Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 111/KB Ajak Murid Sekolah Wujudkan Mimpi Dan Cita-Cita Satgas Yonif 122/TS Percepat Pembangunan Gereja di Daerah Perbatasan Bersama Warga  Pasukan TNI Polri Gerak Cepat Lakukan Evakuasi Korban OPM Babinsa Komsos Sembari Berbagi Ilmu Cara Beternak Ayam Peduli Terhadap Masyarakat, Satgas Yonif 721/Makkasau Berikan Bantuan Pakaian Untuk Anak-anak Distrik Kanggime

Home / Warta TNI

Senin, 8 Agustus 2022 - 19:07 WIB

Dorong Kemajuan Perekonomian Papua, Satgas TNI 321/GT Perbaiki Jalan Trans Distrik Mbua

SRIWIJAYADAILY.CO.ID, Mbua – Sarana jalan merupakan infrastruktur yang sangat penting dan vital di suatu daerah manapun, baik tingkat Provinsi, Kabupaten, Kecamatan maupun Desa/Kampung.

Hal tersebut juga karena sarana jalan yang menghubungkan dari suatu daerah dengan daerah lain dan sangat berpengaruh terhadap aktivitas masyarakat dan faktor pendorong kemajuan ekonomi daerah.

Inilah yang memotivasi Satgas Yonif Raider 321/GT untuk mengajak sekaligus bersama masyarakat pegunungan tengah Distrik Mbua, Kabupaten Nduga Papua, menggelar gotong royong memperbaiki Jalan Trans Wamena-Nduga yang rusak akibat diterjang banjir pada hari Minggu (7/8).

Baca :  Prajurit Kodim 0415/Jambi Berikan Ceramah Isra' Mi'raj di Mesjid Alaqobah Mayang Mangurai

Bencana banjir bandang dan tanah longsor itu, berdampak terhadap kerusakan kebun warga, bendungan penampungan air, dan jalan.

Demikian disampaikan Dansatgas Yonif Raider 321/GT Mayor Inf Ricky J Wuwung, S.Sos., M.I.P., dalam keterangannya. Senin (08/08/2022).

“Banjir bandang dan tanah longsor terjadi karena intensitas hujan 5 hari belakangan ini sangat tinggi. Akibatnya, perkebunan, bendungan air warga dan jalan tertimbun material longsor berupa bebatuan besar dan lumpur,” jelas Dansatgas Yonif Raider 321/GT Mayor Inf Ricky J Wuwung, S.Sos., M.I.P.

Lebih lanjut dikatakannya, dampak dari bencana itu juga mengakibatkan Jalan Trans Wamena-Nduga terputus dan amblas sepanjang lebih kurang 15 meter.

Baca :  Babinsa Hadiri Pelepasan Pegawai Kelurahan Memasuki Masa Purna Tugas

“Rusaknya jalan tersebut akibat terjangan material longsor berupa bebatuan dan meluapnya air sungai dari gunung,” kata Mayor Inf Ricky J Wuwung, S.Sos., M.I.P.

Akibat bencana itu angkutan mobil yang melayani mobilitas masyarakat Nduga khususnya Distrik Mbua dan Distrik Dal menuju Wamena dan sebaliknya terhenti sementara waktu.

Kemudian, pasca kejadian tersebut, Mayor Inf Ricky J Wuwung, S.Sos., M.I.P. selaku Dansatgas Yonif Raider 321/GT langsung aktif berkoordinasi dengan para tokoh agama, adat dan tokoh masyarakat.

Bahkan, mengerahkan personel Pos Mbua terjun ke lokasi bendungan air untuk melakukan pembersihan material longsor.

Baca :  Pelaku Pemalsu Plat Dinas TNI Ditangkap

Tidak hanya itu, prajurit Yonif Raider 321/GT berperan aktif mempercepat normalisasi mobilitas angkutan mobil yang melayani mobilitas logistik dan masyarakat dengan cara menangani longsor melalui kerja bakti dan gotong-royong bersama masyarakat untuk memperbaiki Jalan Trans Wamena-Nduga yang amblas.

“Kerja bakti ini merupakan wujud nyata bentuk kepedulian Satgas Yonif Raider 321/GT terhadap lingkungan, termasuk sosial dan kelangsungan aktivitas masyarakat, serta cepat tanggap bencana guna mengatasi kesulitan masyarakat,” tutup Dansatgas. (Pendam XVII/Cenderawasih).

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Sidang Parade Calon Tamtama PK TNI AD TA 2023 Panda Kodam II/SWJ Digelar

Warta TNI

Ucapkan HUT ke-78 TNI, Polsek Mestong Beri Surprise ke Markas Koramil 13/Sebapo

Warta TNI

Semarak HUT Kemerdekaan RI Ke-77, Seskoad Gelar Berbagai Lomba

Warta TNI

Prajurit Korem 042/Gapu Berkomitmen Menjunjung Tinggi Netralitas TNI Hadapi Pemilu 2024

Warta TNI

Kodim 0421/LS Melaksanakan Kegiatan Karbak TNI Bersihkan Aliran Sungai Dari Tumpukan Sampah

Warta TNI

Dukung Program Swasembada Pangan, Babinsa Lakukan Pendampingan Menanam Padi 

Warta TNI

Peduli Terhadap Pendidikan Anak Papua, Pos Wuyuneri Satgas Yonif RK 115/ML Launching Rumah Digital

Warta TNI

Satgas 712/Wiratama Berbagi Berkat untuk Gereja Distrik Tinggi Nambut di Peribadatan Hari Minggu