Gelar Pertemuan Tertutup, Budi Setiawan dan Hizbullah Bahas Tentang Pembangunan Kota Jambi Lebih Baik Digembleng Ala Militer, Atlet Sulteng Jalani Puslatda PON XXI, Brigjen TNI Dody Triwinarto : Mental Petarung dan Disiplin Bekali Peserta Seleksi Dansat Kewilayahan dan Tempur, Ini Pesan Wakasad Turun Langsung Temui Prajurit, Kasad Gali Aspirasi dan Cek Kesejahteraan Anggotanya Pimpin Sertijab dan Tradisi Korps, Pangdam Cenderawasih Tegaskan Pentingnya Kerjasama dan Konsistensi

Home / Warta TNI

Senin, 21 Februari 2022 - 08:38 WIB

Giatkan Budaya Goro, Koramil Telanaipura Intensifkan Peran Babinsa Di Wilayah Binaannya

Babinsa Kelurahan Selamat Ramil 09/Telanaipura,Sertu Rudiyanto, gotong royong dengan warga membersihkan lingkungan dan drainase. di RT. 26 Kelurahan Selamat Kec. Telanaipura, Jambi

Babinsa Kelurahan Selamat Ramil 09/Telanaipura,Sertu Rudiyanto, gotong royong dengan warga membersihkan lingkungan dan drainase. di RT. 26 Kelurahan Selamat Kec. Telanaipura, Jambi

SRIWIJAYADAILY.CO.ID, Jambi – Gotong royong bagi masyarakat Indonesia, kedengarannya sudah tidak asing lagi. Gotong royong merupakan satu diantara ciri khas dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Keberadaannya sudah mendarah daging, bahkan menjadi kepribadian bangsa dan merupakan budaya yang telah berakar kuat dalam kehidupan masyarakat.

Sebagai bagian dari kehidupan bermasyarakat, hampir seluruh daerah di Indonesia menanamkan nilai-nilai gotong royong.

Untuk menggiatkan kembali nilai gotong royong agar tidak punah di tengah-tengah masyarakat, Koramil 415-09/Telanaipura mengintensifkan peran para Babinsa di wilayah binaannya.

Baca :  Hidup Sebatang Kara, Satgas Pam Puter Enggano Sambangi Nenek Rokaya

Demikian dikatakan Danramil 415-09/Telanaipura Mayor Inf Widi Purwoko, SE dalam keterangan tertulisnya yang diterima awak media Sriwijayadaily, Minggu (20/2).

Lebih lanjut, Mayir Widi menjelaskan bahwa masing-masing Babinsa dituntut untuk selalu meningkatkan skill dan kualitasnya secara luas dalam rangka untuk melaksanakan pembinaan teritorial (Binter) di wilayah.

Hal lain yang harus dilakukan, yakni sering-sering melakukan komsos, karena pelaksanaan binter melalui komsos dinilai sangat efektif, tidak perlu menggunakan biaya yang mahal, tetapi sangat ampuh dan berhasil ciptakan tujuan binter di wilayah, ungkapnya.

Baca :  Pabung Muaro Jambi Hadiri Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Kabupaten

Seperti yang dilakukan salah satu Babinsa Kelurahan Selamat, Sertu Rudiyanto, Mayor Widi sangat mengaprerasi upayanya menggiatkan dan membangkitkan kembali gotong royong di RT. 26 dengan cara mengajak warga memanfaatkan hari libur kerja untuk membersihkan lingkungan dan drainase.

“Saya sangat bangga terhadap Babinsa yang cepat merespon perintah untuk terus melakukan binter dan komsos dengan teknik dan aplikasi sesuai dengan  kemampuannya masing-masing.” ujarnya.

Baca :  Panglima TNI Dampingi Presiden RI Resmikan Berbagai Fasilitas Pada Rangkaian Kunjungan Kerja Ke IKN

Lebih lanjut dikatakan, Keberadaan, fungsi dan peran Babinsa di wilayah binaannya harus mampu memberi manfaat yang positif bagi masyarakat yang dibinanya. “Melalui semangat dan pelaksanaan gotong royong ini, nilai-nilai kebersamaan dan manfaat silaturahmi akan dengan mudah dihadirkan/diwujudkan”, ungkapnya.

Jika masing-masing Babinsa mampu melakukan Komsos, menggiatkan gotong royong dan pembinaan teritorial secara baik secara berkuantitas dan berkualitas, maka simpatik dan Kemanunggalan TNI-Rakyat akan terwujud dengan baik, tutupnya. (**)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Sambut HUT Ke 78 TNI, Kodim 0419/Tanjab Ajak Warga Tungkal Gowes Bersama dan Lomba Mancing

Warta TNI

Korem 042/Gapu Gelar Syukuran HUT Ke 77 Kodam II/Sriwijaya

Warta TNI

Peringati HUT Ke-77 TNI, Kodim 0419/Tanjab Ziarah Ke TMP Yudha Satria Pengabuan

Warta TNI

Berikan Kejutan di HUT Ke 78 TNI, Dua Kapolsek Datangi Koramil 10/Jambi Selatan

Warta TNI

Sisi Lain TMMD Di Tanjab Timur, Warga Sambut TNI Dengan Penuh Sukacita, Mereka Seperti Menemukan Keluarga Baru

Warta TNI

Tak Kenal Lelah Babinsa Bagikan Masker Gratis Ke Masyarakat

Warta TNI

Peduli Petugas PAM Nataru, Dandim 0416/Bute Bersama Forkopimda Tebo Berikan Bingkisan

Warta TNI

Bersama Tiga Kepala Daerah Lapogo, Kodim 1702/JWY Dorong Upaya Percepatan Perdamaian