Kode Berpasangan Lagi di Pilgub Jambi, Inilah Bukti Keakraban Al Haris dan Abdullah Sani 142 Orang Putra Terbaik Bangsa Ikuti Pendidikan Secata Di Rindam II/Swj Navy Fun Run Hardikal Ke-78, Ribuan Runners Jelajahi Kawah Candradimuka TNI AL Bumimoro Dikmata TNI AD 2024, Tempa Ribuan Putra Bangsa Jadi Prajurit Sejati Pangdam II/Swj Ingatkan Para Dansatgas TMMD 120 Agar Anggaran yang di Percayakan ke TNI Harus Dipertanggungjawabkan

Home / Nasional / Warta TNI

Selasa, 26 April 2022 - 19:23 WIB

Pasca Penangkapan Kapal Bermuatan Nikel, TNI AL Lanjutkan Pemeriksaan

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Pasca penangkapan kapal bermuatan nikel, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) terus melanjutkan pemeriksaan.

Kapal TB. Biak 9 yang menarik tongkang BG. Intan 7506 dengan muatan Nikel Ore sejumlah 7.524,204 MT, di wilayah perairan Morowali dengan tujuan Morosi pada Kamis ditangkap oleh KRI Abdul Halim Perdanakusuma-355, Kamis (21/4/2022) Lalu.

Proses pelimpahan berkas dan barang bukti penangkapan berupa dokumen dan 9 ABK TB. Biak 9 yang berada di KRI AHP 355, diserah terimakan dari Komandan KRI Abdul Halim Perdana Kusuma (AHP)-355 Kolonel Laut (P) Ludfy ST kepada Komandan Pos TNI AL Morowali Kapten Laut (T) Abdullah Ketut Abdigalung di geladak helly KRI AHP 355 yang sandar di dermaga Jety 8 IMIP.

Baca :  Berkah Ramadhan, Yonarmed 15/Cailendra Berbagi Takjil Gratis

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Palu, Letkol Laut (P) M. Catur Soelistyono, saat menggelar konferensi pers di wilayah perairan Bahodopi membenarkan adanya pelimpahan pemeriksaan TB Biak 9 ditangkap akibat diduga melakukan pelanggaran Undang-Undang Pelayaran yang sampai saat ini proses pemeriksaan masih berlangsung.

Baca :  Antisipasi Darurat Pangan Nasional, Korem 081/DSJ Targetkan 1800 Hektar Tanaman Padi dan Jagung

“Atas perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono, terkait tindak lanjut pelanggaran di laut, kepada Pangkoarmada II  agar memerintahkan Lantamal jajarannya  dan satuan dibawahnya termasuk Lanal Palu untuk melakukan patroli,” ungkapnya, Selasa (26/4/2022).

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam penekanannya kepada seluruh jajaran TNI AL agar mendukung penuh kebijakan pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi nasional (PEN), sehingga para komandan lapangan tidak boleh ragu ambil keputusan sesuai lingkup kewenangannya.

Baca :  Perwira Muda TNI AD Persembahkan Perspektif Indonesia dalam Diskusi Panel Isu Strategis Kawasan Asia Tenggara di Seskoad Amerika Serikat

Setelah dilaksanakan pemeriksaan awal KRI AHP-355, ditemukan bahwa kapal tersebut melakukan pelanggaran yakni Loading Port di dokumen tidak sesuai dengan pemuatan kargo, Sertifikat Kualifikasi dan kompetensi ABK tidak sesuai, kapal juga tidak menyalakan Automatic Identification System (AIS).

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Danrem 042/Gapu Hadiri Peresmian Ground Breaking Jalan Khusus Batubara

Warta TNI

Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI, Pangdam XVII/Cenderawasih Pesan Jaga Kedamaian Di Tanah Papua

Warta TNI

Pangdam XVII/Cenderawasih Pimpin Sidang Pantukhir Tamtama PK TA 2022

Warta TNI

Perjusami Pramuka SWK Kodim 0419/Tanjab Ditutup, Ini Harapan Dandim

Warta TNI

Satgas Yonif Raider 142/KJ Ikuti Apel Gabungan TNI/Polri dan ASN Pemkab Yalimo

Warta TNI

Kebersamaan Umat Beragama, Satgas TNI 328/DGH Bagikan Alkitab Untuk Masyarakat Intan Jaya

Warta TNI

Danramil 09/TP Sampaikan Materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara

Warta TNI

Jaga Silaturahmi, Satgas Yonif Raider 200/BN Kunjungi Tokoh Agama Kampung Bolakme