Berikan Senyum Keceriaan Anak-Anak Lebanon, Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R / UNIFIL Selenggarakan Education Program Bela Diri Taktis, Tajamkan Kemampuan Tempur Prajurit Dari Kampung Ivi Hamad, Merauke, TNI AD Dukung Ketahanan Pangan Antisipasi Darurat Pangan Nasional, Korem 081/DSJ Targetkan 1800 Hektar Tanaman Padi dan Jagung Rabinniscab Komlek TNI AD, Kapushubad : Lakukan Inovasi dan Kreatifitas Untuk Majukan Satuan dan Profesionalitas Prajurit

Home / Warta TNI

Senin, 16 Mei 2022 - 18:01 WIB

Babinsa Koramil 09/TP Ajak Warga Hidupkan Kembali Pos Kamling

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Lingkungan masyarakat kecil ditingkat RT, memerlukan sistem keamanan lingkungan secara swamandiri dengan pengaturan dan pelibatan masyarakat secara keseluruhan. Sistem ini biasa disebut dengan siskamling.

Siskamling merupakan upaya bersama dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat dalam memberikan perlindungan dan pengamanan bagi masyarakat dengan mengutamakan upaya pencegahan dan menangkal berbagai bentuk ancaman dan gangguan kamtibmas.

Sebagai salah satu upaya untuk memenuhi tuntutan kebutuhan akan kondisi keamanan dan ketertiban dilingkungan, Babinsa Koramil 415-09/Telanaipura mengajak warganya di wilayah binaan untuk mengoptimalkan peran dan keikutsertaan masyarakat dalam menjalankan siskamling.

Baca :  Perbarui Data Masyarakat, Babinsa Koramil Pasar Lakukan Puldatater di Kelurahan

Ditemui saat ikut gotong royong memperbaiki pos ronda di RT. 09, Serda Supriyanto yang merupakan Babinsa di Kelurahan Murni Kecamatan Danau Sipin, Kota Jambi, menegaskan tujuan penyelenggaraan siskamling yakni menciptakan situasi dan kondisi yang aman, tertib, tenteram dilingkungan masing-masing, sehingga terwujud kesadaran warga masyarakat dilingkungannya dalam penanggulangan terhadap kemungkinan timbulnya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Baca :  Safari Ramadhan Pangdam II/Swj, Ibadah dan Wahana Silaturahmi

“Meningkatnya gangguan kamtibmas sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yakni masalah ekonomi. Oleh sebab itu, untuk menanggulanginya diperlukan pelaksanaan siskamling secara optimal.” ujar Supriyanto.

Sementara itu, Danramil 415-09/Telanaipura Mayor Inf Widi Purwoko, SE sangat mengapresiasi Babinsanya yang peduli dan mampu mengajak warga di wilayah binaannya untuk mewujudkan pembangunan pos ronda dan mengoptimalkan kegiatan siskamling.

Baca :  TNI AD Manunggal Air Datang, Warga Perbatasan Pun Senang

Menurutnya, keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) merupakan kebutuhan yang tidak lepas dari jalannya roda pembangunan nasional secara umum, khususnya masyarakat untuk menjaga keamanan individu dan lingkungan.

“Masalah Kamtibmas bukan semata-mata menjadi tanggung jawab aparat keamanan saja, namun menjadi tanggung jawab semua pihak secara terpadu untuk mengupayakan kondisi kamtibmas yang terkendali.” tegas Danramil. (**)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

TMMD Ke-114 Kodim 0417/Kerinci TA 2022 Resmi Ditutup

Warta TNI

Danrem 172/PWY : Mari Bersama-sama Mendampingi Seniman Papua Untuk Mengembangkan Seni

Warta TNI

Danrem 121/Abw Kunjungi Pos-Pos Satgas Pamtas RI-Malaysia

Warta TNI

Satgas Pamtas Yonif 645/GTY Bantu Evakuasi Warga Terdampak Banjir dan Bagikan Bantuan Sembako

Warta TNI

Diiringi Lagu Nasional, Ksatria Tengkorak bersama Brimob Damai Cartenz Borong Hasil Bumi Masyarakat Intan Jaya

Warta TNI

Danrem 042/Gapu Bersama Kapolda Jambi Panen Cabai Bareng Unsur Forkompinda Tebo

Warta TNI

Bangun Generasi Cerdas Berkualitas, Satgas Yonif Raider 142 Ajari Anak Papua Membaca

Warta TNI

Pimpin Upacara Bulanan, Dandim 0415/Jambi Bacakan Amanat Kasad