Pangdam II/Swj Ingatkan Para Dansatgas TMMD 120 Agar Anggaran yang di Percayakan ke TNI Harus Dipertanggungjawabkan Halal Bihalal Pepabri Kota Jambi, Tingkatkan Tali Silaturahmi dan Persaudaraan Kasad : Kita Keroyok Ramai-Ramai, Demi Sejahterakan Petani Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI Rachmad Pimpin Sertijab Dandim Kerinci Dahaga Prestasi Bangsa, Pangdam II/Swj dan Ribuan Warga Nobar Final AFC-U23

Home / Warta TNI

Rabu, 14 September 2022 - 08:21 WIB

Pangdam XVII/Cenderawasih Bersama Komnas HAM RI Gelar Konferensi Pers Terkait Kasus Mutilasi 4 Warga Sipil di Mimika 

Pangdam XVII/Cenderawasih Bersama Komnas HAM RI Gelar Konferensi Pers Terkait Kasus Mutilasi 4 Warga Sipil di Mimika / FOTO : Pendam XVII/Cenderawasih

Pangdam XVII/Cenderawasih Bersama Komnas HAM RI Gelar Konferensi Pers Terkait Kasus Mutilasi 4 Warga Sipil di Mimika / FOTO : Pendam XVII/Cenderawasih

SRIWIJAYADAILY.CO.ID, Jayapura – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa menerima kunjungan Komnas HAM RI dipimpin Bapak Muhammad Choirul Anam selaku Komisioner Pemantauan/Penyelidikan, dalam rangka membahas perkembangan penyelidikan kasus pembunuhan disertai Mutilasi 4 warga sipil di Mimika, yang melibatkan oknum TNI AD dari Kesatuan Brigif 20/IJK/3 Kostrad, bertempat di Makodam XVII/Cenderawasih, Selasa (13/09/2022).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Kav Letkol Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H dalam keterangannya.

Dijelaskan Kapendam XVII/Cenderawasih bahwa dalam pertemuan tersebut Tim dari Komnas HAM RI didampingi oleh Ketua Perwakilan Komnas HAM Papua Bapak Frits Ramandey.

“Pertemuan ini sebagai bentuk transparasi dalam proses hukum yang dilakukan oleh Kodam XVII/Cenderawasih terhadap keterlibatan Prajurit TNI dalam kasus pembunuhan yang terjadi di Mimika yang menyebabkan 4 warga sipil dari Nduga meninggal dunia. Yang kemudian pihak Komnas HAM diberikan akses untuk melihat secara utuh apa yang terjadi sebenarnya,” jelas Kapendam XVII/Cenderawasih.

Baca :  Jalin Silaturahmi, Pendam II/Swj Bersama Dinas Perkim Sumsel Galakkan Gate Ball

Adapun pejabat Kodam XVII/Cenderawasih yang turut hadir dalam pertemuan tersebut, Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Sidharta Wisnu Graha, Asintel Kasdam XVII/Cenderawasih, Kakumdam, dan Kapendam XVII/Cenderawasih.

Usai pertemuan, Pangdam XVII/Cenderawasih dan pihak Komnas HAM RI menggelar Conferensi Pers didepan awak media di Ruang Koridor Makodam XVII/Cenderawasih.

Mengawali Conferensi Pers, Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa selaku Pangdam XVII/Cenderawasih mengucapkan terimakasih atas kedatangan Komnas HAM RI didampingi Perwakilan Komnas HAM Papua untuk bersama-sama menyelesaikan permasalahan kasus pembunuhan 4 warga sipil di Mimika yang melibatkan oknum Prajurit TNI AD.

Baca :  Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI Rachmad Pimpin Sertijab Dandim Kerinci

“Saya berharap dengan adanya kerjasama ini, akan semakin transparan dalam proses hukum yang sedang berjalan. Sehingga dapat memberikan keadilan atau kepastian hukum,” pungkas Pangdam XVII/Cenderawasih.

“Demikian pula, kasus penganiayaan yang terjadi di Mappi yang diduga adanya keterlibatan Prajurit TNI AD, saat ini sedang dalam proses pemeriksaan di Denpom Merauke. Meskipun secara adat telah dapat diselesaikan, namun proses hukum tetap berjalan,” tambah Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa.

Baca :  Tertib Hukum, Pangdam II/Swj Perpanjang SIM di Polrestabes Palembang

Di tempat yang sama, Bapak Muhammad Choirul Anam selaku Komisioner Pemantauan/Penyelidikan Komnas HAM RI menyampaikan komitmennya tentang keterbukaan dalam kasus yang ada di Mimika, sesuau dengan proses hukum.

“Kami berterima kasih kepada Pangdam XVII/Cenderawasih yang telah transparan dan memberikan akses kepada kami Komnas HAM. Setelah ini Kami akan meminta keterangan langsung kepada para tersangka yang sudah ada di Jayapura saat ini. Supaya proses hukumnya semakin cepat terselesaikan,” ucap Bapak Muhammad Choirul Anam.

“Kami terus memonitor perkembangan kasus ini dan diharapkan kasus ini dapat terang benderang dan secepatnya dapat diselesaikan,” pungkasnya. (Pendam XVII/Cenderawasih).

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Jelang KTT AIS, Koopssus TNI Laksanakan Deployment Force di Titik-Titik Vital Pelaksanaan KTT AIS

Warta TNI

Pangdam II/Sriwijaya Rakor Bersama Forkopimda Sumsel Bahas Percepatan Penanganan Copid-19 Dan Pemulihan Ekonomi

Warta TNI

Danrem 042/Gapu Terima Audiensi Kepala BNN Jambi

Warta TNI

Pastikan Kesiapan Tempur Satuan Arhanud, Kasad Tinjau Latihan Menembak Senjata Berat

Warta TNI

Ini Pesan Dandim 0415/Jambi Usai Kesebelasan Ponpes JFA Raih Juara Tiga Di Liga Santri Piala Kasad Zona Provinsi Jambi

Warta TNI

Dislitbangad Uji Coba Shockbreaker Tank AMX-13 Retrofit Buatan Dalam Negeri

Warta TNI

Anggota Koramil Jambi Selatan Dampingi Tim the Rising Tide A Resonance 2023

Warta TNI

Kodim 0415/Jambi Sosialisasikan Penyaluran Bantuan Tunai Pangan TNI TA 2022