Dukung Program Ketahanan Pangan, Yonarmed 12 Kostrad Budidaya Ikan Lele TOB Berberati Kembali Mendapat Apresiasi Dari Tim COE Sinyal PAN Bersama Gerindra di Pilgub Jambi 2024, Zulhas Titip Al Haris ke Prabowo 172 Pasukan Penjaga Perdamaian Dunia KIZI TNI Kontingen Garuda XX-T Monusco Tiba Di Indonesia Wakasad : Tugas Prajurit Adalah Menciptakan Kedamaian dan Rasa Aman

Home / Warta TNI

Rabu, 26 Juli 2023 - 07:47 WIB

Datangi Kampung Kulirik, Satgas Yonif RK 115/ML Bantu Pembuatan Honai Rumah Bapak Gembala

SRIWIJAYADAILY.CO.ID ~ Memasuki Bulan ke-4 penugasannya di tanah Papua, Satgas Yonif RK 115/ML semakin intens melakukan kegiatan pembinaan teritorial (Binter) di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya.

Seperti yang dilakukan oleh personel dari Pos Pintu Angin yang melaksanakan komunikasi sosial dengan masyarakat, sekaligus memberikan bantuan kepada masyarakat di Kampung Kulirik, Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah, Selasa (25/7/2023).

Dalam keterangan Dansatgas Letkol Inf Raden Herman Sasmita mengatakan bahwa kegiatan teritorial yang dilakukan dengan cara mendatangi kampung masyarakat rutin dilaksanakan oleh Pos TNI jajaran Satgas Yonif RK 115/ML.

Baca :  Sakit di RS AK Gani, Pangdam II/Swj Besuk Ajudan

“Saya memerintahkan kepada seluruh jajaran Satgas Yonif RK 115/ML untuk aktif mendatangi kampung yang menjadi wilayah tanggungjawabnya, hal ini dilakukan agar seluruh anggota Satgas mengetahui secara langsung kondisi masyarakat yang ada di wilayah tanggungjawabnya masing-masing, serta memberikan bantuan kepada siapa saja yang membutuhkan,“ tutur Dansatgas.

Lebih lanjut, Danpos Pintu Angin Letda Inf Arnold Randhy Rialdi menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan agar terciptanya kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Kami mendatangi Kampung Kulirik membagikan bendera merah putih berbahan plastik untuk dipasang di lingkungan kampung dalam rangka menyambut HUT kemerdekaan RI tanggal 17 Agusutus 2023. Namun, setibanya di kampung, kami mendapati masyarakat sedang bergotong-royong membongkar rumah milik Bapak Gembala untuk dirubah fungsinya sebagai Honai,” ujar Danpos.

Baca :  Sinergi, SDM, Hingga Keamanan IKN Warnai Bahasan Rapim TNI AD 2024

“Tanpa berpikir panjang, kami pun turut bergabung membantu masyarakat. Hal ini sejalan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam 8 Wajib TNI poin ke delapan yang berbunyi menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya,“ tambahnya.

Sementara itu, Bapak Perias Telenggen selaku Bapak Gembala mengucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan oleh personel Pos Pintu Angin Satgas Yonif RK 115/ML serta menyampaikan rasa bangganya kepada TNI yang selalu hadir membantu masyarakat.

Baca :  Kasad Ajak Ribuan Anggota Pramuka Bersatu Dengan Alam

“Sa ucapkan terimakasih kepada Bapak-bapak TNI yang telah membantu membongkar rumah ini. Kami sangat senang karena TNI hadir dan membantu masyarakat,” pungkas Bapak Gembala.

Setelah pembongkaran rumah selesai, kegiatan dilanjutkan dengan pemasangan bendera merah putih di sekitar perumahan dan Kantor Desa Tinggila Kulirik. Tampak terlihat masyarakat sangat antusias dan bergembira atas kehadiran TNI di kampung mereka. (**)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Tim Dalproggar TNI AD Kunjungi Kodam XVII/Cenderawasih

Warta TNI

Cegah Penyebaran Malaria, Satgas Yonif 143/TWEJ Fogging Rumah Warga

Warta TNI

Keberanian Dua Prajurit Yonarhanud 10/ABC Gagalkan Aksi Begal, Implementasi dari 7 Perintah Harian Kasad

Warta TNI

Aksi Heroik Prajurit Kodim 0417/Kerinci Berhasil Temukan Warga Yang Hilang

Warta TNI

Melalui Vicon, Danrem 042/Gapu Bersama Pangdam Bahas Empat Program Unggulan

Warta TNI

Tumbuhkan Rasa Kekompakan dan Disiplin, Babinsa Koramil 10/Jambi Selatan Latih PBB Siswa

Warta TNI

Ketika Ajendam Cenderawasih Makin Antusias Berbagi Takjil

Warta TNI

Raih Prestasi Membanggakan, Prajurit TNI AD Terima Penghargaan dari Panglima TNI