416/Bute selalu aktif dalam membantu korban terdampak bencana banjir yang melanda di wilayah Kabupaten Bungo dan Kabupaten Tebo pada akhir bulan Desember 2023 dan bulan Januari 2024.

Hal tersebut disampaikan Dandim 0416/Bute, Letkol Inf Arief Widyanto, S.E., M.Han., dalam rilisnya, Bungo, Jambi, Senin (19/02/2024).

Dandim 0416/Bute, mengungkapkan, dalam operasi kemanusiaan yang dilakukan, Kodim 0416/Bute fokus pada evakuasi korban banjir, terutama kelompok lansia, serta mendirikan dapur umum untuk memberikan bantuan langsung kepada masyarakat yang terdampak.

Baca :  Wujud Penghargaan Kepada Prajurit, Danrem 044/Gapo Gelar Upacara Kenaikan Pangkat

“Kami merasa terpanggil untuk memberikan bantuan secepat mungkin kepada masyarakat yang terkena dampak banjir ini,” ungkap Letkol Inf Arief Widyanto.

Arief mengatakan, dalam beberapa pekan terakhir anggota Kodim 0416/Bute telah bekerja keras untuk melakukan evakuasi, khususnya lansia yang merupakan kelompok rentan dalam situasi bencana seperti ini.

“Kami merasa terpanggil untuk memberikan bantuan secepat mungkin kepada masyarakat yang terkena dampak banjir ini,” ujarnya.

Lebih lanjut kata Arief, anggota Kodim 0416/Bute khususnya Babinsa telah terlibat secara aktif dalam proses evakuasi, menyelamatkan dan membawa warga yang terdampak menuju tempat yang lebih aman.

Baca :  Pasca Banjir, Prajurit Kodim 0405/Lahat Bantu Warga Bersihkan Material Sampah

“Langkah ini bertujuan untuk memberikan perlindungan dan kenyamanan khususnya bagi lansia yang membutuhkan perhatian ekstra”, imbuhnya.

Selain itu, kata dia, Kodim 0416/Bute juga mendirikan dapur umum untuk menyediakan makanan bagi warga yang terisolasi akibat banjir.

“Dapur umum ini menjadi tempat bagi masyarakat untuk mendapatkan bantuan pangan secara langsung. Personel TNI secara rutin menyalurkan bantuan tersebut langsung ke rumah-rumah korban banjir, memastikan bahwa bantuan mencapai mereka yang membutuhkan,” pungkasnya.

Baca :  Kasad Ajak Ribuan Anggota Pramuka Bersatu Dengan Alam

Sementara itu, Gubernur Jambi, Dr. H. Al Haris, S.Sos., M.H., mengapresiasi langkah-langkah yang diambil oleh Kodim 0416/Bute.

“Kehadiran dan keterlibatan TNI dalam penanganan bencana banjir ini sangat membantu”, kata Al Haris.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik antara TNI dan pemerintah daerah dalam memberikan bantuan dan kenyamanan kepada masyarakat yang terdampak”, ucapnya.

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Danramil Jambi Timur Turut Berjibaku Bantu Padamkan Kebakaran Rumah Warga

Warta TNI

Laksanakan Binter Di Daerah Penugasan, Satgas Yonif Raider 200/BN Anjangsana Kerumah Warga Kampung Wakolani

Warta TNI

Pangdam III/Siliwangi : “Pembinaan Tidak Boleh Lemah, Pembinaan Harus Keras Apapun Alasannya

Warta TNI

Keceriaan Anak-Anak Papua Bersama Prajurit Satgas Yonif MR 412 Kostrad

Warta TNI

Danlantamal V Hadiri Pembacaan Memorandum Jelang Sertijab Pangarmada II

Warta TNI

Berantas Buta Aksara, Satgas Yonif 125/SMB Ajarkan Calistung Kepada Anak Di Papua

Warta TNI

Menteri LHK Dukung Inovasi Pangdam III Siliwangi Atasi Sampah

Warta TNI

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Raksatama Bekali Ilmu Kesehatan Kepada Pelajar SD Di Perbatasan Papua