Syukuran HUT Ke-78 Persit KCK, Pangdam Ingatkan Peran Istri Prajurit Apel Siaga Brigade Alsintan Kodam III/Siliwangi Pangdam II/Swj Pimpin Sertijab Kasdam dan Beberapa Pejabat Kodam Dankodiklatal Buka Pendidikan 357 Siswa Bintara TNI AL Angkatan 44/1 Tahun 2024 Direktur Media Haris-Sani Musri Nauli, Hantar Haris-Sani Daftar ke Nasdem dan PKS

Home / Warta TNI

Selasa, 11 Oktober 2022 - 14:48 WIB

Aksi Heroik!! Satgas TNI 711/Rks Bantu Selamatkan 2 Anak-Anak Tenggelam Di Sungai

Aksi Heroik!! Satgas TNI 711/Rks Bantu Selamatkan 2 Anak-Anak Tenggelam Di Sungai (Foto Pendam XVII/Cenderawasih).

Aksi Heroik!! Satgas TNI 711/Rks Bantu Selamatkan 2 Anak-Anak Tenggelam Di Sungai (Foto Pendam XVII/Cenderawasih).

Keerom, sriwijayadaily.co.id – Aksi heroik yang diperlihatkan oleh prajurit TNI dari Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Brigif 22/OM yang berada di Pos Wambes menyelamatkan 2 (dua) anak bernama Domingkus (10 th) dan Junior (9) yang tenggelam terjatuh terbawa arus sungai di Kampung Wambes, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua, Senin (10/10/2022).

Hal tersebut disampaikan Danpos Wambes Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Letda Inf Eka Yudha Siregar dalam keterangannya.

Aksi tersebut berawal dari Danpos beserta 10 orang anggota melaksanakan anjangsana dan Komsos di Kampung Wambes, tiba-tiba Danpos didatangi oleh salah satu warga yaitu Bapak Piter untuk menolong yang sebelumnya melihat 2 orang anak terjatuh terbawa arus sungai di Kampung Wambes.

Baca :  Siapkan Mahasiswa Tangguh, Kodim Jambi Gelar Program Kodam Masuk Kampus

Tanpa pikir panjang Danpos beserta 10 orang anggota langsung menuju lokasi tempat kejadian tersebut.

Dengan Sigap 2 personel Satgas Pamtas Yonif 711/Rks Danpos Letda Inf Eka Yudha Siregar dan anggota kesehatan Pratu Julian melompat berenang dengan menelusuri sungai sehingga menemukan 2 orang anak tersangkut dahan pohon dan berhasil menyelamatkannya.

” Setelah diangkat ke pinggir sungai kondisinya tidak sadarkan diri, kemudian 2 anak tersebut diberikan pertolongan pertama nafas buatan karena sang anak banyak minum air sungai, ” jelas Danpos Letda Inf Eka Yudha Siregar.

”Setelah anak-anak sadar, dengan kondisi agak lemas, selanjutnya personel membawanya pulang kerumah orang tuanya Ibu Martina (54) untuk dicek kondisi kesehatannya dan dilaporkan ke Dansatgas” tutur Danpos.

Baca :  Satgas Kizi TNI Konga Dukung Pembuatan Hanggar Pesawat UN Airport

Danpos menyampaikan lebih lanjut setiba di rumah orang tuanya, Pratu Julian anggota kesehatan memberikan makan dan minum serta vitamin, sehingga kondisinya sudah membaik.

“Dalam melaksanakan tugas sebagai pengamanan Perbatasan Satgas Pamtas Yonif 711/Rks khususnya Pos Wambes, bukan hanya menjaga dan mengamankan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, tetapi juga mengerahkan segala kemampuan untuk memberikan yang terbaik pada masyarakat, sehingga Manunggal dengan rakyat dan selalu ada disaat rakyat membutuhkan pertolongan, hal inilah kami bukti saat ini saat menolong menyelamatkan 2 anak yang tenggelam,” ungkapnya.

Baca :  Siswa Dikjur Baif Rindam II/Swj Laksanakan Ketangkasan Speed Mars

Di tempat terpisah, Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Letkol Inf Mutakbir menyampaikan sangat mengapresiasi atas tindakan sigap aksi yang dilakukan oleh personel Pos Wambes menyelamatkan anak yang tenggelam di sungai.

“Hal ini menunjukkan kesiapan prajurit dalam membantu kesusahan masyarakat di sekelilingnya,” kata Letkol Inf Mutakbir.

Sementara Ibu Martina selaku orang tua anak tersebut menyampaikan rasa syukur dan berterima kasih atas bantuan Satgas Pamtas Yonif 711/Rks Pos Wambes yang telah membantu menyelamatkan kedua anak-anaknya.

“Saya tidak tahu apa yang terjadi kalau tidak ada Bapak-bapak TNI. Terima kasih TNI”, ungkapnya. **

 

Share :

Baca Juga

Nasional

Ada 328 Pati TNI Mendapat Jabatan Baru

Warta TNI

Berlumpur Bersama Warga, Babinsa Kodim 0403/Oku Berhasil Bersihkan Material Longsor Di Jalan Penghubung Desa

Warta TNI

PT PGN Gandeng TNI AD Dalam Pengamanan Objek Vital Nasional

Warta TNI

TNI – Polri Di OKU Launching Vaksinasi Booster

Warta TNI

TMMD ke-115 Siap Dibuka, Progres Pra TMMD Capai 44 Persen

Warta TNI

Ratusan Personel Satgaspassus Amankan KTT G20 di Bali

Warta TNI

Danrem 043/Gatam Dampingi Aster Kasad Tinjau Lokasi Tmmd Ke-116 TA.2023 Kodim 0410/KBL

Warta TNI

Pembentukan Karaktek Bangsa Melalui Kepramukaan dan Wawasan Kebangsaan