Dari Kampung Ivi Hamad, Merauke, TNI AD Dukung Ketahanan Pangan Antisipasi Darurat Pangan Nasional, Korem 081/DSJ Targetkan 1800 Hektar Tanaman Padi dan Jagung Rabinniscab Komlek TNI AD, Kapushubad : Lakukan Inovasi dan Kreatifitas Untuk Majukan Satuan dan Profesionalitas Prajurit Direktur Keuangan TNI AD Pimpin Rabinniscab Keuangan TNI AD Tahun 2024 Peringatan 61 Tahun Integrasi Papua, Satgas Yonif 122/TS Bersama Pemda Rekor Muri Pembentangan Bendera Merah Putih Terpanjang

Home / Nasional

Kamis, 1 Desember 2022 - 22:01 WIB

Berkebun Buah, Peluang Bisnis yang Menguntungkan

Berkebun Buah, Peluang Bisnis yang Menguntungkan/ FOTO ; IST

Berkebun Buah, Peluang Bisnis yang Menguntungkan/ FOTO ; IST

TANJAB BARAT, sriwijayadaily.co.id – Berkebun buah-buahan saat ini suatu hal yang menjanjikan di tengah turunnya harga komoditas pertanian. Sekalipun demikian berkebun buah masih jarang diminati oleh masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat terutama para petani.

Hingga saat ini para petani masih dominan mengandalkan tanaman khusus seperti sawit, pinang dan kelapa.

Eko salah satu mantan petani kebun kelapa yang kini menekuni berkebun buah buahan di areal seluas dua hektar di wilayah terjun jaya. Bapak empat anak ini menanam buah buahan seperti Durian Bawor Musang King, Alpukat dan Jambu Kristal yang setiap hari buahnya selalu dapat dipanen dan dijual kepada masyarakat.

Baca :  Panglima TNI Sambut Peace Keepers Indonesia Usai Bertugas

Hingga saat ini tanaman buah di kebunnya sudah dapat dipanen seperti jambu kristal yang ia tanam sejak enam bulan silam.

Ratusan pohon jambu kristal setiap kali masa panen bisa mendapatkan 100 hingga 200 Kg, bagi warga yang akan membeli langsung di kebunnya mematok harga Rp. 20 ribu perkilonya.

“Berkebun buah hasilnya cukup menjanjikan dan masa panen lebih cepat dan hasil keuntungannya lebih banyak,” ucap Pak Eko sambil duduk santai menikmati hasil kebunnya.

Baca :  Pabung Muaro Jambi Dampingi Pj Bupati Tinjau Pos Pam dan Posyan Idul Fitri 1445 H

Sementara salah satu pembeli asal Kecamatan Tebing Tinggi, Suwandi yang datang langsung di kebun buah tempat Pak Eko. Dirinya mendapatkan informasi dari temannya bahwa ada tanaman jambu kristal segar.

Ia sendiri meyakini kebun buah pak eko bisa menjadi tempat alternatif pembelian buah segar yang diambil langsung dari pohonnya.

“Insya Allah, nanti bulan depan kalau ada waktu berniat untuk kembali membeli buah di tempat ini,”sebutnya.

Warga lainnya Udin yang berasal dari Desa Terjun Jaya ini sejak empat bulan lalu menjadi pelanggan tetap membeli buah di kebun milik Pak Eko.

Baca :  Klarifikasi TNI AD Terkait Cuitan Hoax Video Iring-Iringan Ranpur TNI di Jalan Raya

Biasanya dirinya membeli buah jambu kristal segar untuk dikonsumsi sendiri dan keluarganya serta untuk oleh – oleh tamu yang berkunjung ke rumahnya.

“Jambu kristal ini kadang untuk oleh – oleh, terkadang untuk makan sendiri,” ungkap Udin sembari memakan buah jambu kristal.

Berkebun buah jika dibandingkan dengan tanaman keras lainnya masa panen lebih cepat dan hasil lebih menjanjikan.

Disamping itu memiliki kebun buah dapat membawa dampak kesehatan karena akan dapat menikmati buah segar setiap hari. (Red/**)

Share :

Baca Juga

Nasional

Mobilisasi Investasi Gigawatt

Nasional

Panglima TNI Jenderal Andika Pimpin Langsung Sidang Pantukhir Calon Perwira Karier TNI 2022

Nasional

Indonesia Terus Tambah Perolehan Medali SEA Games 2021 Vietnam

Nasional

Persembahkan Emas Pertama untuk Angkat Besi

Nasional

Menkominfo: Melindungi Produk Dalam Negeri Jadi Tantangan Negara

Nasional

Best Mining GPUs Benchmarked and Ranked

Nasional

Kunjungi Jayapura, Wapres RI : Saya Bangga, Kodam XVII/Cenderawasih Aktif Membangun Papua

Daerah

Update Gempa Sumbar, Korban Meninggal Dunia Jadi 10 Orang