Tutup Apel Dansat 2024, TNI AD Lepas Tukik dan Burung ke Alam Liar Babinsa Ampel Hadiri Tradisi Grebeg Air Bersih Halal Bihalal Ala Pendam II/Swj Dengan Disperkim Sumsel Uji Kemampuan Fisik dan Mental Siswa Diktukba, Dodik Secaba Gelar Latihan Lintas Medan Kaajendam II/Swj Pimpin Acara Tradisi Korps Raport Masuk & Pindah Satuan

Home / Warta TNI

Rabu, 19 April 2023 - 17:31 WIB

Dandim 0408/BS Memeriahkan Tradisi Adat Budaya Malam Nujuh Likur

SRIWIJAYADAILY – Dandim 0408/BS Letkol Inf Aswin Suladi, S.E.,M.Ak meriahkan acara Tradisi nujuh likur di bulan Ramadhan, dilapangan Sekundang Setungguan Manna Bengkulu Selatan, Selasa ( 18/04/2023).

Kegiatan acara Tradisi nujuh likur dibuka oleh Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi S.E ,M.M acara malam nujuh likur dibulan Ramadan ini merupakan tradisi adat dan budaya daerah di Kabupaten Bengkulu Selatan yang terus dilestarikan sejak masa lalu, Tradisi ini sudah turun temurun dari masyarakat Melayu dengan menyalakan lampu yang kemudian ditempatkan di sekitar masjid, di berbagai penjuru jalan, halaman rumah dan teras rumah penduduk.

Baca :  Komandan Kontingen Egypt : Terima Kasih Satgas Kizi Minusca XXXVII-J

Dalam Sambutan Bupati Bkl-Sel menjelaskan Acara Malam Tujuh Likur dan Tarawih Bersama Ramadhan 1444 H/2023 di Kab. Bengkulu Selatan merupakan Tradisi malam likuran yang dimaksud di sini adalah sebuah tradisi masyarakat Islam Indonesia dalam meramaikan bulan Ramadan dengan cara menyalakan damar malam, lampu cangkok/colok, tepatnya di malam ganjil di sepertiga terakhir di bulan Ramadan.

Acara Malam Tujuh Likur dan Tarawih Bersama Ramadhan 1444 H/2023 di Kab. Bengkulu Selatan dilaksanakan pada setiap memasuki bulan suci Ramadhan, banyak tradisi yang dilakukan masyarakat Melayu dalam rangka menyambut dan memeriahkan bulan suci Ramadhan, sebagai tanda syukur dan bergembira atas datangnya bulan penuh berkah.

Baca :  Pratu Asep Pelari Yonif 143/TWEJ Merajai Lomba Lari Event 'Hari Air Sedunia'

Puncak tradisi ini berada pada malam 27 Ramadan yang dikenal dengan Istilah malam tujuh likur. Berdasarkan penjelasan dan pengalaman para ulama terdahulu bahwa mereka sering bertemu dengan Malam lsilatul Qadr itu pada malam tujuh likur.
Setelah selesai shalat isya dan tarawih Acara dilanjutkan dilanjutkan dengan membawa obor dan membakar kayu bakar lanjaran/ tempurung kelapa sebanyak 200 lanjaran (sayak dalam istilah masyarakat Bengkulu Selatan).

Pada kesempatan tersebut Dandim 0408/BS Letkol Inf Aswin Suladi,S.E.,M.Ak, turut menyalakan obor sebagai tanda perayaan Nujuh likur.

Baca :  Bukti Kedekatan Rakyat Dengan TNI, Seorang Warga Serahkan Temuan Mortir Ke Satgas Yonarhanud 12/SBP

Acara tersebut Dihadiri Oleh Dandim 0408 BSK Letkol Inf. Aswin Suladi SE, M.Ak Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Juda T. Tampubolon, SH, S.I.K, MH, Ketua DPRD Bengkulu SelatanBarli Halim, S.E; Kajari Bengkulu Selatan Hendri Hanafi, SH.MH, Sekda Kab.Bengkulu Selatan Sukarni, S.P, MSi, Asisten 1 Pemkab Bkl Sel Isran Asiri, S.I.P, M.Si, Ketua NU Kab. Bkl-Sel, Drs. H. Muhemin M.Pd dan Para Ka.OPD Kab. Bkl-Sel serta Camat Se Kab. Bkl-Sel. (Pendam II/Sriwijaya)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Peringati HUT Persit ke 77, Persit KCK Koorcab Rem 143 Gelar Pasar Murah dan Bhakti Sosial

Warta TNI

Dandim Boven Digoel Pimpin Tanam Padi Di Lahan Unggulan

Warta TNI

Lanal Bintan Berikan Santunan Korban Kecelakaan Laut Nelayan Asal Kijang

Warta TNI

Babinsa Hadir dan Sambangi Masyarakat Tanpa Ada Batasan Waktu

Warta TNI

Kasad Dampingi Menhan RI Buka Pameran Indo Defence 2022 Expo and Forum

Warta TNI

Yonif Raider 300/Bjw Membantu Anak-anak Korban Gempa Untuk Melaksanakan Trauma Healing (berenang) Pasca Gempa Cianjur

Warta TNI

Melalui Komsos, Babinsa Agats Ajak Warga Lestarikan Adat Istiadat Pembuatan Patung Dan Seni Ukir

Warta TNI

Denzipur 10/KYD Bantu Pemulihan Bencana Banjir Dan Longsor Di Jayapura