Navy Fun Run Hardikal Ke-78, Ribuan Runners Jelajahi Kawah Candradimuka TNI AL Bumimoro Dikmata TNI AD 2024, Tempa Ribuan Putra Bangsa Jadi Prajurit Sejati Pangdam II/Swj Ingatkan Para Dansatgas TMMD 120 Agar Anggaran yang di Percayakan ke TNI Harus Dipertanggungjawabkan Halal Bihalal Pepabri Kota Jambi, Tingkatkan Tali Silaturahmi dan Persaudaraan Kasad : Kita Keroyok Ramai-Ramai, Demi Sejahterakan Petani

Home / Warta TNI

Senin, 13 Juni 2022 - 07:23 WIB

Jaga Kedaulatan Perairan Indonesia, Satgas TNI Pamputer XXV Pulau Brass Gelar Patroli Laut

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Untuk menjaga dan mengamankan wilayah Pulau terluar Indonesia, Prajurit Satgas Pamputer XXV yang di Komandani oleh Letda Mar (P) Bayu Parasetyo melaksanakan kegiatan Patroli Laut terbatas di wilayah Pulau Brass, Desa Mapia, Distrik Supiori Barat, Kabupaten Supiori, Provinsi Papua, Sabtu (11/06/2022).

Satuan Tugas Pengamanan Pulau Terluar (Satgas Pamputer) Pulau Brass yang berada di wilayah kerja Korem 173/PVB adalah berada di Pulau terluar paling utara Indonesia. Dimana selain Pulau Brass tersebut, terdapat lagi dua gugusan Pulau yang berada di sekitar wilayahnya yakni Pulau Pegun dan Pulau Fanildo.

Baca :  Pastikan Pekerjaan Berjalan Lancar, Dansatgas Kizi TNI Konga Cek Langsung Progress Pembuatan Drainase

Wilayah gugusan pulau tersebut di jaga oleh satuan TNI yg memiliki pos di Pulau Mapia. Selain adanya Satgas Pamputer Marinir, Pulau Brass dan sekitarnya juga dijaga oleh Posal TNI AL, Pos Babinsa TNI AD dan Pos Polmas Kab. Supiori.

Dengan dilakukannya Patroli Laut, Letda Mar (P) Bayu Parasetyo mengatakan, tugas pengamanan di wilayah Pulau Brass terbilang cukup berat karena berada di perairan Samudra Pasifik.

Baca :  Perkuat Ketahanan Pangan, Danrem 045/Gaya Bersama Forkopimda Tanam Cabai Serentak

“Memiliki laut dengan ombak besar serta sarana dan prasarana yang terbatas. Namun hal itu tidak menyurutkan personel Satgas untuk tetap melaksanakan Patroli Laut terbatas guna manjaga dan mengamankan wilayah Pulau terluar paling utara Indonesia tersebut,” kata Letda Mar (P) Bayu Parasetyo.

“Sebagai Pulau terluar paling Utara Indonesia, keberadaan Pulau Brass merupakan beranda NKRI yang harus diawasi dan dijaga keamanannya dari berbagai ancaman seperti Perompak, illegal fishing, dan illegal entry. Oleh karena itu personel Satgas Pamputer Pulau Brass secara rutin melaksanakan Patroli Laut terbatas,” imbuh Letda Bayu Parasetyo.

Baca :  Dandim 0416/Bute Gelar Buka Puasa Bersama Anak Yatim dan Santri

Di tempat yang sama, Sertu Sugiarto salah satu Babinsa di Desa Mapia menyampaikan untuk menjaga suatu keamanan diperlukan kegiatan patroli.

“Kita harus menjaga segala perbatasn-perbatasan agar terhindar dari ancaman siapapun. Dengan adanya patroli ini kami berusaha semaksimal mungkin untuk melaksanakan patroli laut pulau terluar Indonesia. Semoga dengan adanya patroli ini, kami berharap tetap terjaga kedaulatan NKRI selamanya,” ungkap Babinsa Paul. (Pendam XVII/Cenderawasih).

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Wakasad Tinjau Kesiapan Prajurit TNI AD Dalam Mengikuti Latma Super Garuda Shield 2022

Warta TNI

Jamin Kesiapan Operasi Satuan, Kasad Periksa Yonif 132/BS

Warta TNI

Pangdam II/Swj Dampingi Panglima TNI Dan Kapolri Tinjau Arus Mudik Di Bakauheni

Warta TNI

Jaga Batas NKRI Tetap Aman, Babinsa Boven Digoel Bersinergi Dengan Satgas TNI 410/Alugoro Lakukan Patroli Patok

Warta TNI

Danrem 042/Gapu Hadiri Peresmian Ground Breaking Jalan Khusus Batubara

Warta TNI

Perjuangan Sang Kapten Membuahkan Hasil, Kini Seorang Anak Pengidap Tumor di Batanghari Dibiayai Pemerintah

Warta TNI

Komsos Petani Cabe, Babinsa Koramil 21/Madat Berikan Motivasi dan Semangat

Warta TNI

Ketua Persit KCK Cabang XXIII Kodim 0415/Jambi Senam Sehat Bersama Anggota Di Koramil Telanaipura