Kode Berpasangan Lagi di Pilgub Jambi, Inilah Bukti Keakraban Al Haris dan Abdullah Sani 142 Orang Putra Terbaik Bangsa Ikuti Pendidikan Secata Di Rindam II/Swj Navy Fun Run Hardikal Ke-78, Ribuan Runners Jelajahi Kawah Candradimuka TNI AL Bumimoro Dikmata TNI AD 2024, Tempa Ribuan Putra Bangsa Jadi Prajurit Sejati Pangdam II/Swj Ingatkan Para Dansatgas TMMD 120 Agar Anggaran yang di Percayakan ke TNI Harus Dipertanggungjawabkan

Home / Warta TNI

Sabtu, 17 September 2022 - 18:59 WIB

Penuhi Adat Dan Permintaan Keluarga, Satgas Yonif R 600/Modang Berikan Uang Adat Di Atas Peti Disaksikan Warga

Penuhi Adat Dan Permintaan Keluarga, Satgas Yonif R 600/Modang Berikan Uang Adat Di Atas Peti Disaksikan Warga (FOTO : Istimewa)

Penuhi Adat Dan Permintaan Keluarga, Satgas Yonif R 600/Modang Berikan Uang Adat Di Atas Peti Disaksikan Warga (FOTO : Istimewa)

SRIWIJAYADAILY.CO.ID, Mappi – Turut berdukacita atas meninggalnya warga masyarakat Alm. Sdr Bruno Amenim Kimko yang diduga akibat penganiayaan oleh Prajurit TNI dari Satgas Yonif R 600/Modang.

Terkait hal tersebut, atas mediasi yang dilakukan oleh Tokoh Adat Bade dengan pihak keluarga pada hari Rabu (31/8/2022) Satgas Yonif R 600/Modang memenuhi tuntutan adat dan permintaan pihak keluarga dari Alm Sdr Bruno Amenim Kimko untuk menyerahkan uang sebesar Rp. 200.000.000,- (Dua Ratus Juta Rupiah) sebagai uang kepala diserahkan di atas peti jenazah kepada keluarga korban, bertempat di rumah duka Kelurahan Bade, Distrik Edera, Kab. Mappi.

Demikian disampaikan Dansatgas Yonif R 600/Modang Mayor Inf Karuniawan Hanif, S.E., M.M saat dikonfirmasi, Jumat (16/9/2022)

Baca :  Kodam II/Sriwijaya Gelar Sholat Idul Fitri di Lapangan Makodam II/Swj

Dansatgas Yonif R 600/Modang mengungkapkan berdasarkan permintaan pihak keluarga Alm beserta Para Tokoh Adat, bahwa personel TNI yang terlibat dalam kejadian tersebut diminta menyelesaikan secara adat sesuai kearifan lokal yang berlaku di Bade Mappi, termasuk semua mekanismenya harus sesuai yang disampaikan oleh Para Tokoh Adat dan pihak keluarga Almarhum.

“Jadi semua tatacara penyerahan uang kepala yang merupakan istilah adat, kemudian ditaruh di atas peti, semua adalah mengikuti prosesi adat dan keinginan keluarga Almarhum,” jelas Dansatgas.

“Kemudian kami membantu seluruh proses persemayaman sampai dengan pemakaman jenazah Almarhum di TPU Kampung Mememu, Kelurahan Bade, Distrik Edera, Kab. Mappi, Kamis (1/9) pkl.13.30 Wit,” tambahnya.

Baca :  Kasad : Laporkan ke Kami Jika Ada Indikasi Ketidaknetralan Prajurit

Diketahui bersama, dalam proses penyelesaian permasalahan tersebut, telah dilakukan pertemuan para tokoh, pihak Aparat pemerintah, keluarga dan Aparat TNI Polri serta warga masyarakat, Jumat (2/8) pkl. 10.00 Wit bertempat di gedung Soska, Kelurahan Bade, Distrik Edera, Kab. Mappi untuk membahas permasalahan penganiayaan yang diduga dilakukan oleh personel Satgas Yonif R 600/Modang.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Dansatgas Yonif R 600/Modang Mayor Inf Karuniawan Hanif, S.E., M.M, Pabung Kab. Mappi, Danramil Bade Lettu Inf Anton Kalambia, Kadistrik Edera, Kanit Provost Polsek Bade, Kepala Suku Auyu Bade Bapak Oweren Fridus, Ketua Dewan Adat Bade Bapak Hipoletus D Ikamtahayahai, Bapak Robert Sumagai, Pastor Dominikus, Kepala Suku Jawa Bugis, NTT dan tokoh perempuan dan pihak keluarga Almarhum.

Baca :  Pimpin Upacara Bendera 17-an, Danrem 042/Gapu Bacakan Amanat Panglima TNI

Menelisik perkembangan kejadian tersebut, sampai saat ini proses hukum terus berjalan dan Aparat TNI yang bertugas di Pos Bade dari Satgas Yonif R 600/Modang sedang diperiksa di Denpom Merauke.

“Memang benar, meskipun secara adat telah kami selesaikan. Namun proses hukum terus berjalan dan saat personel TNI yang diduga terlibat dalam kasus ini sedang diperiksa di Denpom Merauke,” tegas Dansatgas Yonif R 600/Modang. (Pendam XVII/Cenderawasih).

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Pasis Seskoad Terima Pembekalan Dari Kapoksahli Kodam I/BB

Warta TNI

Sinergitas TNI-Polri Dan Pemkab Nabire Dalam Menekan Penularan Virus Covid 19 Varian Omicron

Warta TNI

Mantap!!! Prajurit Yonif 147/KGJ Dominasi Ajang Babel Run 2023

Warta TNI

Danrem 042/Gapu Pimpin Apel Gelar Pasukan Pam VVIP Kunker Presiden RI di Wilayah Jambi

Warta TNI

Pesan Kasdam XVII/Cenderawasih Dalam Deklarasi PPNP RI Di Tugu Pepera Papua

Warta TNI

Danrem 042/Gapu Ajak Pelajar Menabung Sejak Dini

Warta TNI

Kasad Cek Prajurit Di Perbatasan Entikong

Warta TNI

Kedatangan Danrem 045/Gaya Di Markas Yonif 147 Disambut Yel- Yel Dari Prajuit Ksatria Garuda Jaya