Prajurit Yonif 144/Jaya Yudha Melaksanakan Lomba Memasak Peringati HUT KORPRI Ke-52 Tahun 2023, PNS TNI Kodam II/Sriwijaya Menggelar Acara Syukuran Resmi Jadi Kepala Staf TNI AD, Jenderal Maruli Simanjuntak Pastikan TNI AD Netral di Pemilu 2024 Babinsa Ajak Warga Berdayakan Sampah Menjadi Tabungan Emas Gaspoll, Hari Pertama Kerja Danrem 042/Gapu Laksanakan Program Kodam II/Sriwijaya Masuk Kampus

Home / Pendam II Sriwijaya / Warta TNI

Sabtu, 23 September 2023 - 16:21 WIB

Hingga Malam Prajurit Kodim 0429/Lamtim Bersama Aparat Lain Dan Masyarakat Padamkan Api

SRIWIJAYADAILY.CO.ID –┬áKebakaran Hutan (Karhutla) di Taman Nasional Way Kambas (TNWK) kembali terjadi di Wilayah Seksi 1 Resort Susukan Baru Desa Rantau Jaya Udik ll, Kecamatan Sukadana Kabupaten, Lampung Timur, Jum’at (22/9/2023)

Informasi kebakaran disampaikan oleh Saudara Amit yang sedang berjaga di menara pantau Susukan mulai melihat titik api pada Pukul 13.00 WIB, kemudian pihaknya menghubungi Babinsa, Bhabinkamtibmas serta personel Polhut, Manggala Agni, Mitra Polhut, perangkat desa serta warga masyarakat untuk melakukan pemadaman.

Baca :  Pangdam II/Sriwijaya Lepas Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J/Minusca Car Yonzipur 2/SG Ke Afrika Tengah

Susahnya medan, rumput ilalang dan semak belukar kering yang terbakar serta tiupan angin yang kencang membuat personel gabungan mengalami kesusahan melakukan pemadaman api.

Meskipun hanya menggunakan tangki semprot manual 30 buah, 2 unit mobil tangki pemadam TNWK, 3 unit mobil pengangkut air dan 1 unit bentor pengakut air, personel gabungan hingga malam hari tak kenal lelah terus berusaha memadamkan api yang telah melalap lokasi TNWK dimana luas dampak kebakaran sendiri belum bisa diperkirakan karena sampai dengan Pukul 20:00 WIB api belum padam.

Baca :  Personel Koramil 1703-01/Enarotali Mulai Menanam Bibit Di Lahan Kosong Milik Warga

Babinsa Koramil 429-05/Sukadana, Kodim 0429/Lamtim Serda Indra yang turut berjibaku memadamkan api menghimbau masyarakat agar tidak sembarangan membakar hutan maupun lahan.

“Mari kita berfikir yang rasional, jangan hanya berfikir untuk kepentingan sendiri/ kelompok karena dampak dari kebakaran ini sangat luar biasa, baik itu polusi, perekonomian bahkan ekosistem yang ada di hutan itu sendiri bahkan jika suda terjadi karhutla semua jadi repot” ujar Babinsa.

Baca :  Ukir Prestasi, Prajurit Yonzipur 2/SG Sumbang Medali Emas Muay Thay

Babinsa berharap, jika hanya dengan himbauan ataupun ajakan masih belum mempan bagi para pelaku pembakar hutan perlu adanya penegakan hukum.

“Upaya penegakan hukum sesuai dengan peraturan yang berlaku harus ditegakkan jika himbauan tidak lagi di gubris, untuk memberikan efek jera kepada para pembakar hutan dan lahan”, pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Kolaborasi Babinsa dan Mahasiswa Bersama Warga Gotong Royong Bersihkan Bantaran Sungai di Kecamatan Pelayangan

Warta TNI

Danramil Sengeti Hadiri Pembukaan Pekan Olahraga Tingkat Kecamatan

Warta TNI

Kasad Resmikan Museum Jayakarta Kodam Jaya

Puspen TNI

Museum Rekor Indonesia Incar Kegiatan TNI Menjelang HUT nya Ke-78

Warta TNI

Pangdam XVII/Cenderawasih Resmikan Pembangunan Sentra Industri Kakao Di Kampung Hanggai Hamong

Pendam II Sriwijaya

Peringati HUT KORPRI Ke-52 Tahun 2023, PNS TNI Kodam II/Sriwijaya Menggelar Acara Syukuran

Warta TNI

Peran Serta Tino, Situkang Batu Yang Turut Sukseskan TMMD 117

Warta TNI

Danrem 042/Gapu Pimpin Ziarah Nasional Peringatan HUT TNI ke – 77