Ini Alasan Danrem 081/DSJ Tanam Padi Dini Hari Pangdam II/Swj : Bekerja Profesional dan Jangan Persulit Anggota Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Rikas Hidayatullah Siap Lanjutkan Tugas Pangdam Cenderawasih : Kodam Selalu Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat Syukuran HUT Ke-78 Persit Kartika Chandra Kirana, Pangdam Cenderawasih : Tujuan Mulia Jadikan Semangat

Home / Warta TNI

Jumat, 30 Juni 2023 - 14:00 WIB

Ciptakan Ekonomi Mandiri, Babinsa Danau Lamo Lakukan Pendampingan Warganya Budidaya Lebah Mellifera

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Anggota Koramil 05/Sengeti Dim 0415/Jambi Sertu Tri Haryono bersama warga melaksanakan panen madu budidaya lebah mellifera di Kec. Muaro Sebo, Jumat (30/6/23).

Dalam Melaksanakan Kegiatan Pendampingan budidaya lebah madu jenis melyfera, Babinsa sering berkomunikasi dan shering dengan kelompok tani lebah madu guna mengetahui kendala apa saja yang sering terjadi dalam pelaksanaan budidaya lebah madu jenis mellifera tersebut.

Sertu Tri Haryono mengungkapkan bahwasannya lebah madu jenis mellifera ini tidak bisa menetap di suatu tempat untuk dalam jangka waktu yang lama, karena lebah jenis melyfera ini harus berpindah setelah tidak ada musim bunga di daerah tersebut, akan tetapi di lokasi desa binaan kami ada suatu tumbuhan yang tidak atau belum berbunga tetapi bisa menghasilkan madu.

Baca :  TMMD Bentuk Pengabdian TNI Untuk Negeri

Tumbuhan atau pohon tersebut adalah pohon akasia yang mana pohon akasia ini bisa menghasilkan embun madu, sehingga tanpa harus menunggu berbunga. Tanaman ini bisa menghasilkan madu, ini merupakan keuntungan tersendiri bagi petani lebah madu yang daerahnya terdapat pohon akasia, imbuh Tri haryono.

Baca :  Asops TNI Gelar Apel Kesiapan Pengiriman Bantuan Ke Palestina

Pohon akasia ini berada di areal PT WKS DISTRICT VII, dimana sebagian wilayahnya masuk ke dalam wilayah desa Danau Lamo.

Pendampingan ini kami lakukan agar masyarakat bisa berbudidaya lebah madu dengan baik dan benar sesuai dengan materi pelajaran waktu di laksanakan pelatihan budidaya lebah madu jenis melyfera bertempat di kodim 0415/Jambi, sehingga wawasan masyarakat bertambah tentang budidaya lebah madu.

Baca :  Jalin Silaturahmi, Pendam II/Swj Bersama Dinas Perkim Sumsel Galakkan Gate Ball

Tujuannya selain itu adalah untuk membantu menambah penghasilan warga masyarakat, juga sebagai salah satu sarana untuk melakukan komunikasi sosial agar tercipta rasa memiliki dan menghidupkan kembali jiwa gotong royong di desa binaan, sehingga tercipta kerjasama yang baik antara TNI dengan Rakyat, tandasnya. (**)

Sumber : Koramil 05/Sengeti

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Kodim Jambi Gelar Sholat Ghaib dan Do’a Bersama Untuk Korban Gempa Cianjur

Warta TNI

Dukung Program Pemuda, Babinsa Hadiri Acara Bazar Jemaat GKI Immanuel

Warta TNI

Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H, Prajurit Korem 042/Gapu Ikuti Zikir dan Doa Bersama Di Masjid Agung Al Falah Jambi

Warta TNI

Demi Kelancaran Pekerjaan Satgas Awasi Alat Berat

Warta TNI

Kasad Pimpin Sertijab 3 Pejabat TNI AD, Brigjen TNI Kristomei Sianturi Jabat Kadispenad

Warta TNI

Amankan Perintah Panglima TNI, Dandim 0415/Jambi Berikan Penekanan kepada Seluruh Personel Jajaran

Warta TNI

Dandim Bima Cegah Penyakit DBD Dengan Ciptakan Alat Fogging Dari Barang Bekas

Warta TNI

Unik dan Menarik, Ini Cara KodimĀ  0104/Atim Angkat Olahraga Tradisional