Budi Setiawan Bakal Gelar Nobar Timnas U-23 Indonesia vs Uzbekistan di Media Center, Terbuka untuk Umum Tutup Apel Dansat 2024, TNI AD Lepas Tukik dan Burung ke Alam Liar Babinsa Ampel Hadiri Tradisi Grebeg Air Bersih Halal Bihalal Ala Pendam II/Swj Dengan Disperkim Sumsel Uji Kemampuan Fisik dan Mental Siswa Diktukba, Dodik Secaba Gelar Latihan Lintas Medan

Home / Warta TNI

Kamis, 5 Mei 2022 - 11:57 WIB

Babinsa Bergotong Royong Bersama Warga Kampung Kokonao Membuat Pancang Penahan Abrasi

SRWIIJAYADAILY.CO.ID ~ Pengikisan pantai yang diakibatkan oleh tenaga gelombang laut dan arus laut atau pasang surut yang bersifat merusak. Kondisi ini biasanya disebuat oleh masyarakat sebagai erosi pantai atau Abrasi.

Banyak cara untuk mencegak Abrasi antara lain, menanam tanaman di sepanjang pantai atau pingggiran perairan, menjaga terumbu karang dan membangun penahan gelombang.

Inilah yang memotivasi Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) di wilayah Kab. Mimika untuk meningkatkan perannya dalam menjaga lingkungan.

Baca :  Puspen TNI Gelar Rakornispen TNI Tahun 2024: “Soliditas Jajaran Penerangan TNI Siap Mewujudkan TNI Prima Menuju Indonesia Maju”

Peran Apkowil yaitu Babinsa Koramil 1710-01/Kokonao dirasakan sangat bermanfaat di lingkungan masyarakat dan mendapat respon positif karena selama ini Babinsa selalu memberikan solusi saat ada permasalahan.

Salah satunya, Babinsa berkontribusi mencari solusi dan membantu dalam mencegah Abrasi atau erosi disekitar perairan.

Baca :  Zikir Para Penyair Tahun 2024 di TBJ "Teater Tonggak Menuju Ulang Tahun Perak"

Kali ini Babinsa Koramil 1710-01/Kuala Kencana dipimpin Serka Sunaga membantu sekaligus bergotong royong membuat Pancang Penahan Abrasi Lingkungan di Kp. Kokonao Distrik Mimika Barat Kab. Mimika, Kamis (5/05/2022).

Bersama warga setempat saling bahu membahu dan pembuatan pancang tersebut sebagai cermin kemanunggalan TNI bersama Rakyat.

“Gotong royong merupakan budaya nenek moyang kita yang harus kita jaga dan lestarikan, banyak hal positif yang bisa kita ambil dari gotong rotong dan paling utama pekerjaan kita akan terasa ringan,cepat serta sebagai sarana memupuk rasa kebersamaan, “ungkap Serka Sinaga.

Baca :  Buka Akses Penghubung, Kodam II/Swj Pasang Jembatan Bailey Payo Putat

“Warga sangat antusias, karena pembuatan pancangan ini sangat berguna mencegah Abrasi, sehingga kedepan diharapkan dapat meminimalisir terjadinya erosi,” tutupnya saat bersama warga. (Pendam XVII/Cenderawasih) .

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Kumpulkan Ribuan Dansat, Kasad Tekankan Hal ini

Warta TNI

Bincang Hangat Satgas Yonif 143/TWEJ Bersama Tokoh Agama Dan Kepala Kampung Di Pedalaman Papua

Warta TNI

Etape Pertama Tall Ship Race Selesai, KRI Bima Suci Tetap Menjadi Peserta Spektakuler

Warta TNI

Membangun Kepercayaan, Menguatkan Kemitraan, Kadispenad Silaturahmi ke Divhumas Polri

Warta TNI

Keluarga Besar Koramil 415-06/Pijoan Bagikan Takjil Ramadan

Warta TNI

Ketua Persit KCK Koorcab Rem 042 PD II/Swj Serahkan Bantuan Untuk Masjid Nurul Akbar Yonif 142/KJ

Warta TNI

Bakal Tampil pada HUT Ke 77 TNI, Kasad Cek Kesiapan Drumband Canka Panorama

Warta TNI

Sebanyak 32 Personel Kodam Cenderawasih Di Berangkatkan Ke Tanah Suci Makkah Untuk Melaksanakan Umroh