Bentuk Siswa Jadi Hiu – Hiu Muda Petarung, Dikmata TNI AL Angkatan 44/1 Laksanakan Lattek Berganda 14 Ribu Lebih Personel TNI – Polri Amankan KTT World Water Forum Ke-10 Di Bali Melalui Aplikasi Pusat Informasi Teritorial Diharapkan Babinsa Punya Kemampuan TCLC yang Optimal Di Lapangan Korem 132/Tadulako Bagi Jenderal TNI Agus Subiyanto Punya Kenangan yang Mendalam Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 111/KB Periksa Keluar Masuk Barang Ilegal Di Perbatasan

Home / Warta TNI

Senin, 15 April 2024 - 06:59 WIB

Jenazah Danramil Oktavianus Sogalrey Korban Penembakan Gerombolan OPM Dimakamkan Secara Militer

SRIWIJAYADAILY PAPUA TENGAH – Bertempat di Rumah Duka Kelurahan Kaliharapan, Distrik Nabire, Kab. Nabire, Provinsi Papua Tengah, Minggu (14/4) Pukul 13.00 Wit telah dilaksanakan prosesi persemayaman dan pemakaman Jenazah Lettu Inf (Anumerta) Oktavianus Sogalrey (Danramil 1703-04/Aradide) dipimpin oleh Brigjen TNI Franz Yohanes Purba, S.I.P., M.M. (Danrem 173/PVB)

Dikutip dari keterangan tertulis Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, S.E.,M.M bahwa kegiatan ini dihadiri sekitar 300 orang,

Turut hadir Pj. Sekda Prov. Papua Tengah, Kapolres Nabire, Dandim 1703/Deiyai, Dankima Yonif 753/AVT, Kajari Kab. Nabire, Ketua Pengadilan Negeri Nabire, para Perwira TNI-POLRI garnisun Nabire dan pihak Keluarga serta kerabat almarhum

Kegiatan ini diawali dengan upacara pelepasan dan penyerahan Jenazah Lettu Inf (Anm) Oktavianus Sogalrey.

Lebih lanjut, Jenazah Alm dibawa menuju Taman Makam Pahlawan (TMP), Jln. Kusuma Bangsa, Distrik Nabire, Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah dengan menggunakan mobil Jenazah milik Kodim 1705/Nbr.

Baca :  Safari Ramadhan Pangdam II/Swj Bersama Forkopimda di Masjid Makodam

Setibanya di TMP seluruh rangkaian Pemakaman Jenazah Alm. Lettu Inf (Anumerta) Oktovianus Sogalrey berlangsung khidmat dan lancar diawali dengan Penaburan Bunga dan penimbunan liang lahat secara Simbolis oleh Brigjen TNI Franz Yohanes Purba, S.I.P., M.M (Danrem 173/PVB) dan keluarga.

Usai meletakan karangan bunga, Brigjen TNI Franz Yohanes Purba, S.I.P., M.M (Danrem 173/PVB) dalam sambutannya menyampaikan bahwa Almarhum Letda Inf Oktovianus Sogalrey semasa hidupnya telah menunjukkan Dharma Bhaktinya dengan baik dan bertanggung jawab kepada bangsa dan negara dengan menunjukkan kesetiaannya kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Selaku Komandan Korem 173/PVB, atas nama bangsa dan negara serta TNI, menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang sebesar- besarnya kepada Alm atas Dharma Bhaktinya kepada masyarakat, bangsa dan negara. Semoga amal ibadahnya diterima oleh Tuhan YME dan almarhum mendapat tempat yang layak disisinya,” ungkap Danrem.

Baca :  Pangdam Cenderawasih Bersama Mentan RI Tinjau Pompanisasi Di Tanah Miring

“Kepada seluruh pihak yang membantu dalam evakuasi jenazah hingga pada pemakaman maupun kegiatan – kegiatan keagamaan yang dilaksanakan, saya Komandan Korem 173/PVB, atas nama bangsa dan negara beserta pihak keluarga menyampaikan ucapan terima kasih, dan disertai dengan do’a agar bantuan yang telah diberikan baik moril maupun materiil semoga mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan YME,” tutup Brigjen TNI Franz Yohanes Purba, S.I.P., M.M.

Sebelumnya, Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, menjelaskan bahwa Oktovianus ditemukan tewas di ruas Jalan Trans Enarotali-Aradide, Kampung Pasir Putih, Distrik Eladide, Kabupaten Paniai, Papua Tengah, Kamis (11/4/2024) siang.

Baca :  Luar biasa! Prajurit Kodim OKI Bantu Pengobatan Kelainan Jenis Kelamin Warga Hingga Berhasil

Almarhum diserang dan ditembak oleh gerombolan OPM. “Para pelaku penyerangan dan penembakan ini adalah gerombolan OPM,” kata Candra ketika dikonfirmasi awak media.

Kejadian ini bermula saat Oktovianus keluar dari Markas Koramil 1703-4/Aradide sore hari Rabu (10/4/2024), namun ditunggu sampai Kamis pagi, dia tidak kembali. Kemudian, dilakukan pencarian, dan akhirnya Oktovianus ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Sebelumnya, pada Kamis pukul 09.00 WIT, masyarakat menemukan jenazah Oktovianus di ruas jalan Trans Enarotali-Aradide. Pada jasadnya ditemukan luka robek akibat senjata tajam pada bagian belakang kepala. Sepeda motor yang digunakan korban pun tidak ditemukan di lokasi kejadian.**

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Bantu Pengerjaan Pelebaran Bandara UN

Warta TNI

Danramil 08/Danau Teluk Sampaikan Materi Pada Lator Jab Intelijen

Warta TNI

Pertebal Keimanan Dan Ketakwaan, Anggota Rindam II/Swj Ikuti Penyuluhan Bintal Terpadu

Warta TNI

Latih Kedisiplinan dan Kekompakan, Satgas TMMD Ajarkan Baris Berbaris ke Pelajar SDN Teluk Gora 

Warta TNI

Aparat TNI Di Deiyai Bantu Kawal Pemulangan Jenazah Korban Penembakan OTK Papua

Warta TNI

Bersama Forum Teluk Kecimbung Peduli, Babinsa Distribusikan Bantuan Sosial Kepada Masyarakat

Warta TNI

Babinsa Hadiri Baksos dan Aniversary 1 Tahun Kampung Donor Darah Di Desa Mendalo Darat

Nasional

Mayjen TNI MS Fadhilah Resmi Jabat Wagub Lemhannas RI