Budi Setiawan Bakal Gelar Nobar Timnas U-23 Indonesia vs Uzbekistan di Media Center, Terbuka untuk Umum Tutup Apel Dansat 2024, TNI AD Lepas Tukik dan Burung ke Alam Liar Babinsa Ampel Hadiri Tradisi Grebeg Air Bersih Halal Bihalal Ala Pendam II/Swj Dengan Disperkim Sumsel Uji Kemampuan Fisik dan Mental Siswa Diktukba, Dodik Secaba Gelar Latihan Lintas Medan

Home / Warta TNI

Selasa, 8 Maret 2022 - 15:26 WIB

Kasad Resmikan Gedung C Makodam II/Swj Dan Gedung Makorem 044/Gapo

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menandatangani prasasti sebagai tanda selesainya Pembangunan Gedung C Makodam II/Swj dan Makorem 044/Gapo, Selasa (8/3/2022) bertempat di Lapangan Apel Makodam II/Swj Jln. Jenderal Sudirman KM. 2,5 Palembang.**

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menandatangani prasasti sebagai tanda selesainya Pembangunan Gedung C Makodam II/Swj dan Makorem 044/Gapo, Selasa (8/3/2022) bertempat di Lapangan Apel Makodam II/Swj Jln. Jenderal Sudirman KM. 2,5 Palembang.**

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman resmi menandatangani prasasti sebagai tanda selesainya Pembangunan Gedung C Makodam II/Swj dan Makorem 044/Gapo, Selasa (8/3/2022) bertempat di Lapangan Apel Makodam II/Swj Jln. Jenderal Sudirman KM. 2,5 Palembang.

Pembangunan Gedung C Makodam II/Swj merupakan hibah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan. Pengerjaan pembangunan dimulai pada 4 Juni hingga 30 November 2021 atau selama 180 hari. Gedung dengan luas 460 meter persegi dibangun di atas lahan 1.016 meter persegi.

Gedung berlantai 4 ini sendiri dilengkapi dengan lahan parkir setinggi tiga lantai, sementara lantai paling atas akan ditempatkan personel Pendam II/Swj dan Persit KCK. Gedung ini sendiri dilengkapi lift dan videotron dengan luas layar 6×14 meter persegi.

Baca :  Komandan Kontingen Egypt : Terima Kasih Satgas Kizi Minusca XXXVII-J

Kasad menilai pembangunan gedung Makodam II/Swj sangat luar biasa. Bahkan selama kunjungan hampir di seluruh Provinsi di Indonesia, Sumatera Selatan dipimpin Gubernur yang sangat luar biasa.

“Anggaran AD sangat terbatas, hanya dibatasi belanja personel sementara Alutsista dari Kemenkumham. Jika ada biaya pemeliharaan, tidak lebih dari Rp. 10 miliar untuk jajaran Kodam,” kata Kasad.

Dalam kesempatan itu, Kasad juga mengenang sewaktu bertugas di jajaran Kodam II/Swj baik saat berpangkat Mayor maupun Letkol ketika menjabat Dandim 0406/MLM.

“Oleh sebab itulah, gedung ini harus bisa dimanfaatkan untuk lebih profesional, etos kerja harus ditingkatkan. TNI AD juga harus hadir di tengah masyarakat, sekecil apapun masalahnya harus menjadi solusi,” pesan Kasad.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi mengatakan bahwa, pembangunan gedung Makodam II/Swj ini dilatarbelakangi dengan pemanfaatan lapangan sebagai lahan parkir personel. Bahkan, pada saat acara tertentu, kendaraan terparkir di depan rumah warga sehingga mengganggu warga untuk beraktivitas.

Baca :  Beri Rasa Aman, Babinsa Kodim Bangka Bersama Bhabinkamtibmas Pantau Situasi Pasar

“Dengan kondisi seperti ini, saya selanjutnya menghadap ke Gubernur Sumsel dan alhamdulillah disetujui untuk dilakukan pembangunan,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengatakan, pembangunan gedung Makodam II/Swj ini tetap mempertahankan nilai sejarah. Sehingga warisan sejarah tetap terjaga meski dilakukan pembangunan.

Baca :  Satgas Yonif 200/BN Gelar Acara Adat Bakar Batu Dihari Idul Fitri

“Sebenarnya saya ingin membangun tower yang tinggi. Tapi karena bangunan ini merupakan warisan budaya sehingga kita hanya bisa melakukan pembangunan di Gedung C ini,” ujarnya.

Namun demikian, pembangunan gedung ini tidak sebanding dengan kemitraan yang sudah terjalin baik di tingkat Kodam, Korem, Kodim hingga Koramil. Sehingga Sumatera Selatan Zero Konflik. “Saya ucapkan terima kasih atas kemitraan yang sudah terjalin,” ucapnya.

Tampak hadir dalam acara peresmian tersebut, Ketua Umum Persit KCK, Koorsahli Kasad, Aspers Kasad, Kapolda Sumsel, Ketua DPRD Sumsel, Kasdam II/Swj, para Danrem, FKUB Sumsel dan sejumlah pejabat utama Kodam II/Swj beserta tamu undangan lainnya. (Pendam II/Swj)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Koramil Oksibil Temui Masyarakat Dalam Upaya Pencarian Korban Hanyut Di Sungai Digoel

Warta TNI

Musim Panen Tiba, Babinsa Yudi Epianto Berjibaku Di Tengah Sawah

Warta TNI

Tumbuhkan Kebersamaan, Satgas Yonif 143/TWEJ Berbagi Dengan Anak-Anak Di Tapal Batas RI-PNG

Warta TNI

Korem 045/Garuda Jaya Melaksanakan Tes Kesegaran Jasmani Periodik dan UKP

Warta TNI

Melalui Pendekatan Religius, Pangdam XVII/Cenderawasih Hadiri Doa Bersama Di Gereja Pendeta Lenga

Warta TNI

Kasad : Jabatan Adalah Amanah yang Harus Dipertanggungjawabkan

Warta TNI

Momen HUT Ke 78 TNI, Danramil Pelayangan Dapat Kejutan Dari Kapolsek

Warta TNI

Korem 042/Gapu Gelar Apel Kelengkapan Kendaraan DInas