Berikan Senyum Keceriaan Anak-Anak Lebanon, Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R / UNIFIL Selenggarakan Education Program Bela Diri Taktis, Tajamkan Kemampuan Tempur Prajurit Dari Kampung Ivi Hamad, Merauke, TNI AD Dukung Ketahanan Pangan Antisipasi Darurat Pangan Nasional, Korem 081/DSJ Targetkan 1800 Hektar Tanaman Padi dan Jagung Rabinniscab Komlek TNI AD, Kapushubad : Lakukan Inovasi dan Kreatifitas Untuk Majukan Satuan dan Profesionalitas Prajurit

Home / Warta TNI

Rabu, 11 Mei 2022 - 10:18 WIB

Peran Aktif Babinsa Koramil Telanaipura Dalam Mensosialisasikan Komponen Cadangan

Personil Koramil 09/Telanaipura Kodim 0415/Jambi Sertu Erizal, Babinsa Kelurahan Beliung melaksanakan Komsos dengan Aparat Kelurahan bertempat di Kantor Kelurahan Beliung Kec. Alam Barajo Kota Jambi./ Foto : Widi

Personil Koramil 09/Telanaipura Kodim 0415/Jambi Sertu Erizal, Babinsa Kelurahan Beliung melaksanakan Komsos dengan Aparat Kelurahan bertempat di Kantor Kelurahan Beliung Kec. Alam Barajo Kota Jambi./ Foto : Widi

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Dalam rangka meningkatkan sinergitas di wilayah binaanya, Personil Koramil 09/Telanaipura Kodim 0415/Jambi Sertu Erizal, Babinsa Kelurahan Beliung melaksanakan kegiatan Komsos dengan Aparat Kelurahan bertempat di Kantor Kelurahan Beliung Kec. Alam Barajo Kota Jambi.

Tugas seorang Babinsa adalah melaksanakan kegiatan kewilayahan, untuk mewujudkan ketahanan wilayah serta kemanunggalan TNI rakyat. Salah satu upayanya dengan mendata kembali wilayah binaannya yang meliputi geografi, demografi maupun kondisi sosial secara berkala agar mengetahui perkembangan wilayah binaan.

Kegiatan komsos yang ia lakukan bersama perangkat kelurahan kali ini bertujuan agar terwujud dan terpeliharanya komunikasi dan silaturahmi dengan tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh pemuda, sehingga dapat tersampaikan secara langsung kebijakan-kebijakan pemerintah dan TNI, sekaligus terjalin sinergitas dalam mewujudkan kondisi yang tangguh.

Baca :  Tekan Inflasi, Kodim 0405/Lahat Bersama Pemda Lahat Lakukan Gerakan 'Macak'

Terkini, Koramil 415-09/Telanaipura melalui Babinsa di wilayah sangat intens melaksanakan Komsos tentang perekrutan komponen cadangan (Komcad).

“Komsos yang saya lakukan kali ini dalam rangka mensosialisasikan perekrutan Komcad dengan menggandeng aparat Kelurahan serta Ketua RT. Ia mengaku kebersamaan yang terbentuk menjadi modal besar keuntungan dalam pelaksanaan sosialisasi kepada warga di wilayah”, ungkapnya.

Baca :  Pangdam XVII/Cenderawasih Gelar Halal Bihalal Bersama Prajurit dan PNS

Merujuk UU No. 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk pertahanan negara, komcad adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan komponen utama, yaitu TNI.

Pembentukan komcad dilakukan setelah Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN).

Baca :  Panglima TNI Sambut Kedatangan Hercules TNI AU C-130 J Selesai Misi Palestina

Terpisah, Danramil 415-09/Telanaipura Mayor Inf Widi Purwoko, SE, merespon positif kreativitas Babinsa dalam melaksanakan perekrutan Komcad kepada warga di wilayah binaannya.

“Saya sangat respec terhadap kiprah Babinsa yang gencar mensosialisasikan perekrutan Komcad diwilayahnya. Semoga dengan inovasi dan kreativitas yang dilakukan, mampu menjawab perintah dan mampu meningkatkan animo peminat menjadi anggota Komcad.” tegasnya lewat pesan tertulisnya melalui WA, Rabu (511/5).

Ia juga mengaku telah melakukan koordinasi pula secara aktif dengan Komandan Resimen Mahasiswa (Danmenwa) H. Badar tentang perekrutan Komcad tersebut, imbuhnya.**

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Tutup Tahun 2021, Korem 173/PVB Gelar Doa Bersama

Warta TNI

Dandim 0415/Jambi Dampingi Danrem Antar Pangdam Sriwijaya di Bandara Sultan Thaha Jambi

Warta TNI

Dandim 0416/Bute Ikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi RI Ke-78

Warta TNI

Korem 045/Gaya Siapkan Satu Peleton Penegakan Penggunaan Aplikasi Peduli Lindungi

Warta TNI

Antisipasi Banjir, Babinsa dan Pemdes Pantau Debit Air Sungai Batanghari

Warta TNI

Pangdam XVII/Cenderawasih Saksikan Grand Final Turnamen E-Sports Piala Kasad Tahun 2022 Secara Virtual

Warta TNI

Tanamkan Jiwa Memiliki Satuan, Anggota Koramil 05/Sengeti Lakukan Pembersihan Pangkalan

Warta TNI

Kodiklatad Ikuti Webinar Kesehatan Tentang Peduli Kanker Prostat Di Command And Coordination Center