Tutup Apel Dansat 2024, TNI AD Lepas Tukik dan Burung ke Alam Liar Babinsa Ampel Hadiri Tradisi Grebeg Air Bersih Halal Bihalal Ala Pendam II/Swj Dengan Disperkim Sumsel Uji Kemampuan Fisik dan Mental Siswa Diktukba, Dodik Secaba Gelar Latihan Lintas Medan Kaajendam II/Swj Pimpin Acara Tradisi Korps Raport Masuk & Pindah Satuan

Home / Warta TNI

Selasa, 12 Juli 2022 - 14:50 WIB

Dandim 0415/Jambi Apresiasi Upaya Jajarannya Kelola Lahan Tidur Untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan

Dandim 0415/Jambi Apresiasi Upaya yang Dilakukan Jajarannya Dalam Mengelola Lahan Tidur Untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan (Swjdaily/wd)

Dandim 0415/Jambi Apresiasi Upaya yang Dilakukan Jajarannya Dalam Mengelola Lahan Tidur Untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan (Swjdaily/wd)

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Komandan Kodim 0415/Jambi Kolonel inf Marsal Denny mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh jajarannya dalam menggerakkan masyarakat di wilayah binaannya untuk mengelola lahan tidur menjadi lahan usaha, demi meningkatkan ketahanan pangan daerah khususnya budidaya holtikultura.

Secara tegas dan konsisten akan kebut program ketahanan pangan dengan menggali potensi dan sumber daya alam berupa pemanfaatan pengelolaan lahan tidur yang ada di wilayah tanggung jawabnya.

Baca :  PM Japan Lantik 3 Perwira Remaja TNI Lulusan NDA

Hal ini selaras dengan program ketahanan pangan yang akan dilounching langsung dan dihadiri oleh Kasad Jendral TNI Dudung Abdurachman di Provinsi Jambi pada tanggal 18 Juli 2022 mendatang, ujar Dandim Jambi melalui rilis tertulisnya, Selasa (12/7/2022).

Menurut Kolonel Marsal Denny, Lahan terlantar atau yang biasa disebut lahan tidur, umumnya berupa lahan kritis yang miskin kandungan nutrisi, sehingga sulit digunakan untuk kegiatan pertanian pangan maupun tanaman lain yang cepat menunjukkan hasil.

Baca :  Klinik Makodam II/Swj Raih Akreditasi Paripurna dari Kemenkes RI

Optimalisasi pada lahan pertanian khususnya lahan tidur merupakan bentuk usaha untuk meningkatkan penggunaan sumber daya lahan menjadi lahan usaha tanaman pangan, holtikultura, perkebunan dll, sehingga dapat menjadi lahan usaha tani yang lebih produktif.

“Banyak potensi yang dapat dimanfaatkan dari lahan tidur agar dapat dikembangkan menjadi kawasan yang produktif dalam meningkatkan sumber daya alam, serta meningkatkan kreativitas dan menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya dampak negatif.” ujar Kolonel Denny.

Baca :  Resmi Sandang Melati Tiga, Kolonel Eko Pristiono : Semoga Kami Amanah

Dengan masifnya program pemanfaatan dan pengelolaan lahan tidur dalam mendukung ketahanan pangan, diharapkan kedepan semakin banyak kelompok masyarakat dan pemuda yang tergerak untuk mengelola lahan kosong/lahan tidur ditempat tinggalnya, sehingga tingkat pengangguran dapat ditekan, angka kriminalitas berkurang dan lingkungan secara otomatis juga terkelola dengan baik, tegas Dandim. (**)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Satgas Yonif Raider 142/KJ Bantu Layanan Kesehatan Masyarakat Di Perbatasan

Warta TNI

Ini Pesan Pangdam XVII/Cenderawasih Saat Hadiri Turnamen Bulu Tangkis Dalam Rangka Hari Juang TNI AD

Olahraga

Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko Juara 1 Lomba Tembak Walikota Cup HUT Ke-20 Kota Prabumulih

Warta TNI

Pastikan Kondusifitas Keamanan, Satgas Yonif 125/SMB Gelar Patroli Gabungan Di Seluruh Jajaran Pos

Warta TNI

Bincang Hangat Satgas Yonif 143/TWEJ Bersama Warga Pegunungan Bintang

Warta TNI

Perkuat Binter Di Wilayah, Kodim 0419/Tanjab Tambah Koramil Baru di Geragai

Warta TNI

Pertajam Teknik dan Naluri Bertempur, Pasukan TNI dan US Gelar Latihan Ambush

Warta TNI

Siaga Bencana, Kodim 0408/Bs Dan Polres Kaur Gelar Apel Kesiapsiagaan