Semangat Satgas Yonif 200/BN Kunjungi Kampung Lani Timur Rumuskan Strategi Efisiensi dan Efektivitas Program, TNI AD Gelar Rakornis TMMD ke-120 Nobar di Makodam II/Swj, Ultras Garuda : Terima Kasih Bapak Pangdam..! Satgas Pamtas Yonarhanud 12/SBP Kembali Gagalkan Penyelundupan Puluhan Miras Ilegal Dari Malaysia Tumbuhkan Kecintaan Anak TK Kepada TNI, Yonarmed 15/Cailendra Adakan Wisata Edukasi Militer

Home / Warta TNI

Selasa, 16 Agustus 2022 - 06:42 WIB

Lestarikan Budaya Papua, Satgas TNI 301/PKS Sukseskan Acara Tradisi Bakar Batu Di Puncak Jaya

SRIWIJAYADAILY.CO.ID, Kalome – Adalah suatu bentuk kepedulian dan kewajiban Posramil Kalome Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS ikut membantu dalam penyiapan dan menghadiri acara tradisi bakar batu yang dilaksanakan pada hari minggu di Kampung Agape Distrik Kalome Kab. Puncak Jaya, Papua.

Demikian dikatakan Dansatgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany S.H., M.I.P dalam keterangannya, di Kota Baru Kab. Puncak Jaya, Papua, Senin (15/08/2022).

Diungkapkan Dansatgas bahwa dirinya telah menyampaikan kepada Prajurit Posramil Kalome untuk membantu masyarakat apabila membutuhkan dan mengusahakan hadir apabila masyarakat mengundang, khususnya pada acara adat seperti bakar batu tersebut.

Baca :  Pimpin Upacara Bendera 17-an, Danrem 042/Gapu Bacakan Amanat Panglima TNI

“Bantuan dan kehadiran ditengah-tengah masyarakat merupakan wujud nyata pelaksanaan tugas pokok Binter Satgas yaitu melalui pendekatan komunikasi sosial dengan masyarakat,” pungkasnya.

“Persatuan adalah kekuatan, ketika adanya keberagaman dan pemahaman yang sama, maka hal-hal yang indah akan terjadi, oleh karenanya sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita untuk selalu melestarikan keberagaman adat budaya yang menjadi identitas bangsa,” tambah Dansatgas.

Baca :  Sinergi TNI-Polri, Bersama Bagikan Sembako Di Bulan Suci

Turut hadir dalam acara bakar batu hari minggu tersebut, Danposramil Kalome Lettu Inf Adhega Alifianudine beserta 15 orang anggota, Ketua Klasis Gereja GIDI Agape Bapak Yeko Gire dan seluruh warga dari Kampung Kalome, Kampung Agape dan Kampung Kayougebur berjumlah kurang lebih 300 orang.

Di tempat yang sama, Danposramil Kalome Lettu Inf Adhega Alifianudine menyampaikan kegiatan tradisi bakar batu merupakan salah satu tradisi penting di Papua Pegunungan yang berupa ritual memasak bersama-sama warga satu kampung yang bertujuan untuk bersyukur, bersilaturahmi (mengumpulkan sanak saudara dan kerabat, menyambut kebahagiaan (kelahiran, perkawinan adat, penobatan kepala suku).

Baca :  Ultimatum Keras Pangkogabwilhan III : Bebaskan Pilot Susi Air dan Hentikan Pembantaian!

Disamping itu, Bapak Ketua Klasis Gereja Agape saat membuka acara mengucapkan terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kepada Pos TNI Kalome yang sudah datang di acara tersebut.

“Terima kasih sudah ikut serta dalam penyiapan acara bakar batu ini, kami berterima kasih sekali kepada Bapak-bapak Pos TNI yang selama ini sudah banyak membantu masyarakat kami,” ujar Bapak Ketua Klasis Gereja Agape. (Pendam XVII/Cenderawasih).

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Berbagi Berkah Ramadhan, Satgas Yonif 143/TWEJ Beri Bantuan Di Perbatasan RI-PNG

Warta TNI

TNI Terus Berupaya Hilangkan Trauma Masyarakat Dan Anak-Anak Pasca Teror Di Kab. Pegunungan Bintang

Warta TNI

Atasi Permasalahan Kesehatan Di Pedalaman Papua, Satgas TNI 142/KJ Bentuk TMC

Warta TNI

Kodim 0415/Jambi Canangkan Desa Mekarsari Makmur Menjadi Desa Mandiri

Warta TNI

Dandim 0415/Jambi Bersama Tokoh Elemen Masyarakat Gelar Silaturahmi Kebangsaan

Warta TNI

KASAL Sematkan Brevet Kehormatan Hidro-Oseanografi TNI AL Kepada Menhub RI

Warta TNI

Ini Pesantren yang Melaju ke Semi Final Liga Santri PSSI Piala Kasad 2022 Zona Provinsi Jambi

Warta TNI

Bahas Masalah Kesehatan, Babinsa Hadiri Musyawarah Masyarakat Kelurahan di Wilayah Talangbakung