Mantan Bupati Usman Ermulan Memuji Langkah Budi Setiawan Maju Sebagai Wali Kota Jambi 2024 Tanamkan Cinta Tanah Air, Yonarmed 15/Cailendra Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa-siswi SMK Ingatkan Peran Dansat, Kasad : Jangan Jadi Dansat Hanya Fotonya Saja! Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 111/KB Ajak Murid Sekolah Wujudkan Mimpi Dan Cita-Cita Satgas Yonif 122/TS Percepat Pembangunan Gereja di Daerah Perbatasan Bersama Warga 

Home / Warta TNI

Minggu, 20 Februari 2022 - 07:28 WIB

Satgas Yonif 123/RW Bersama Masyarakat Gelar Bakar Batu Di Kampung Yakyu

Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/RW bersama masyarakat Kampung Yakyu Distrik Sota Kab. Merauke Gelar Bakar Batu Sebagai ungkapan rasa syukurnya atas dimulai pembangunan Tower Komunikasi di kampung tersebut, Sabtu (19/02/2022). FOTO : PENDAM XVII/CENDERAWASIH

Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/RW bersama masyarakat Kampung Yakyu Distrik Sota Kab. Merauke Gelar Bakar Batu Sebagai ungkapan rasa syukurnya atas dimulai pembangunan Tower Komunikasi di kampung tersebut, Sabtu (19/02/2022). FOTO : PENDAM XVII/CENDERAWASIH

SRIWIJAYADAILY.CO.ID, Sota – Masyarakat Papua hingga saat ini masih memegang tradisi para leluhurnya. Tradisi-tradisi yang sarat nilai-nilai kemoralan yang harus terus dilestarikan. Salah satu tradisi yang masih dijalankan hingga kini adalah yang biasa dikenal sebagai Bakar Batu yang ada di Kampung Yakyu Distrik Sota Kab. Merauke.

Bakar batu adalah pesta syukur atas berkat yang melimpah, pernikahan dan penyambutan tamu agung. Seperti Halnya yang dilakukan Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/RW bersama masyarakat Kampung Yakyu Distrik Sota Kab. Merauke Sebagai ungkapan rasa syukurnya atas dimulai pembangunan Tower Komunikasi di kampung tersebut, Sabtu (19/02/2022).

Baca :  Percepat Optimasi Lahan Rawa, Pangdam II/Swj Gelar Rakor

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/Rw Letkol Inf Goklas P. Silaban mengatakan bahwa tradisi masyarakat Papua tersebut adalah tradisi turun temurun dari para leluhur.

“Dalam ritual bakar batu, terlihat betapa tingginya solidaritas dan kebersamaan masyarakat Papua. Memperlihatkan keramahtamahan masyarakat Papua dan kita turut melestarikan tradisi tersebut,” ucap Dansatgas.

Baca :  Safari Ramadhan Pangdam II/Swj, Ibadah dan Wahana Silaturahmi

Di tempat yang sama, Danpos Yakyu Letda Inf Darwin S. Manullang menjelaskan bahwa kedekatan dan kebersamaan Prajurit Pos Yakyu dan masyarakat Kampung Yakyu terjalin sangat baik.

“Hari ini kita bersama-sama warga melaksanakan tradisi bakar batu sebagai ungkapan rasa syukur atas akan berdirinya tower komunikasi, hal ini akan menjadikan Kampung Yakyu yang selama ini tidak ada sinyal komunikasi menjadi mudah dalam berinteraksi dengan masyarakat luar Kampung Yakyu, ini juga akan membuat perekonomian maupun kehidupan masyarakat Kampung Yakyu menjadi lebih maju dan sejahtera,” jelas Danpos Letda Inf Darwin.

Baca :  Pastikan Kesiapsiagaan, Kasad Dampingi Panglima TNI dan Kapolri Cek Prajurit

Sementara itu, Ketua Adat Kampung Yakyu Bapak Texi Ngaro Maywa mengatakan bahwa masyarakatnya sangat menjunjung tinggi tradisi leluhur dan mengucapkan terima kasih kepada Bapak-bapak TNI Pos Yakyu atas terselenggaranya tradisi ini.

“Saya berharap kebersamaan serta persaudaraan terus semakin kuat,” ucap Ketua Adat Bapak Texi. (Pendam XVII/Cenderawasih).

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Peringati Hari Pahlawan, Dandim 0419/Tanjab Pimpin Upacara Larung dan Tabur Bunga

Warta TNI

Pangdam II/Swj Ajak Generasi Muda Perkokoh Persatuan dan Pegang Teguh Nilai-nilai Pancasila

Warta TNI

Dandim 0413/Bangka Bersama Prajurit Lancarkan Serbuan Surprise Ke Satjar Polri

Warta TNI

Dandim 0416/Bute Panen Bawang Merah Bersama Forkopimda Bungo

Warta TNI

Bedah Rumah Tidak Layak Huni Program TMMD Di Talang Silungko Sudah Tahap Pengecatan Kusen Pintu dan Jendela

Warta TNI

Prajurit Koramil Telanaipura Ikuti Garjas Periodik

Warta TNI

Kodam II/Sriwijaya Gelar Bakti Sosial Di Kabupaten Pesawaran

Warta TNI

9 Perwira Remaja Ikuti Tradisi Penerimaan Warga Yonif 147/ KGJ